Semangat Merah Putih (20 Agustus 2016)

Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-71, JABAT mengadakan pertemuan dengan tema “Semangat Merah Putih” dengan kata acuan “Sinergi” di Menara Kuningan Lt F3. Pertemuan ini dibawakan oleh seorang wanita yang energik yaitu TM Wiwie. Dalam baju merahnya, TM Wiwie dengan penuh semangat menjelaskan tema pertemuan serta memperkenalkan Penilai Umum, TM Lambang. Dalam menjalankan tugasnya TM Lambang akan dibantu oleh timnya yaitu Pemerhati tata bahasa, TM Nila, Penghitung bunyi tanpa makna, TM Teguh, Pencatat waktu, TM Ian, dan Pengumpul kertas suara, TM Maruasas.

Pertemuan terbagi menjadi 3 sesi yaitu Sesi Pidato yang Dipersiapkan, Sesi Edukasi, dan Sesi Penilaian Umum. Sesi Pidato yang Dipersiapkan menghadirkan pembicara-pembicara yang akan membawakan pidato yang telah mereka susun sebelumnya. Sesi Edukasi bertujuan untuk menambah wawasan serta Sesi Penilaian Umum dimana hadirin akan mendengarkan masukan dari setiap Penilai Individu untuk para pembicara Sesi Pidato yang Dipersiapkan serta laporan dari Penilai Umum dan tim.

Pembicara pertama Sesi Pidato yang Dipersiapkan adalah TM Kim dengan judul pidatonya “Siapakah Saya?” TM Kim mengambarkan dirinya sebagai seorang yang kreatif, inovatif, dan mengairahkan. TM Kim yang baru lulus Sertifikasi Pengajar International juga berbagi mengenai 4 tipe karakter orang yaitu tipe kayu lapuk (orang yang tidak tahan banting/mudah menyerah), tipe lempeng besi (dari luar orang tsb kuat, namun dari dalam rapuh), tipe kapas (orang yang lentur dan tergantung pada lingkungan), dan tipe bola pingpong (yang jika menerima tekanan, orang tsb justru akan melambung lebih tinggi). Link Youtube JABAT (Kim Hong, TM BPD-1 “Siapakah Saya?”). Pembicara berikutnya, TM Cynthis melalui judul pidatonya “Kartu Kredit” menceritakan pengalaman pahitnya karena tidak punya kartu kredit serta menginformasikan 3 cara bijak menggunakan kartu kredit yaitu milikilah lebih dari 1 kartu, bayarlah tagihan tepat waktu, serta sinergikan pemakaian kartu dengan kebutuhan. Link Youtube JABAT (Cynthis, TM, BPD-3 “Kartu Kredit”)

Pembicara selanjutnya, TM Wayan dengan judul “Berkah Puasa” memesona hadirin dengan berbagai cerita suka duka menjalankan ibadah puasa mulai dari masa kecil, masa kuliah, hingga saat bekerja. Bagaimana puasa ternyata memberikan banyak manfaat bagi TM Wayan seperti meghilangkan rasa gelisah, khawatir serta menyembuhkan tubuhnya dari sakit. Satu kalimat bijak dari TM Wayan adalah “Lapar dahaga dahulu, pahala kemudian”. Link Youtube JABAT (Wayan, TM, “Berkah puasa”). Pembicara Keempat, TM Fauzan melalui judul pidatonya “Ancaman Si Kecil” menekankan bagaimana memprihatinkannya kondisi masyarakat saat ini di mana ada beberapa berita mengenai balita dicabuli oleh anak di bawah umur. Penyebabnya adalah makin marak dan mudah diaksesnya konten porno di Indonesia. Konten tidak senonoh ini membuat anak-anak penasaran dan pertumbuhan otak mereka terganggu. TM Fauzan juga menjelaskan perlunya menanamkan nilai-nilai agama sejak dini untuk mencegah terjadinya ancaman tsb. Link Youtube JABAT (Fauzan, TM BPD-9 “Ancaman si Kecil”)

Pembicara Sesi Pidato yang Dipersiapkan pada hari itu adalah ACB, ALB Indri yang membawakan pidato dari buku panduan lanjutan. Dengan judul pidatonya “Sukses/Gagal”, dia menceritakan bahwa mayoritas alasan orang takut memulai usaha adalah takut gagal. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dia peroleh 96% pengusaha Indonesia gagal. Pidato lalu diisi dengan pengalaman pribadi ACB, ALB Indri dalam merintis usaha selama 5 tahun dan masalah-masalah yang dihadapi seperti mendapatkan pembeli yang tidak menyenangkan, karyawan yang disuap, hingga masalah dengan penjual. Dalam pidatonya, ACB, ALB Indri juga menyampaikan 3 tips untuk mengatasi kegagalan usaha antara lain sadarilah kemungkinan gagal itu ada, lakukan instropeksi diri, dan ambil sisi positif dari kegagalan tsb. Pidato ditutup dengan apik melalui sebuah kalimat dari Winston Churchill yaitu “Sukses adalah kemampuan untuk beralih dari 1 kegagalan ke kegagalan lainnya tanpa kehilangan semangat” Link Youtube JABAT (Indri, ACB, ALB, “Sukses/Gagal”)

Sesi berikutnya adalah Sesi Edukasi yang kali ini dibawakan oleh Ketua Jabat 2014/2015, ACS, ALB Lesmana Nahar dengan judul “Maksimal Bersama Toastmasters”. Menurut Toastmaster Lesmana waktu lebih berharga daripada uang. Kita bisa mencari lebih banyak uang tapi tidak dapat mencari lebih banyak waktu. Oleh karena itu agar waktu kita di JABAT bisa maksimal, anggota harus sering pidato dan aktif mengambil peran. ACS, ALB Lesmana Nahar juga menyarankan sebaiknya terlibat juga sebagai pengurus klub untuk melatih kepemimpinan. Pada sesi edukasi ini, ACS, ALB Lesmana juga membagi tips-tips mencari ide pidato. Pertama, jangan berpikir bahwa mencari ide pidato itu susah karena ide pidato itu ada di mana-mana mulai dari hobi, pekerjaan, keluarga, hingga sumber eksternal seperti kegiatan masyarakat atau situs internet. Kedua, dari awal sebaiknya kita sudah menetapkan fokus untuk topik yang ingin dibicarakan untuk BPD 1 – 10. Hal ini akan membantu kita untuk menyelami lebih dalam topik pidato dan menciptakan ciri khas (branding) kita. Ketiga, begitu ada ide langsung dicatat karena ide sering datang mendadak dan biasanya semakin dipikir semakin tidak dapat. IMG-20160820-WA0007Terakhir, banyak-banyaklah membaca buku atau literatur. Link Youtube JABAT (Lesmana, ACS, ALB Sesi Edukasi Judul: “Maksimal Bersama Toastmasters”). Di akhir Sesi Edukasi, TM Lambang mewakili pengurus memberikan cendramata berupa foto karikatur dan pena kepada ACS, ALB Lesmana sebagai pembicara sesi edukasi hari itu dan DTM Harlina sebagai pembicara sesi edukasi tgl 6 Agustus 2016.

Setelah Sesi Edukasi, pertemuan dilanjutkan ke sesi terakhir yaitu Sesi Penilaian Umum. Dalam sesi ini, DTM Harlina, ACB, ALB Hariadi, dan ACS, ALB Lesmana masing-masing memberikan penilaian individu untuk masing-masing Pembicara Sesi Pidato yang Dipersiapkan. Pada sesi ini juga, Penilai Umum, TM Lambang dan timnya menyampaikan laporan mereka.

IMG-20160820-WA0006Akhirnya, pertemuan tiba pada bagian yang ditunggu-tunggu yaitu Panggung Kehormatan di mana pemenang tiap sesi diumumkan. Di pertemuan ini, TM Cynthis keluar sebagai pembicara Sesi Pidato yang Dipersiapkan terfavorit dan ACB, ALB Hariadi sebagai penilai umum terfavorit.

Terima kasih untuk semua pembicara, ACS, ALB Lesmana, dan para penilai individu yang telah berbagi ilmu dan juga seluruh pemegang peran yang telah menjalankan tugasnya masing-masing sehingga pertemuan JABAT bisa berjalan dengan lancar dan penuh semangat.

IMG-20160820-WA0005

Atas: DTM Johan (tamu), TM Kim, TM Ian, TM Cynthis, TM Wayan, ACB, ALB Indri, ACS, ALB Lesmana, TM Wiwie

Bawah: TM Maruasas, TM Lambang, TM Fauzan, ACB, ALB Hariadi, TM Martie, DTM Harlina, TM Nila

Advertisements

Posted on August 22, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Saya sudah nonton video-videonya di youtube…. kreeen abis 🙂

    Like

  2. Wah semangat! Kompak terus …. Video youtubenya juga menginspirasi.

    Like

  3. I Wayan Sugata

    Setelah menonton video youtubenya, saya baru bisa melihat diri sendiri…oh ada yg penting yg terlupa…oh gerakan saya ternyata masih grogi…oh bahasa tubuh saya kurang begini…. ya namanya untuk belajar.. baguuuus !!! Editorial isinya mantap!!! Editing videonya kereeen !!!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: