BERANI BERKATA TIDAK (27 MEI 2017)

IMG-20170527-WA0010.jpg(Gambar: Suasana setelah pertemuan Jabat 27/5)

Seringkali karena tidak enak hati kita sulit menolak atau berkata tidak pada ajakan orang lain. Kebiasaan ini memang baik, namun kadangkala kita harus mencermati kapan waktu untuk berkata iya dan tidak.

Pertemuan kali ini terinspirasi dari fenomena “tidak enakan” yang sedang banyak terjadi. Pertemuan yang berlangsung di ruang VIP lantai F3 Menara Kuningan Jakarta ini dipimpin oleh pengarah acara TM Lies. Ia dibantu oleh Penilai Umum TM Ulfa. Tema “Berani Berkata Tidak” dengan kata acuan “Tegas” dipergunakan dalam pertemuan ini. Kata acuan harus sering digunakan oleh setiap pembicara yang maju.

Sesi pada pertemuan kali ini terbagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama adalah sesi pidato dipersiapkan. Sesi ini terdiri dari pembicara yang sudah menyiapkan pidatonya jauh hari sebelum dibawakan. Adapun pada hari ini, pembicara dalam sesi pertama berjumlah lima orang.

Pembicara pertama, TM Bagus dengan proyek BPD#1 nya. Proyek ini adalah langkah awal seorang anggota Toastmasters dalam pengembangan kemampuan berkomunikasinya. Pidato pertama, TM Bagus membawakan kisah mengenai kehidupan masa kecilnya dan bagaimana pola didik orang tua mempengaruhi sifat-sifatnya. Judul pidatonya adalah “Mengenang Masa Lalu” dengan penilai individu TM Fauzan. Pembicara kedua, TM Maharani yang membawakan BPD#3. Proyek ini mengharuskan TM Maharani untuk menyusun naskah pidato dengan teratur dan terstruktur. Pada pidatonya kali ini ia membawakan pidato dengan judul “Cinta Tak Kenal Usia”. Judul yang unik, membuat pidato kali ini sangat semarak untuk didengarkan. Ia bercerita bahwa cinta itu masalah rasa dan bukanlah perihal jarak usia. Penilai individunya adalah TM Ade Herawan.

Pembicara ketiga, TM Ikhsan yang membawakan BPD#6. Proyek ini mengharuskan TM Ikhsan untuk menggunakan olah vocal yang apik. Teknik vocal dalam berpidato sangat penting untuk menambah kesan dan mempertegas kalimat dalam pidato. TM Iksan dalam pidato “Manusia Purba” menceritakan mengenai masa lalunya yang sering mendapat cemooh dari teman-temannya. Cemoohan itu datang karena ketidakmampuan TM Ikhsan untuk mengucapkan beberapa kata seperti “r”,”s”, dan “t”. Penilai individu TM Ikhsan adalah TM Cephi. Pembicara keempat adalah TM Lambang. Proyek yang ia bawakan adalah BPD#7 “Tunjang dengan penelitian”. Proyek ini mengharuskan TM Lambang untuk apik membuat pidato dengan mensisipi penelitian yang sudah dipublikasikan oleh lembaga atau media terpercaya. Judul yang menarik, “3 Cara Untuk Kaya” berhasil membuat hadirin penasaran dengan isi pidatonya. Ia menceritakan 3 cara penting untuk menjadi kaya. Penilai individunya adalah TM Diana.

Pembicara kelima, TM Indri. Ia membawakan proyek pidato dari BPL “Entertaining Speaker”. Pidato dengan judul “Liburan” mengajak hadirin untuk larut dalam ide-ide unik untuk berlibur ala TM Indri. Penilai Individunya adalah TM Hariadi. Sesi kedua adalah sesi pidato dadakan yang dipimpin oleh TM Harlina. Karakteristik sesi ini yang membuat tegang siapapun diruangan berhasil memacu adrenalin anggota dan tamu yang hadir.

Sesi ketiga adalah sesi panggung kehormaatan. Sesi ini dipimpin oleh TM Meity. Sesi ini mengumumkan siapa saja pembicara favorit dari dua sesi sebelumnya. Pembicara favorit untuk sesi pidato dipersiapkan adalah TM Ikhsan , sesi pidato dadakan adalah TM Iin, dan Penilai Individu terfavorit adalah TM Diana.

IMG-20170527-WA0009.jpg

(Gambar: Sesi Panggung Kehormatan)
Pemegang peran :
Pengarah Acara: TM Lies; Penilai Umum: TM Ulfa;Pemerhati Tata Bahasa : Wenny TM;Penghitung Bunyi Tanpa Makna : Winda TM; Pencatat Waktu : Medy TM; Pengumpul Kertas Suara : Meity TM

Advertisements

Posted on June 21, 2017, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: