Jakarta Satu Dekade Mendatang (JABAT 18 Jun 2016)

IMG-20160618-WA0013Pertemuan JABAT adalah kegiatan rutin mingguan yang biasanya diselenggarakan di Menara Kuningan, namun untuk pertemuan JABAT kali ini diadakan di Dunkin’ Donuts, Menteng. Pertemuan ini mengedepankan aspek pendidikan keterampilan bicara di depan umum (public speaking) dan kepemimpinan (leadership). Pertemuan dihadiri oleh peserta yang jumlahnya hingga 18 orang peserta di mana 2 orang diantaranya adalah tamu.

TM Cynthis bertugas sebagai Pengarah Acara dan ia menetapkan tema Pertemuan JABAT kali ini “Jakarta Satu Dekade Mendatang” dengan kata acuan “Potensi”. Tiap pertemuan dibagi menjadi 3 sesi yaitu pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, dan penilaian umum. Dalam pidato yang dipersiapkan, anggota yang menjadi pembicara diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato yang sudah dipersiapkan beberapa hari/minggu sebelumnya dalam waktu 5-7 menit. Untuk pidato dadakan, pembicara memiliki waktu 1-2 menit untuk memberi jawaban/tanggapan atas pertanyaan/pernyataan yang diberikan oleh pemandu pidato dadakan. Dan selama sesi penilaian umum akan disampaikan laporan 2-3 menit oleh penilai individu atas pembicara pidato yang dipersiapkan; serta akan disampaikan laporan dari pemerhati tata bahasa, penghitung bunyi tanpa makna, dan penilai umum.

Untuk pidato yang dipersiapkan TM Wiwie sebagai pembicara pertama pada hari ini memulai pidatonya dengan judul “Hidupku Petualanganku” untuk proyek Buku Panduan Dasar Proyek #1 Mencairkan Kekakuan, ia dinilai oleh TM Iin. TM Wiwie memulai pidatonya dengan menceritakan impiannya untuk menjadi pengusaha sukses. Ia memiliki berbagai pengalaman kerja di bank swasta, asosiasi perusahaan pembiayaan indonesia, dan perusahaan asuransi umum. Baginya saat ini adalah saat di mana ia berpetualang menggali potensi, meningkatkan komptensi dan membangun relasi untuk mewujudkan impiannya.

Selanjutnya TM Sasti sebagai pembicara kedua membawakan pidato dengan judul “Orang Paling Istimewa” untuk proyek Buku Panduan Dasar Proyek #4 Ucapkan dengan Benar, ia dinilai oleh TM Harlina. Menurut TM Sasti orang istimewa adalah orang yang bisa memperlakukan dirinya sendiri secara istimewa. Menjadi istimewa bukanlah diukur dari berapa banyak keinginan kita yang coba dipenuhi oleh orang lain, tapi seberapa istimewa kita memperlakukan diri kita sendiri.

TM Raja sebagai pembicara ketiga berpidato dengan judul “Menunggu” untuk Buku Panduan Dasar Proyek #5 Bahasa Tubuh, ia dinilai oleh TM Harlina. TM Raja memberikan beberapa tips agar menunggu tidak menjadi pekerjaan yang membosankan, seperti membaca buku, mendengarkan musik atau menonton. Kadang kita perlu kreatif untuk menghadapi saat-saat di mana kita harus menunggu dengan sabar.

Pembicara berikutnya adalah TM Dedy yang membawakan pidato dengan judul “Air Daun Kawa” untuk Buku Panduan Dasar Proyek #6 Teknik Vokal, ia dinilai oleh TM Hariadi. TM Dedy memulai pidatonya dengan menceritakan tren minuman kopi. Ia kemudian menceritakan kisah di balik minuman kopi, yaitu sejarah tentang air daun kawa yang terjadi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Dulu kaum pribumi dilarang minum kopi, namun mereka tidak diam begitu saja, mereka membuat minuman dari air daun kopi/daun kawa. Itulah sikap pantang menyerah: tak ada biji kopi, daunnya pun jadi!

Pembicara yang terakhir adalah TM Indri yang  berpidato dengan judul “Pahlawan” untuk proyek Buku Panduan Lanjut Proyek #1 Entertaining Speaker, ia dinilai oleh TM Diella. TM Indri memulai pidatonya dengan bertanya “Siapakah Pahlawanmu?”. Menurutnya pahlawan bukan hanya orang yang mengorbankan diri untuk masyarakat, tapi juga orang yang berjasa dalam hidup kita. TM Indri kemudian menceritakan kisah tentang temannya yang bernama Yoko yang telah menjadi pahlawannya dalam perkara hati, perkara duit, perkara kesehatan, dan perkara sikap. Saat kita berjasa dalam kehidupan orang lain kita adalah Pahlawan.

Selanjutnya masuk ke sesi yang menegangkan yaitu Sesi Pidato Dadakan, yang kali ini dipandu oleh TM Raya. Sesi pidato dadakan ini berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tata bahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja.

Kali ini ada sesi khusus yaitu penyambutan anggota baru JABAT dan pembacaan Janji Toastmaster yang dipimpin oleh Ketua JABAT, TM Iin untuk anggota baru yaitu TM Paisal yang juga mendapatkan sertifikat keanggotaan sebagai bagian dari Toastmaster International.

IMG-20160620-WA0001

JABAT sebagai komunitas juga menjunjung solidaritas untuk membantu rekan-rekan yang sedang mengalami kesulitan/musibah dan berkat dukungan dari para anggota JABAT, dikesempatan kali ini Ketua JABAT sebagai perwakilan memberikan tanda kasih kepada TM Lambang sebagai bentuk perhatian. Solidaritas JABAT!

IMG-20160618-WA0011

Sebelum acara ditutup, diumumkan pembicara favorit yang terpilih pada hari itu. TM Sasti menjadi pembicara pidato yang dipersiapkan terfavorit. Untuk penilai individu terfavorit adalah TM Diella sedangkan TM Martie dan TM Lambang menjadi pembicara pidato dadakan terfavorit.

IMG-20160618-WA0010

Terima kasih untuk semua pembicara baik pidato yang dipersiapkan, penilai individu maupun pidato dadakan yang telah berbagi ilmu hari ini dan juga seluruh pemegang peran yang telah membantu dan berkontribusi sehingga pertemuan JABAT bisa berjalan dengan baik dan membawa hikmah.

IMG-20160618-WA0016

Pengarah acara: Cynthis. Penilai umum: Teguh. Pembicara: Wiwie; Sasti; Raja; Dedy; Indri, ACB, ALB. Penilai individu: Iin, ACB, ALB; Harlina, DTM; Hariadi, ACB, ALB; Diella, ACB, ALB. Pemerhati tata bahasa: Haikal. Pencatat waktu: Paisal. Penghitung bunyi tanpa makna: Lambang. Penghitung kertas suara: Azka.

Advertisements

Posted on June 20, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. Ayo Om Deddy diramaikan lapaknya
    Mbak Diella ditunggu komennya…

    Liked by 2 people

  2. Air daun kawa yang disampaikan Pak Dedy Herdian kereeen

    Liked by 2 people

  3. He3… saya kalah cepat dari yudha dan pak lambang….. 😀

    Liked by 1 person

  4. Setelah ini menunggu bisa lebih menyenangkan 🙂

    Liked by 1 person

  5. Luar biasa tulisan ms. Josephine. Thank you updatenya..

    Liked by 1 person

  6. Wahhhhh….luarrr biasaa. Mantap semua pembicaranya😉

    Liked by 2 people

  7. I Wayan Sugata

    Dua minggu tak bersama JaBaT serasa dua tahun …:)

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: