Teknik Melawan Gaya (JABAT 30 April 2016)

IMG-20160430-WA0001Pertemuan JABAT adalah kegiatan rutin mingguan yang biasanya diselenggarakan di Menara Kuningan, Jakarta, yang mengedepankan aspek pendidikan keterampilan bicara di depan umum (public speaking) dan kepemimpinan (leadership). Kali ini pertemuan dihadiri oleh banyak sekali peserta yang jumlahnya hingga 30 orang dimana 12 orang diantaranya adalah tamu. Rekor peserta terbanyak!

DTM Harlina menetapkan tema Pertemuan JABAT kali ini “Teknik Melawan Gaya” Dengan kata acuan “Ahli”. Tiap pertemuan dibagi menjadi 3 sesi yaitu pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, dan penilaian umum. Dalam pidato yang dipersiapkan, anggota yang menjadi pembicara diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato yang sudah dipersiapkan beberapa hari/minggu sebelumnya dalam waktu 5-7 menit. Untuk pidato dadakan, pembicara memiliki waktu 1-2 menit untuk memberi jawaban/ tanggapan atas pertanyaan/pernyataan yang diberikan oleh pemandu pidato dadakan. Dan selama sesi penilaian umum akan disampaikan laporan 2-3 menit oleh penilai individu atas pembicara pidato yang dipersiapkan; serta akan disampaikan laporan dari pemerhati tata bahasa, penghitung bunyi tanpa makna, dan penilai umum.

Pada pertemuan kali ini karena jumlah pembicara pidato yang dipersiapkan cukup banyak, sehingga sesi pidato dadakan ditiadakan dan diganti dengan Sesi Pendidikan.

TM Vania sebagai pembicara pertama pada hari itu memulai pidato dengan judul “Bangkit Kembali” untuk proyek Buku Panduan Dasar Proyek#1 Mencairkan Kekakuan, ia dinilai oleh TM Aji. TM Vania menceritakan kisah dan perjuangannya menjadi seorang dokter. Ia mengalami beberapa kejadian yang hampir membuatnya putus asa namun karena ia mengingat pemberian dan wejangan dari ayahnya ia bangkit kembali dan terus berjuang untuk bisa menjadi seorang dokter yang bisa membantu banyak orang

Selanjutnya TM Sasti sebagai pembicara kedua membawakan pidato dengan judul “Profesi” untuk proyek Buku Panduan Dasar Proyek#2 Menyusun Naskah Pidato, ia dinilai oleh TM Cephi. TM Sasti bercerita tentang apa yang ia alami saat mulai menjalani profesi sebagai seorang agen asuransi. Ia merasakan banyak tantangan namun ia tidak menyerah bahkan semakin menguatkan tekadnya untuk tetap menjalani bidang profesi yang sudah dipilihnya.

TM Wicak pembicara ketiga berpidato dengan judul “Dari Yang Tidak Mungkin Menjadi Mungkin” untuk proyek Buku Panduan Dasar Proyek#2 Menyusun Naskah Pidato, ia dinilai oleh TM Yosephine. TM Wicak dalam pembukaan pidatonya mengatakan bahwa banyak “pagar pembatas” yang ada dalam pikiran kita. Namun berdasarkan pengalaman pribadinya ia memberikan contoh bahwa dari yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin jika kita memiliki imaginasi, kesabaran, dan tindakan untuk mewujudkan apa yang kita inginkan.

Pembicara kempat yaitu TM Fauzan membawakan pidato dengan judul “Wabah Aplikasi” untuk proyek Buku Panduan Dasar Proyek#9 Meyakini, ia dinilai oleh TM Ade. TM Fauzan memaparkan informasi mengenai aplikasi yang saat ini mewabah dan digunakan oleh banyak orang karena manfaat dan kemudahan yang diberikan. Ia membawakan pidato ini dengan tujuan untuk mendapatkan beasiswa untuk belajar mengenai pengembangan aplikasi.

Pembicara terakhir dari pidato yang dipersiapkan kali ini adalah TM Iin dengan pidatonya yang berjudul “Kapan Menikah?” untuk proyek Buku Panduan Lanjut #4 Laporan data dan fakta (Pidato Informatif), TM Iin dinilai oleh TM Hariadi. TM Iin membawakan alat peraga yang memperlihatkan grafik dan data mengenai usia menikah dan juga hasil analisa dari psikolog. Ia juga menginformasikan bahwa ada rentang usia yang disarankan atau idealnya bagi seseorang untuk menikah, yang ditilik baik dari sisi kesehatan dan juga psikologis.

Sesi selanjutnya adalah Sesi Pendidikan yang dibawakan oleh TM Indri, dengan judul “Melampaui Klub Kita” dari Successful Club Series. TM Indri menjelaskan mengenai klub toastmaster, lomba pidato, dan konferensi yang diadakan oleh Toastmaster International demi meningkatkan kualitas para anggota toastmaster.

Sebelum acara ditutup, diumumkan pembicara favorit yang terpilih pada hari itu. TM Sasti menjadi pembicara pidato yang dipersiapkan terfavorit, sedangkan TM Ade yang menjadi penilai individu terfavorit.

IMG-20160430-WA0003

Pengarah acara: Harlina, DTM. Penilai umum: Fazaria. Pembicara: Vania, Sasti, Wicak, Fauzan, Iin, CC, ALB. Penilai individu: Aji, CC; Cephi; Yosephine; Ade, CC,CL; Hariadi, ACB, ALB. Pemerhati tata bahasa: Raya. Pencatat waktu: Dedy. Penghitung bunyi tanpa makna: Lambang. Penghitung kertas suara: Haikal.

IMG-20160430-WA0002

Advertisements

Posted on May 5, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Kapan menikah….. (lagi) ?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: