Revitalisasi Taman Kota (Edisi Spesial JABAT 4 Jun 2016)

IMG-20160604-WA0001 IMG-20160604-WA0003 “Orang-orang yang bergabung sebagai suatu komunitas bisa mewujudkan hal-hal yang luar biasa” Jacob Rees-Mogg.

Kutipan di atas adalah kutipan yang ada dalam pidato TM Iin hari ini di Pertemuan JABAT. Pertemuan JABAT kali ini sangat spesial karena diadakan di luar ruangan yaitu di Taman Suropati, Menteng. Panitia telah bekerja dengan sangat baik untuk mempersiapkan pertemuan ini sehingga pertemuan bisa berjalan dengan baik, seru dan tentunya bermanfaat.

Pertemuan JABAT adalah kegiatan rutin mingguan yang biasanya diselenggarakan di Menara Kuningan, Jakarta, yang mengedepankan aspek pendidikan keterampilan bicara di depan umum (public speaking) dan kepemimpinan (leadership). Pertemuan dihadiri oleh peserta yang jumlahnya hingga 25 orang peserta dimana 3 orang diantaranya adalah tamu.

Pengarah Acara kali ini juga lain dari biasanya karena dibawakan oleh dua orang yaitu TM Ade dan TM Sasti yang dengan sangat baik memandu acara dari awal hingga akhir, mereka menetapkan tema Pertemuan JABAT kali ini “Revitalisasi Taman Kota” dengan kata acuan “Hasrat”.

IMG-20160604-WA0038

Tiap pertemuan dibagi menjadi 3 sesi yaitu pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, dan penilaian umum. Dalam pidato yang dipersiapkan, anggota yang menjadi pembicara diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato yang sudah dipersiapkan beberapa hari/minggu sebelumnya dalam waktu 5-7 menit. Untuk pidato dadakan, pembicara memiliki waktu 1-2 menit untuk memberi jawaban/ tanggapan atas pertanyaan/pernyataan yang diberikan oleh pemandu pidato dadakan. Dan selama sesi penilaian umum akan disampaikan laporan 2-3 menit oleh penilai individu atas pembicara pidato yang dipersiapkan; serta akan disampaikan laporan dari pemerhati tata bahasa, penghitung bunyi tanpa makna, dan penilai umum.

Untuk pidato yang dipersiapkan TM Haikal sebagai pembicara pertama memulai pidato dengan judul “Tidak Berjarak” untuk proyek Buku Panduan Dasar Proyek#1 Mencairkan Kekakuan, ia dinilai oleh TM Hariadi. TM Haikal memulai pidatonya dengan menyebutkan nama belakangnya yaitu ‘Basagili’, nama tersebut menggambarkan silsilah keluarganya. TM Haikal menceritakan kisahnya saat berusaha menemukan keluarga besarnya yang ternyata ada di berbagai negara. Menurutnya kita bisa menjaga silahturahmi dengan keluarga dan juga teman-teman lama dengan menggunakan media sosial seperti facebook.

Selanjutnya TM Wayan sebagai pembicara kedua membawakan pidato dengan judul “Kelemahan menjadi Kekuatan” untuk proyek Buku Panduan Dasar Proyek#2 Menyusun Naskah Pidato, ia dinilai oleh TM Indri. TM Wayan menceritakan kesulitan yang pernah dialaminya saat ia masih sekolah karena kepergian sang Ibu. Di saat itu ia merasa kehilangan arah dan semangat hidup, namun karena dukungan dari keluarga dan juga teman-teman serta kekuatan doa TM Wayan kembali bangkit dan berjuang meraih apa yang menjadi impiannya.

TM Iin sebagai pembicara ketiga berpidato dengan judul “Demi Harapan dan Kejayaan” untuk proyek Buku Panduan Lanjut Proyek#1 Acara Spesial-Bersulang, ia dinilai oleh TM Harlina. TM Iin memulai pidatonya dengan satu kutipan tentang pentingnya sebuah komunitas. JABAT adalah salah satu komunitas yang memiliki dampak positif dan membangun, dan bertepatan dengan ulang tahun JABAT TM Iin berharap dan mengajak seluruh anggota JABAT untuk bersama-sama mengembangkan diri dan memajukan JABAT.

Pembicara yang terakhir adalah TM Diella yang  berpidato dengan judul “Monumen” untuk proyek Buku Panduan Lanjut Proyek#4 Tafsir Literatur-Drama, ia dinilai oleh TM Ade. TM Diella membawakan drama tentang monumen para pahlawan yang naskahnya diambil dari buku berjudul “Monumen” karya Indra Tranggono. TM Diella dengan fasih memerankan 3 orang pahlawan yang sedang berbincang-bincang, berdebat dan pada akhirnya sampai pada satu kesimpulan bersama. Dengan bahasa tubuh, mimik wajah dan intonasi suara yang sangat baik TM Diella menyampaikan pesan yang bermakna dan memukau para peserta yang hadir.

Selanjutnya masuk ke sesi yang menegangkan yaitu Sesi Pidato Dadakan, kali ini dipandu oleh TM Yosephine yang spesial hari ini memberikan buku sebagai hadiah untuk semua peserta pidato dadakan. Sesi pidato dadakan ini berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tata bahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja.

Sesi khusus kali ini adalah Sesi Permainan, di mana panitia telah menyiapkan sejumlah permainan yang melibatkan seluruh peserta. Para peserta belajar melalui permainan untuk bekerjasama dengan baik dalam satu tim, dan juga menikmati serunya tantangan-tantangan yang diberikan. Panitia juga sudah menyiapkan hadiah yang menarik untuk mengapresiasi para pemenang.

IMG-20160604-WA0010

IMG-20160604-WA0013

IMG-20160604-WA0011

Sebelum acara ditutup, diumumkan pembicara favorit yang terpilih pada hari itu. TM Diella menjadi pembicara pidato yang dipersiapkan terfavorit, TM Hariadi yang menjadi penilai individu terfavorit dan TM Kirti menjadi pembicara pidato dadakan terfavorit.

IMG-20160604-WA0037

Dan untuk hari ini juga diumumkan pemenang kostum terbaik yaitu TM Raya yang mengenakan rompi dan topi Go-Box berwarna kuning. Selamat ya!

IMG-20160604-WA0014

Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras, meluangkan waktu dan tenaga untuk mempersiapkan acara, dan juga bagi seluruh anggota JABAT yang telah berpidato, mengambil peran dan berpartisipasi meramaikan acara. Seperti biasa acara ditutup dengan foto bersama! 😀

IMG-20160604-WA0017IMG-20160604-WA0034

Pengarah acara: Ade, CC, CL & Sasti. Penilai umum: Raya. Pembicara: Haikal; Wayan; Iin, ACB, ALB; Diella, ACB, ALB. Penilai individu: Hariadi, ACB, ALB; Indri, ACB, CL; Harlina, DTM; Ade, CC, CL. Pemerhati tata bahasa: Lambang. Pencatat waktu: Fazar. Penghitung bunyi tanpa makna: Wicak. Penghitung kertas suara: Teguh.

Advertisements

Posted on June 4, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 13 Comments.

  1. Mantabs deh Jabat
    Kapan buka cabang di Jogja?
    he22

    Liked by 2 people

  2. Jabat semakin bersinar… Luar biasa!

    Liked by 1 person

  3. Luaaaarrrr biasa …….

    Liked by 1 person

  4. Hidup Jabattt….. Acaranya sukses, banyak pengunjung pada nonton acara Jabat. Semogaa anggota Jabat semakin buanyak. Amiin.

    Liked by 2 people

  5. Luar biasaaa,Jabat kerennnnn!!!

    Liked by 2 people

  6. Saya sedikit menyesali diri baru bergabung dengat Jabat, kenapa tidak bergabung dari 10 tahun yang lalu ? :))

    Liked by 2 people

  7. Hebaattt sekaliiiii jabat! Terus berjaya!

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: