Pengembangan Kualitas Diri (22 Oktober 2016)

Pengembangan Kualitas Diri” itulah tema yang dipilih oleh Pengarah Acara, TM Ulfah pada hari itu. Tema ini sejalan dengan visi JABAT untuk menjadi wadah untuk belajar seni berbicara di depan umum dan kepemimpinan. Kata acuan yang digunakan adalah “Kompeten“. Dalam pertemuan itu, TM Ulfah dibantu oleh Penilai Umum, TM Cynthis beserta timnya yang terdiri dari Pemerhati Tata Bahasa, TM Paisal, Pemerhati Bunyi Tanpa Makna, TM Maruasas, Pencatat Waktu, TM Sofyan, dan Pengumpul Kertas Suara, Calon TM Bagus. Acara dibagi menjadi 3 sesi utama yaitu Sesi Pidato yang Dipersiapkan, Sesi Pidato Dadakan, dan Sesi Penilaian Individu.

Pembicara pertama Sesi Pidato yang Dipersiapkan adalah TM Lambang dengan judul pidatonya “Mimpi dan Kejujuran adalah Kunci“. Pidato dibuka dengan cara yang unik. TM Lambang berpidato seolah-olah sedang berbicara dengan karyawannya. Dalam pidatonya TM Lambang menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja keras setiap orang serta memuji pencapaian mereka. Pidato kemudian dilanjutkan dengan nasehat mengenai 2 kunci yang membuat orang sukses yaitu mimpi dan kejujuran. TM Lambang menyampaikan sebuah ucapan dari Jack Ma, pendiri Alibaba bahwa energi tidak dapat mengubah kehidupan, mimpilah yang dapat mengubahnya.

Pembicara kedua adalah TM Sasti dengan judul pidato “Truck Sampah“. Menggunakan tampilan gambar truck sampah, TM Sasti menceritakan pengalamannya berada tepat di belakang truck tersebut ketika mencari makan. Rasa sebal dan jijik serta aroma bau dari truck sampah membuat TM Sasti bertanya-tanya dalam dirinya. Jangan-jangan selama ini pikiran, perkataan, dan perbuatannya seperti truck sampah yang dipenuhi hal-hal yang tidak sedap yang dijauhi semua orang. Sebagai penutup, TM Sasti mengatakan teruslah berbuat baik setiap harinya, karena anda tidak tahu kapan anda sampai kepada titik di mana anda menginspirasi orang setiap hari.

Pembicara terakhir adalah TM Fauzan yang akan menyelesaikan BPD 10 nya. Pidato yang berjudul “Sang Alkemis” terispirasi dari novel dengan judul yang sama karangan Paul Coelho. Novel ini menceritakan bagaimana seorang pria pengembala domba yang berjuang untuk mencapai mimpi-mimpinya sampai rela menjual domba-dombanya sebagai biaya perjalanan. TM Fauzan mengaitkan hal itu ke tiga poin yang diperlukan untuk dapat mewujudkan mimpi kita di JABAT. Poin pertama adalah memiliki tujuan, poin kedua ialah berani untuk melawan rasa takut dan terakhir adalah mempercayai proses. TM Fauzan kemudian menutup pidatonya dengan sebuah kutipan dari buku Sang Alkemis yang mengatakan kalau emas yang engkau temukan itu unsur murni maka dia tidak akan pernah rusak. Namun bila itu hanya sepuhan belaka, maka kau tidak akan menemukan apa-apa.

Sesi berikutnya, Sesi Pidato Dadakan dipandu oleh TM Cephi. TM Sofyan, Calon TM Bagus, TM Laila, TM Paisal, TM Ihsan, Calon TM Medy, dan Calon TM Cici saling berlomba untuk menjawab pertanyaan dadakan yang diberikan. Berbekal tampilan gambar proyektor, sesi pertanyaan istimewa, dan hadiah camilan, TM Cephi berhasil membuat sesi ini berlangsung seru dan meriah. Acara kemudian dilanjutkan ke Sesi Penilaian Individu. Di sesi Penilaian Individu, ACB, ALB Indri memberi masukan untuk TM Lambang, DTM Harlina untuk TM Sasti, serta ACB, ALB Hariadi menilai TM Fauzan. Di sesi ini juga Penilai Umum, TM Cynthis dan timnya menyampaikan laporan mereka.

img-20161022-wa0009Akhirnya sampailah ke acara yang ditunggu-tunggu yaitu Panggung Kehormatan. Pada pertemuan itu, TM Sasti, TM Ihsan, dan ACB, ALB Hariadi masing-masing keluar sebagai Pembicara Sesi Pidato yang Dipersiapkan, Pembicara Sesi Pidato Dadakan, dan Penilai Individu terfavorit.

img-20161022-wa0012Setelah panggung kehormatan, Area Director I3, ACB, ALB Hariadi menyampaikan pengumuman serta menganugerahkan gelar Competent Communicator (CC) kepada TM Fauzan yang baru saja menyelesaikan Pidato Buku Panduan Dasar yang kesepuluh. Pemberian gelar ini dilakukan melalui penyematan pin Competent Communicator secara simbolis.

Demikianlah pertemuan hari itu. Terima kasih kepada semua pembicara, penilai individu, serta para pemegang peran yang telah menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik. Berkat semuanya, acara dapat berlangsung lancar, kreatif, dan menyenangkan. Selamat juga kepada TM Fauzan yang telah mencapai gelar Competent Communicatornya. Semoga ke depannya, TM Fauzan dapat lebih mengembangkan diri dan menginspirasi orang lain.

 

img-20161022-wa0008

Dari Atas: TM Lambang, Rona (tamu), Cici (Tamu), Bagus (Tamu), TM Corina, TM Ihsan, TM Leila, ACB, ALB Indri, TM Cynthis (Penilai Umum), TM Ulfah (Pengarah Acara), Bagus (tamu), Medy (tamu), ACB, ALB Hariadi, TM Paisal, dan TM Aditya

Dari Bawah: TM Cephi, TM Sofyan, TM Fauzan, DTM Harlina, dan TM Maruasas

Advertisements

Posted on October 26, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Selamat buat fauzan yg telah menyelesaikan BPD #10…

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: