Semangat Berbagi (17 Sep 2016)

Setelah libur Idul Adha, tgl 17 Sep 2016 Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT) kembali mengadakan rapat dengan tema “Semangat Berbagi” dan kata acuan “Motivasi” di Menara Kuningan, Lt F2. Tema ini dipilih dalam rangka memperingati semangat berbagi hari raya Idul Adha yang jatuh pada tgl 12 Sep 2016.

Rapat yang dipandu oleh TM Sasti ini dibagi menjadi 3 sesi yaitu Sesi Pidato yang Dipersiapkan, Sesi Pidato Dadakan, dan Sesi Penilaian Umum. Pada Sesi Pidato yang Dipersiapkan, pembicara akan membawakan pidato yang telah dipersiapkan sebelumnya. Pembicara sesi ini adalah TM Paisal yang menceritakan tentang hidupnya. Menurut TM Paisal, perjalanan hidup itu jangan seperti air yang mengalir. Yang semakin lama semakin turun dan ujungnya ke lautan. Jadilah seperti pompa air yang semakin lama semakin menaikkan air. Hidup penuh tantangan adalah sebab seseorang harus berjuang. Jatuh bangun bisnis yang dialaminya membawa TM Paisal pada kesadaran bahwa hidup perlu diperjuangkan.

img-20160917-wa0009Sesi kedua adalah Sesi Pidato Dadakan. Sesi ini dibawakan oleh TM Teguh menggunakan format baru yaitu melalui video dan presentasi. Pada sesi ini, para tamu dan anggota dilibatkan secara aktif untuk menjawab pertanyaan yang belum pernah didengar sebelumnya. Di awal sesi TM Teguh memutarkan video tentang seorang ibu dan anaknya. Pertanyaan-pertanyaan pidato dadakan dilatarbelakangi oleh cuplikan pada video tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan yang muncul seperti “Setiap manusia pasti pernah merasakan cobaan dalam kehidupan. Seperti pada cuplikan video, seorang ibu mendapatkan cobaan ketika anaknya sakit. Apakah yang menurut anda perlu dilakukan untuk mengubah suatu cobaan hidup menjadi motivasi?”, “Sumber motivasi bisa datang tidak hanya dari diri sendiri melainkan juga bisa datang dari orang lain. Ibu pada cuplikan video tadi memiliki motivasi yang berasal dari orang lain. Menurut anda motivasi manakah yang lebih baik, yang berasal dari diri sendri atau berasal dari orang lain?”, dan “Pesan apakah yang coba disampaikan pada cuplikan video tsb?”

Setelah Sesi Pidato Dadakan, rapat akhirnya memasuki sesi akhir yaitu Sesi Penilaian Umum. Di sesi ini, ACB, ALB Hariadi menyampaikan masukan untuk pidato TM Paisal dan TM Martie selaku Penilai Umum beserta tim menyampaikan hasil evaluasinya.

img-20160917-wa0003Akhirnya acara tiba pada bagian yang ditunggu-tunggu yaitu panggung kehormatan. TM Paisal dan ACB, ALB Hariadi masing-masing menjadi pembicara Sesi Pidato yang Dipersiapkan dan Penilai Individu terfavorit. Sedangkan pembicara Sesi Pidato Dadakan terfavorit jatuh pada tamu yaitu calon toastmaster Charles.

Demikianlah rapat pada hari itu, terima kasih untuk semua pembicara baik pembicara Sesi Pidato yang Dipersiapkan maupun Pembicara Sesi Pidato Dadakan serta penilai individu dan pemegang peran yang telah bekerja secara maksimal sehingga rapat dapat berjalan dengan lancar dan menarik.

img-20160917-wa0006

Dari kiri: TM Sasti (Pengarah Acara), Dwi (tamu), Vina (tamu), Rendy (tamu), ACB, ALB Hariadi, Charles (tamu), TM Teguh, TM Martie (Penilai Umum), dan TM Paisal

Advertisements

Posted on September 21, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: