Menyongsong Tahun Baru (17 Desember 2016)

Akhir tahun selalu menjadi momen yang tepat untuk mengevaluasi prestasi tahun ini dan menyiapkan target tahun depan. Pada pertemuan JABAT hari ini, tema yang diangkat adalah “Menyongsong Tahun Baru” dengan kata acuan ”Target”. Pertemuan kali ini dipimpin oleh pengarah acara TM Fauzan yang sangat bersemangat memandu acara. TM Fauzan dibantu oleh seorang penilai umum yaitu TM Ulfa. Penilai umum tentu tidak bekerja sendirian. Kali ini TM Ulfa dibantu oleh timnya. Antara lain TM Azka sebagai pemandu pidato dadakan, TM Martie sebagai pemerhati tata bahasa,TM Lies sebagai penghitung bunyi tanpa makna, CTM Bagus yang berperan sebagai pencatat waktu dan CTM Lidya sebagai pengumpul kertas suara.

Acara pada pertemuan kali ini dibagi kedalam empat sesi, yaitu sesi pidato dipersiapkan, sesi pidato dadaka, penilaian umum dan panggung kehormatan. Pembicara pertama dalam sesi pertama adalah TM Sofyan yang mengangkat judul pidato “Semangat Hidup”. Pidatonya kali ini merupakan pidato dari proyek pidato dasar kedua “Menyusun naskah pidato”.

Pembicara pidato kedua adalah TM Sasti. Pidatonya kali ini adalah pidato ke-10 dari proyek pidato buku panduan dasar. Pidatonya kali ini mengangkat judul “Kita Bersaudara”. Menggunakan kesan teatrikal, TM Sasti menyampaikan pidatonya dengan banyak menggunakan cerita pribadi dan keadaan sekarang terkait perpecahan di Indonesia. TM Sasti melalui pidatonya kali ini menyoroti mengenai perpecahan yang mengakibatkan bangsa Indonesia lupa bahwa “kita bersaudara”. Pidatonya juga mengajak pendengar untuk mengingat kembali alasan untuk tetap menjadi “Bhineka Tunggal Ika”. Penilai individu TM Sasti adalah Hariadi Suripto, ACB, ALB.

Pembicara terakhir dalam sesi pidato dipersiapkan adalah TM Cephi. Sama seperti TM Sasti, TM Cephi hari ini pun membawakan pidato ke-10 dari buku panduan dasar. Pidatonya kali ini seperti biasa dibawakan dengan santai dan penuh humor. TM Cephi menggunakan alat bantu seperti baju dan jaket berwarna merah untuk menambah kesan kepada pendengar pidatonya.Pidato TM Cephi berjudul “Memilih Sesuai Kebutuhan” ini membawa pesan agar kita selalu memilih sesuatu sesuai apa yang menjadi kebutuhan bukan sesuai keinginan. Termasuk juga dalam memilih pasangan. Penilai individunya kali ini adalah Indri Lesmana, ACB, ALB.

Sesi selanjutnya adalah sesi pidato dadakan yang dipandu oleh TM Azka. Pada sesi ini, TM Azka berhasil membuat ramai dan penasaran para pendengar. TM Azka membuat anggota dan tamu yang hadir merasa cemas jika ditunjuk sebagai pembicara pidato dadakan oleh TM Azka. Seperti biasanya, sesi ini selalu membuat setiap pertemuan Jabat semakin hidup! Sesi berikutnya adalah penilaian umum. Disini saatnya TM Ulfa dan timnya memberikan penilaian terkait dengan pertemuan hari ini.

Akhirnya, sesi yang paling ditunggu-tunggu yaitu sesi panggung kehormatan. Pada sesi ini pembicara yang sudah maju ke panggung sebagai pembicara pidato dipersiapkan ataupun pidato dadakan dan juga penilai individu, akan diberikan penghargaan bagi yang terfavorit! Pembicara pidato dipersiapkan terfavorit diraih oleh TM Sasti, pembicara pidato dadakan diraih oleh CTM Anthony, dan untuk penilai individu terfavorit diraih oleh Hariadi Suripto, ACB, ALB. Pada sesi ini juga terdapat seremonial penyematan pin distrik 87 Toastmasters Internasional oleh Area Direktur I3 Hariadi Suripto, ACB, ALB kepada TM Sasti dan TM Cephi yang telah berhasil menyelesaikan proyek buku panduan dasar dan meraih gelar Competent Communicator (CC).

IMG-20161217-WA0033

IMG-20161217-WA0015

Atas (dari kiri) : CTM Lidya, TM Azka, TM Lies, TM Ulfa, Indri Lesmana, ACB, ALB, TM Sasti, CTM Bagus

Bawah (dari kiri): CTM Anthony, CTM Ade Hermawan,Hariadi Suripto, ACB, ALB, TM Fauzan, TM Cephi, TM Sofyan.

Advertisements

Posted on March 4, 2017, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: