BAKTI KEPADA IBU PERTIWI (6 Agustus 2016)

“Cita-cita besar memerlukan perjuangan yang gigih, pantang menyerah, jatuh bangun lagi, gagal bangkit lagi, kurang semangat? Datang saja ke JABAT, pasti semangat lagi!!”

IMG-20160806-WA0006Itulah motivasi yang diberikan oleh pengarah acara, TM Wayan. Pada pertemuan ini dipilih tema “Bakti kepada Ibu Pertiwi” ini untuk memperingati hari Bhakti TNI Angkatan Laut yang jatuh pada tgl 29 Juli dan hari Dharma Wanita Nasional pada tgl 5 Agustus.

Pertemuan dibagi menjadi 4 Sesi yaitu Sesi Pidato yang Dipersiapkan, Sesi Pidato Dadakan, Sesi Edukasi, dan Sesi Penilaian Individu. Sesi Pidato yang Dipersiapkan menampilkan pembicara-pembicara yang naskah pidatonya sudah disiapkan terlebih dahulu dengan durasi pidato rata-rata  5 – 7 menit. Sesi Pidato Dadakan merupakan sesi yang bersifat spontan di mana pembicara harus menjawab pertanyaan yang baru didengar pada saat itu dalam waktu 1 – 2 menit sedangkan Sesi Edukasi bertujuan untuk menambah wawasan anggota. Terakhir, Sesi Penilaian Individu di mana para anggota senior akan memberikan masukan mereka bagi pembicara Sesi Pidato yang Dipersiapkan.

Pertemuan diawali dengan pengenalan pengarah acara TM Wayan oleh Ketua JABAT, CC, CL Ade Herawan. TM Wayan kemudian menjelaskan tema pertemuan, pembagian sesi, dan pengenalan Penilai Umum, ACB Indri. Dalam menjalankan tugasnya sebagai Penilai Umum ACB Indri dibantu oleh TM Wicak sebagai pemerhati tata bahasa, TM Ian sebagai pemerhati bunyi tanpa makna, Duo TM Sasti dan TM Lambang yang bergantian bertugas sebagai pencatat waktu serta TM Cynthis sebagai pengumpul kertas suara.

Sesi Pidato yang dipersiapkan menampilkan TM Lambang, TM Teguh, dan TM Sasti. TM Lambang dalam pidatonya yang berjudul “Kemarin, Kini, dan Hari Esok” menceritakan tentang bagaimana perjalanan hidupnya dari seorang pedagang kaki lima hingga menjadi pengusaha sukses yang mempunyai 11 kantor cabang. TM Lambang mengingatkan bagaimana kita sering menyepelekan pedagang kaki lima padahal banyak pengusaha sukses yang awalnya berasal dari pedagang kaki lima misalnya Lim Soe Liong, Mochtar Riady, dll padahal mungkin saja pedagang kaki lima yang kita temui merupakan calon pengusaha sukses di masa mendatang.

Selanjutnya TM Teguh dengan pidatonya “Persiapan+Kesempatan=Kesuksesan” menjelaskan pengaruh rumus tersebut dalam karirnya. Dimulai dari bagaimana dia menerima telepon wawancara kerja hingga cara dia mempersiapkan diri menghadapi wawancara tersebut. TM Teguh juga menekankan bahwa ia bergabung di JABAT untuk mempersiapkan diri menghadapi kesempatan di masa yang akan datang. Pembicara terakhir, TM Sasti membawakan pidato yang berjudul “Memilih Tempat Usaha” mengingatkan kita akan pentingnya dokumen yang jelas dalam menjalankan usaha. Berawal dari pengalaman pribadi bagaimana ia mengalami kejadian yang tidak menyenangkan saat menyewa tempat usaha, diperlakukan semena-mena oleh pemilik kios dan tidak dapat berbuat apa-apa karena tidak memiliki kwitansi akibat terkecoh oleh keramahan pemilik kios.

Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Sesi Edukasi “Persiapan untuk Lomba Evaluasi” yang dibawakan oleh DTM Harlina yang sepak terjangnya sudah tidak diragukan lagi di dunia Toastmasters. Beliau menyampaikan tips PPEDASS dalam menyampaikan Evaluasi. P : Positif (Evaluasi harus bersifat membangun) P: Penutupan (Menyampaikan ringkasan evaluasi), E: Enam Proyek Pidato (Wajib telah membaca 6 proyek pidato dalam Buku Panduan Dasar), D: Dua Saja (Menyampaikan dua atau tiga poin saja sebagai masukan), A: Absolut (Tidak memberikan penilaian yang pasti misalnya tidak menggunakan kata “selalu”), S: Spesifik (Memberikan evaluasi secara spesifik bagian yang harus diperbaiki) dan S: Saya (Penilaian bersifat subjektif karena itu disarankan menggunakan subjek “saya” dibandingkan “kami”)

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi Penilaian dimana Penilai individu DTM Harlina, TM Fauzan, dan CC, CL Ade Herawan menyampaikan poin positif dan masukan bagi pembicara-pembicara Sesi Pidato yang Dipersiapkan dilanjutkan dengan Penilai Umum dan timnya menyampaikan hasil evaluasinya.

Setelah itu, acara masuk ke sesi yang mendebarkan yaitu Sesi Pidato Dadakan yang dipandu oleh TM Cynthis. Sesi ini memberikan kesempatan bagi para tamu dan anggota yang tidak memegang peran pada hari itu untuk terlibat dalam pertemuan. Pembicara Pidato Dadakan antara lain TM Aji, Sisca (tamu), Iron (tamu), DTM Yusuf (tamu), dan TM Ian. Mereka masing-masing diminta untuk memilih dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan tema pertemuan “Bakti kepada Ibu Pertiwi”

IMG-20160806-WA0027Seusai Sesi Pidato Dadakan, TM Fauzan selaku Kabid Keanggotaan mensosialisasikan Program “Member get Member” dari Toastmasters International di mana anggota ataupun tamu yang dapat mencapai program tersebut akan menerima cendramata dari Toastmasters International maupun JABAT. Acara dilanjutkan dengan pengambilan undian yang tidak dapat dilakukan dalam acara HUT yang sebelumnya karena keterbatasan waktu. Pemenang undian antara lain Penilai Umum pada hari itu ACB Indri, Teuku Firmansyah, dan Riza S. Eko.

Sebelum acara ditutup, diumumkan pembicara favorit yang terpilih pada hari itu. TM Sasti menjadi pembicara pidato yang dipersiapkan terfavorit. Untuk penilai individu terfavorit adalah CC, CL Ade Herawan sedangkan DTM Yusuf menjadi pembicara pidato dadakan terfavorit.IMG-20160806-WA0008

Terima kasih untuk semua pembicara baik pidato yang dipersiapkan, DTM Harlina, penilai individu maupun pidato dadakan yang telah berbagi ilmu hari ini dan juga seluruh pemegang peran yang telah membantu dan berkontribusi sehingga pertemuan JABAT bisa berjalan dengan baik dan membawa hikmah.

IMG-20160806-WA0007

 

 

Dari kiri atas: Iron (tamu), DTM Yusuf (tamu), TM Lambang, DTM Harlina, TM Cynthis, ACB Indri, TM Ian

Dari kiri bawah: TM Sasti, Sisca (tamu), TM Aji, TM Fauzan, TM Wicak, TM Wayan

 

Advertisements

Posted on August 7, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Hidup Bli Wayan….selamat telah menjadi pembawa acara peretemuan Jabat.
    Selamat juga sudah meraih Master di bidang teknologi informasi. Sukses selalu…!!!

    Like

  2. Wahhh semangat! Pertemuannya selalu positif! Sukses terus.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: