Menyongsong Pemimpin Baru (JABAT 14 Mei 2016)

IMG-20160514-WA0009Pertemuan JABAT adalah kegiatan rutin mingguan yang biasanya diselenggarakan di Menara Kuningan, Jakarta, yang mengedepankan aspek pendidikan keterampilan bicara di depan umum (public speaking) dan kepemimpinan (leadership). Kali ini pertemuan spesial diadakan di Restoran Rempah Iting yang berlokasi dekat dengan Gedung Sarinah. Pertemuan dihadiri oleh peserta yang jumlahnya hingga 25 orang peserta dimana 3 orang diantaranya adalah tamu.

TM Chepi sebagai Pengarah Acara menetapkan tema Pertemuan JABAT kali ini “Menyongsong Pemimpin Baru” Dengan kata acuan “Cakap”. Tiap pertemuan dibagi menjadi 3 sesi yaitu pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, dan penilaian umum. Dalam pidato yang dipersiapkan, anggota yang menjadi pembicara diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato yang sudah dipersiapkan beberapa hari/minggu sebelumnya dalam waktu 5-7 menit. Untuk pidato dadakan, pembicara memiliki waktu 1-2 menit untuk memberi jawaban/ tanggapan atas pertanyaan/pernyataan yang diberikan oleh pemandu pidato dadakan. Dan selama sesi penilaian umum akan disampaikan laporan 2-3 menit oleh penilai individu atas pembicara pidato yang dipersiapkan; serta akan disampaikan laporan dari pemerhati tata bahasa, penghitung bunyi tanpa makna, dan penilai umum.

Pada pertemuan kali ini ada sesi khusus yaitu Sesi Referendum yang berisi pidato kampanye dari calon tunggal sebagai ketua JABAT periode 2016-2017 yaitu Ade Herawan, CC,CL.

Untuk pidato yang dipersiapkan TM Ian sebagai pembicara pertama pada hari itu memulai pidato dengan judul “Cerita Migran” untuk proyek Buku Panduan Dasar Proyek#1 Mencairkan Kekakuan, ia dinilai oleh TM Indri. TM Ian bercerita bahwa ia telah mengeliling banyak negara, mencoba berbagai hal, namun ternyata pada saat ia datang ke Indonesia ia merasa jatuh cinta dengan alamnya, dan juga dengan seorang wanita yang akhirnya menjadi pendamping hidupnya.

Selanjutnya TM Raya sebagai pembicara kedua membawakan pidato dengan judul “Masih Takutkah Anda Belajar Bahasa Asing” untuk proyek Buku Panduan Dasar Proyek#2 Menyusun Naskah Pidato, ia dinilai oleh TM Iin. TM Raya memberikan motivasi bagi orang-orang yang masih takut belajar bahasa asing agar tetap terus belajar karena banyak manfaat jika kita menguasai bahasa asing. Ia memberikan beberapa tips untuk belajar bahasa asing dengan lebih mudah, salah satunya dengan menggunakan aplikasi.

TM Lesmana sebagai pembicara ketiga berpidato dengan judul “Arahan Pemimpin Baru” untuk proyek Buku Panduan Lanjut Proyek#1 Speech by Management, ia dinilai oleh TM Harlina. TM Lesmana berperan sebagai seorang ketua yang baru saja terpilih, ia menjelaskan visi dan misi bahwa apa yang dilakukan bersama timnya selain sebagai proses belajar juga adalah bagian dari amal ibadah yaitu untuk membantu orang lain. Ia juga kemudian memberikan pengarahan yang jelas pada tiap anggota tim mengenai tugas dan tanggung jawab mereka.

Sesi selanjutnya yaitu Sesi Pidato Dadakan yang dipandu oleh TM Sasti. Sesi ini berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tata bahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja.

Sesi spesial pada hari ini adalah Sesi Referendum. TM Ade memulai pidato kampanyenya yang berjudul “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh” dengan kalimat “Jangan tanyakan apa yang bisa JABAT berikan untukku, tapi tanyakan apa yang telah aku berikan untuk JABAT”. TM Ade memberikan 3 alasan mengapa ia patut dipilih yaitu semangatnya untuk terus belajar, terbukti berhasil melakukan berbagai terobosan, dan prestasi. Salah satu hal yang menarik dari pidato tersebut adalah adanya sapu lidi yang dibawa sebagai simbol persatuan. TM Ade juga dengan sigap dan percaya diri menjawab setiap pertanyaan yang diberikan.

IMG-20160514-WA0013

Kali ini ada sesi khusus yaitu penyambutan anggota-anggota baru JABAT dan pembacaan Janji Toastmaster yang dipimpin oleh Ketua JABAT, TM Iin untuk para anggota baru yaitu TM Ian, TM Lambang, TM Cynthis, TM Wiwie, TM Teguh dan TM Wayan. Para anggota baru JABAT juga mendapatkan sertifikat keanggotaan sebagai bagian dari Toastmaster International.

IMG-20160514-WA0011

Sebelum acara ditutup, diumumkan pembicara favorit yang terpilih pada hari itu. TM Ian menjadi pembicara pidato yang dipersiapkan terfavorit, sedangkan TM Indri yang menjadi penilai individu terfavorit. Dan untuk pembicara pidato dadakan yang terfavorit adalah TM Fauzan.

IMG-20160514-WA0005

Kertas suara yang dikumpulkan bukan hanya dari anggota yang hadir, tapi juga dari anggota yang berhalangan hadir yang telah memberikan suara melalui kertas suara elektronik. Dan setelah melalui proses perhitungan diumumkan hasil referendum bahwa 89% pemilih setuju TM Ade sebagai Ketua JABAT periode 2016-2017. Selamat untuk TM Ade!

Pengarah acara: Chepi. Penilai umum: Yosephine. Pembicara: Ian; Raya; Lesmana, ACS, ALB. Penilai individu: Indri, ACB, CL; Iin, CC, ALB; Harlina, DTM. Pemerhati tata bahasa: Hariadi, ACB, ALB. Pencatat waktu: Lambang. Penghitung bunyi tanpa makna: Cynthis. Penghitung kertas suara: Haikal.

Advertisements

Posted on May 16, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Selamat buat ade sebagai ketua terpilih, semoga setelah pelantikan secara resmi akhir juni 2016 nanti, ade bs membawa Jabat menjadi klub yg disegani….

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: