Semangat Sumpah Pemuda (29 Oktober 2016)

Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tgl 28 Oktober, Jakarta Bahasa Toastmasters mengadakan pertemuan dengan tema “Semangat Sumpah Pemuda” dengan kata acuan “Berkarya”. Acara dipandu oleh Pengarah Acara, TM Cephi dibantu oleh Penilai Umum, TM Lambang beserta timnya. Adapun tim Penilai Umum antara lain TM Fauzan sebagai Pemerhati Tata Bahasa, TM Raja sebagai Pemerhati Bunyi Tanpa Makna dan Pengumpul Kertas Suara dan TM Krisna sebagai Pencatat Waktu.

Acara dibagi menjadi 3 sesi yaitu Sesi Pidato yang Dipersiapkan, Sesi Pidato Dadakan, dan Sesi Penilaian Umum. Di Sesi Pidato yang Dipersiapkan, para pembicara akan membawakan pidato yang telah disiapkan sebelumnya. Pembicara pertama Sesi Pidato yang Dipersiapkan adalah TM Sofyan dengan judul pidato “Kampung Halaman”. Di pidato ini, TM Sofyan memperkenalkan dirinya sebagai seorang perantau dari Tegal, sebuah desa yang asri dan terpencil. Terlahir dari keluarga pendidik dengan ayah seorang dosen dan ibu seorang guru, sejak kecil TM Sofyan telah diajarkan untuk menyesuaikan ucapan dengan tindakan. Ajaran masa kecil seperti keberanian dan hidup hemat menjadi bekal dalam perantauannya. Tidak jarang, TM Sofyan merindukan orangtua dan saudaranya yaitu 1 kakak laki-laki dan 2 adik perempuan. Bagi TM Sofyan, keluarga adalah harta yang tidak ternilai harganya.

Pembicara berikutnya adalah TM Ian yang membawakan pidato berjudul “Rotary International”. Pidato dibuka dengan cerita Imron, teman dari TM Ian yang merupakan petani dan nelayan di Aceh. Suatu pagi, Imron melihat air laut tiba-tiba surut dan tak beberapa lama kemudian datanglah sebuah ombak yang sangat besar menerjang. Melihat ombak tsb, Imron lari, memanjat pohon kelapa, dan berusaha keras memegangi pohon selama 5 – 6 jam hingga ombak surut. Pengalaman itu adalah pengalaman Imron saat bencana Tsunami Aceh tgl 26 Desember 2004 yang memakan ratusan ribu korban jiwa. Saat kejadian tsb, TM Ian beserta istri sedang berlibur ke kampung halaman TM Ian di Inggris. Kepanikan sempat melanda TM Ian karena selama berjam-jam tidak dapat menghubungi sanak saudara di Aceh. Setelah bencana tsb, TM Ian berusaha menggalang dana untuk membantu masyarakat Aceh. Melalui Rotary International yang merupakan sebuah organisasi yang terdiri dari klub-klub dengan tujuan untuk membantu masyarakat, TM Ian berhasil mengumpulkan sejumlah dana untuk disumbangkan ke masyarakat Aceh. Pada akhir pidatonya, TM Ian berpesan bahwa kita tidak tahu apa yang akan terjadi, namun kita harus terus berkarya menolong orang lain.

Pembicara berikutnya adalah TM Cynthis dengan judul pidatonya “Lakukan saja”. Terinspirasi dari logo Nike, TM Cynthis menceritakan bagaimana pengalaman pribadinya terhadap logo tersebut. Berawal dari sikap skeptis terhadap logo itu, perlahan-lahan TM Cynthis pun mulai menyadari perlunya untuk dapat segera melakukan sesuatu. TM Cynthis juga berbagi beberapa tips untuk dapat menerapkan lakukan saja yaitu jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk perencanaan, yakinlah bahwa kita bisa, dan percayalah bahwa kegagalan/kesalahan yang kita alami akan jadi bekal kita selanjutnya. Seperti ucapan penulis buku Harry Potter, J.K.Rowling “Tidak mungkin kita hidup tanpa gagal dalam suatu hal, kecuali kita hidup dengan hati-hati sekali yang berarti kita telah gagal sejak awal.”

Sesi Pidato yang Dipersiapkan terakhir dibawakan oleh ACL, ALB Indri dengan judul “Stres”. Berawal dari berbagai gejala fiskal, emosional, kognitif, dan interpersonal, stres dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Stres dapat berupa stres ringan maupun stres berat. Stres ini dapat diatasi dengan menghindari orang yang membuat kita stres dan melakukan hal-hal yang dapat mengatasi stres tsb misalnya istirahat, olahraga, melakukan hobi, tertawa, pemijatan, berkomunikasi / curhat, dan relaksasi / berlibur. ACL, ALB Indri menutup pidatonya dengan berpesan bahwa kesehatan adalah harmoni yang sempurna antara tubuh, jiwa, dan pikiran. Jagalah kesehatan jiwa anda, karena itu harta yang paling berharga yang dapat diberikan kepada orang lain

Selanjutnya, acara dilanjutkan ke Sesi Pidato Dadakan yang dibawakan oleh TM Fauzan. Di sesi ini TM Fauzan meminta peserta pidato untuk secara acak mengambil kertas berisi kata yang berkaitan dengan tema Sumpah Pemuda. Masing-masing peserta harus memilih 3 kertas dan menyampaikan pidato yang berisi 3 kata yang tertera di 3 kertas tersebut. Acara berlangsung seru di mana TM Veronika, TM Lambang, TM Raja, TM Ian, dan TM Cephi saling berlomba untuk menyampaikan pidato mereka sekreatif mungkin.

Sesi terakhir pada pertemuan hari itu adalah Sesi Penilaian Umum. Di sesi ini, para penilai individu akan memberikan masukan bagi para peserta Sesi Pidato yang Dipersiapkan. Di sesi ini, DTM Harlina menilai TM Sofyan dan TM Cynthis, ACB, ALB Hariadi mengevaluasi TM Ian serta ACB, ALB Iin yang memberi masukan untuk ACB, ALB Indri. Di sesi ini juga Penilai Umum, TM Lambang memberi masukan untuk seluruh rangkaian acara.

img-20161029-wa0003Akhirnya acara tiba di bagian yang ditunggu-tunggu yaitu Panggung Kehormatan di mana para pemenang setiap sesi akan diumumkan. Di sesi ini, TM Cynthis, TM Veronika, dan ACB, ALB Hariadi keluar sebagai pembicara terfavorit Sesi Pidato yang Dipersiapkan, Sesi Pidato Dadakan, dan Sesi Penilaian Individu.

Demikianlah pertemuan yang bertemakan Sumpah Pemuda Jakarta Bahasa Toastmasters. Terima kasih untuk para pembicara yang telah membawakan pidato yang sangat menarik dan para pemegang peran yang telah menjalankan tugasnya masing-masing dengan sangat baik. Berkat semuanya acara dapat berlangsung dengan kreatif dan inspiratif.

img-20161029-wa0004

Advertisements

Posted on December 2, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Saya yakin, banyak yang membaca blog Jabat ini. Tapi jarang yang meninggal kan jejak…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: