BERBAGI ITU INDAH (25 FEBRUARI 2017)

Kamu hanya dapat memperoleh lebih untuk dirimu dengan memberi apa yang kamu miliki kepada orang lain.” ~ Brian Tracy

Beberapa minggu sebelumnya terdapat perayaan hari Valentine di mana para pasangan saling berbagi waktu dan kado istimewa. Selain hari Valentine, banyak hari-hari khusus yang mendorong orang untuk berbagi seperti Imlek, Natal, dan bulan Ramadhan. Namun berbagi tidak harus menunggu waktu khusus dan dapat dilakukan kapan saja. Oleh karena itu, Pengarah Acara, TM Cynthis memilih tema “Berbagi itu Indah” dengan kata acuan “Peduli” untuk pertemuan hari itu.

Acara pada Sabtu itu dibagi menjadi 3 sesi yaitu Sesi Pidato yang Dipersiapkan, Sesi Pidato Dadakan, dan Sesi Penilaian Umum. Dalam membawakan pertemuan, TM Cynthis dibantu oleh Penilai Umum, TM Wenny dan timnya. Tim Penilai Umum terdiri dari TM Silvia sebagai Pemerhati Tata Bahasa, TM Masyitha sebagai Pemerhati Bunyi Tanpa Makna, TM Wahyu sebagai Pencatat Waktu, dan TM Lies sebagai Pengumpul Kertas Suara.

Sesi Pertama, Sesi Pidato yang Dipersiapkan akan menghadirkan 3 pembicara yang akan membawakan naskah yang telah mereka susun sebelumnya. Pidato yang dibawakan juga harus memenuhi tujuan dari buku panduan masing-masing pembicara.Pembicara pertama sesi ini adalah TM Azka dengan judul pidatonya “Melukis Impian“. TM Azka membuka pidatonya dengan menceritakan kebingungannya dalam mencari arti hidup saat dia baru tamat kuliah. Di tengah kebingungannya, dia membaca buku The Secret yang mengajarkan tentang kekuatan pikiran. Buku tersebut mengajarkan TM Azka bahwa selama ia percaya maka semua aspek alam semesta akan membantunya mengapai cita-citanya. Berbekal pengetahuan itu, TM Azka mulai membuat papan impian yang berisi gambar tentang apa yang ingin dia capai, tempat-tempat yang ingin dia kunjungi, dan kegiatan-kegiatan yang ingin dia coba. Papan impian itu membantunya untuk melihat dan mempercayai mimpi-mimpinya. Selain itu, TM Azka juga berbagi tips akan hal-hal yang dapat membuat mimpi lebih mudah dicapai yaitu buatlah impian yang bersifat spesifik, dapat diukur, dan memiliki tenggat waktu.

Pembicara berikutnya adalah TM Anthony, yang membawa pidatonya yang berjudul “Bertarung Melawan Ketakutan“. Dalam pidatonya, TM Anthony mengatakan banyak orang takut untuk berbicara di depan umum dan akibat dari ketakutan itu, orang tidak dapat mengembangkan potensi maksimal dirinya. Ketakutan tersebut disebabkan oleh kuatir akan ditolak, dikucilkan, atau tidak didengar. TM Anthony menggambarkan dirinya sebagai orang yang suka tantangan. Ia senang dengan kegiatan yang dapat memacu adrenalin mulai dari menyusuri gua, berbicara di depan umum, dan tidur dengan ular peliharaan temannya. Ia bercerita bagaimana ia mengumpulkan keberanian untuk berbicara dengan wanita baik secara tidak langsung (basa basi) atau langsung (langsung menyatakan suka). TM Anthony juga berbagi tips jika kita ingin berani melakukan sesuatu maka kita harus memikirkan apa yang kita inginkan.

Pembicara berikutnya adalah TM Ulfah dengan pidatonya yang berjudul “Mari Bertamasya ke Negeri Seberang“. Pidato ini mengangkat cerita TM Ulfah saat berjalan-jalan ke negeri Singapura bersama rekan-rekan sekantornya. Awalnya, TM Ulfah dan rekan-rekan sempat diselimuti kesedihan karena ketika baru tiba di Singapura, salah satu rekan yang turut dalam perjalanan itu menerima telepon bahwa suaminya baru meninggal. Setelah berdiskusi, akhirnya TM Ulfah dan rombongan lainnya sepakat untuk mengantarkan rekan mereka itu ke bandara dan kembali melanjutkan perjalanan mereka. Di Singapura, TM Ulfah berkunjung ke Garden by the Bay  dan tempat-tempat menyenangkan lainnya. Di Singapura, TM Ulfah sempat kesulitan menggunakan kartu MRT dan harus memasak sendiri untuk menghemat budget. Selain itu, TM Ulfah juga berbagi tips agar berjalan-jalan menjadi lebih menyenangkan.

Setelah Sesi Pidato yang Dipersiapkan, acara dilanjutkan ke Sesi Pidato Dadakan. Sesi ini dipandu oleh TM Lambang. Dengan caranya yang unik, TM Lambang membuka sesi dengan memperlihatkan selembar foto keluarga Jokowi. Ia mengatakan foto tsb ibarat keluarga istrinya yang status sosialnya lebih tinggi dari darinya. Suatu hari, TM Lambang bermaksud untuk meminang calon istrinya dan para peserta sesi pidato dadakan akan secara acak berperan sebagai anggota keluarga si calon istri serta menyampaikan reaksi mereka terhadap pinangan TM Lambang itu. Calon TM Agus, TM Raja, TM Bagus, TM Silvi, dan TM Rani pun diminta berperan sebagai calon ibu mertua, kakak ipar, ayah, adik ipar, dan TM Lambang sendiri. Sesi berlangsung seru dan banyak mengundang gelak tawa.

Berikutnya acara berlanjut ke Sesi Penilaian Umum. Di sesi ini para penilai individu memberikan masukan untuk para pembicara Sesi Pidato yang Dipersiapkan. DTM Harlina menilai TM Azka dan TM Ulpah sedangkan TM Sasti menilai TM Anthony. Di sesi ini juga, Penilai Umum, TM Wenny dan tim menyampaikan laporannya. Di sesi ini setiap pembicara dan pemegang peran mendapat masukan untuk performa mereka selama pertemuan.

Akhirnya pertemuan tiba di bagian yang ditunggu-tunggu yaitu panggung kehormatan dimana pemenang setiap sesi diumumkan. Di pertemuan ini, TM Azka dan TM Bagus keluar sebagai pembicara Sesi Pidato yang Dipersiapkan dan Sesi Pidato Dadakan terfavorit sedangkan TM Sasti dan DTM Harlina berbagi piala untuk gelar Penilai Individu terfavorit.

Dengan demikian, sampailah pertemuan di penghujung acara, TM Cynthis menutup acara dengan kutipan “Kepuasan terbesar datang dari berbagi dengan orang lain. Oleh karena itu, semakin banyak kita berbagi semakin banyak yang kita peroleh.

Terima kasih untuk setiap pemegang peran dan pembicara. Tanpa kerjasama semuanya acara tidak dapat berlangsung apik dan menyenangkan. Sampai jumpa di pertemuan JABAT berikutnya.

img-20170226-wa0001

Dari kiri atas: Rio, Masyitha, Winona, Lambang, Azka, Agus, Silvia, Wenny (Penilai Umum), Cynthis (Pengarah Acara), Sasti, Anthony, Wahyu, Raja. Dari kiri bawah: Meidy, Welly, Harlina, Rani, Ulpah, Lies

Advertisements

Posted on June 9, 2017, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: