MEMBIASAKAN DIRI MENJADI PEMENANG (11 Feb 2017)

Pertemuan Jabat kali ini mengusung tema yang sesuai dengan musim kompetisi Toastmasters yaitu “Membiasakan Diri Menjadi Pemenang” dengan kata acuan “Tantangan”. Dalam memimpin jalannya pertemuan, Pengarah Acara, TM Silvia dibantu oleh Penilai Umum, TM Masyitha beserta timnya yaitu TM Lies sebagai Pemerhati Tata Bahasa, TM Anthony sebagai Pemerhati Bunyi Tanpa Makna, TM Cephi sebagai Pencatat Waktu, dan TM Aisyah sebagai Pengumpul Kertas Suara.

Pertemuan dibagi menjadi 3 sesi yaitu Sesi Pidato yang Dipersiapkan, Sesi Edukasi & Simulasi Kontes Pidato Dadakan, dan Sesi Penilaian Umum.

Pembicara pertama Sesi Pidato yang Dipersiapkan adalah TM Lambang yang membawakan judul “Bahagia”. TM Lambang bercerita mengenai resolusi tahun 2017 nya yaitu menjadi lebih bahagia yang dibumbui dengan kisah-kisah menarik dalam hidupnya. Pembicara kedua adalah TM Cynthis yang melalui judul pidatonya “Resolusi” berbagi tips mengenai bagaimana membuat resolusi tahun baru yang tepat. Pembicara terakhir adalah ACB, ALB Indri yang membawakan pidato yang luar biasa lucu yaitu “Suka Duka Seorang Jomblo”. Pidato tersebut mengambungkan retorika, anekdot, dan pengalaman pribadi yang jenaka.

Setelah Sesi Pidato yang Dipersiapkan, acara dilanjutkan ke sebuah sesi yang sangat istimewa yaitu Sesi Edukasi yang dibawakan oleh pemenang lomba pidato dadakan Jabat sebelumnya yaitu CC, CL Diana. Dalam sesi tersebut, CC, CL Diana berbagi tips bagaimana memenangkan lomba pidato dadakan. Menurutnya jawaban Pidato Dadakan haruslah memiliki pesan, tidak boleh menyinggung isu politik/SARA/seksual, serta harus memiliki struktur pembukaan, isi, dan penutup. Usahakan untuk menghabiskan beberapa detik pertama merangkai ide pertama yang muncul di kepala dan sadar kapan harus berhenti dengan tetap memperhatikan waktu. Adapun 3 tips untuk membuat jawaban yang menarik dan berkesan adalah buatlah jawaban yang anti mainstream, gunakan analogi yang terkenal dan selipkan cerita pribadi. Selalu ingat SEED dalam menjawab yaitu State (Katakan), Explain (Jelaskan), Example (Contoh), dan Draw (Kesimpulan).

Setelah Sesi Edukasi, diadakan simulasi Kontes Pidato Dadakan yang dipandu oleh CC Sasti. Kontes tersebut melibatkan calon peserta lomba pidato dadakan yaitu TM Lambang, TM Anthony, dan beberapa anggota Jabat yang lain.

Acara lalu dilanjutkan ke Sesi berikutnya yaitu Sesi Penilaian Umum. Di sesi ini para penilai individu yaitu ACB, ALB Iin, DTM Harlina, dan ACB, ALB Hariadi memberikan masukan untuk TM Lambang, TM Cynthis, dan ACB, ALB Indri. Di sesi ini juga Penilai Umum, TM Masyitha dan timnya memberikan laporan mereka.

IMG-20170211-WA0027Acara pun tiba di bagian yang ditunggu-tunggu yaitu Panggung Kehormatan. TM Cynthis, TM Lambang, dan ACB, ALB Hariadi keluar sebagai pemenang setiap sesi. Selamat untuk para pemenang.

 

 

Demikianlah acara pada hari itu. Terima kasih kepada semua pembicara dan para pemegang peran. Sampai jumpa di pertemuan Jabat yang menyenangkan berikutnya.

IMG-20170211-WA0022

 

Advertisements

Posted on June 9, 2017, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: