Berdamai dengan Perubahan (Jabat 16 April 2016)

undangan 16 april 2016“Apa yang tidak pernah berubah? Perubahan itu sendiri.”

Kutipan tersebut diucapkan oleh TM Ade dalam pertemuan JABAT kali ini.

Pertemuan JABAT adalah kegiatan rutin mingguan yang biasanya diselenggarakan di Menara Kuningan, Jakarta, yang mengedepankan aspek pendidikan keterampilan bicara di depan umum (public speaking) dan kepemimpinan (leadership). Kali ini pertemuan dihadiri oleh 17 orang peserta (5 orang tamu).

TM Chepi menetapkan tema Pertemuan JABAT kali ini “Berdamai dengan Perubahan” Dengan kata acuan “Adaptasi”. Tiap pertemuan dibagi menjadi 3 sesi yaitu pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, dan penilaian umum. Dalam pidato yang dipersiapkan, anggota yang menjadi pembicara diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato yang sudah dipersiapkan beberapa hari/minggu sebelumnya dalam waktu 5-7 menit. Untuk pidato dadakan, pembicara memiliki waktu 1-2 menit untuk memberi jawaban/ tanggapan atas pertanyaan/pernyataan yang diberikan oleh pemandu pidato dadakan. Dan selama sesi penilaian umum akan disampaikan laporan 2-3 menit oleh penilai individu atas pembicara pidato yang dipersiapkan; serta akan disampaikan laporan dari pemerhati tata bahasa, penghitung bunyi tanpa makna, dan penilai umum.

TM Raja sebagai pembicara pertama dan satu-satunya pada hari itu memulai pidato dengan judul “Bakat” untuk proyek Buku Panduan Dasar Proyek#4 Ucapkan dengan Benar, ia dinilai oleh TM Ade. TM Raja memulai pidatonya dengan menyanyikan berberapa kalimat dari lagu “I have a dream”. Ia menceritakan bahwa dulu ia berharap bisa bekerja sesuai bakat, seperti atlit, musisi, penulis dan lain-lain. Namun seiring waktu setelah ia menjalani pekerjaannya ia merasa bersyukur karena saat ini ia bisa melakukan hal yang ia sukai dan dihargai oleh perusahaan untuk apa yang ia lakukan.

Sesi selanjutnya adalah Sesi Berbagi yang dibawakan oleh TM Ade, mengenai “Tips dan Trik Pidato Dadakan” TM Ade menjelaskan bahwa yang paling penting untuk dipersiapkan adalah mental selain persiapan materi. Ia menyarankan untuk memikirkan hal-hal yang positif sehingga kita bisa tenang dan bisa menjawab pertanyaan/pernyataan yang diberikan. Menjawab dengan metode PREP (Point Reason Example Point) adalah salah satu cara untuk menjawab pidato dadakan.

Sesi selanjutnya yaitu Sesi Pidato Dadakan yang dipandu oleh TM Aji. Sesi ini berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tata bahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja.

Sesi pidato dadakan kali ini telah menantang 12 peserta rapat pada hari itu untuk maju menguji mental dan mempraktekkan ilmu yang telah dibagikan oleh TM Ade sebelumnya.

Setelah sesi pidato dadakan dilanjutkan dengan sesi berbagi dari DTM, Harlina yang menceritakan pengalamannya setelah selama ini bergabung dengan Toastmaster. Beliau mengatakan bahwa Toastmaster tidak hanyak mengajarkan kemampuan berbicara didepan umum, namun juga kemampuan untuk mendengarkan. Kemampuan untuk mendengarkan ini penting untuk mengobservasi, menilai, menjawab pertanyaan dan menjalankan peran-peran yang ada.

Sebelum acara ditutup, diumumkan pembicara favorit yang terpilih pada hari itu. TM Raja menjadi pemenang mutlak pembicara pidato yang dipersiapkan terfavorit, begitu juga dengan TM Ade yang menjadi penilai individu terfavorit. Sedangkan tamu kita hari itu Cynthis menjadi pembicara pidato dadakan terfavorit.

IMG-20160416-WA0004

Pengarah acara: Chepi. Penilai umum: Fauzan. Pembicara: Raja; Ade, CC; Harlina, DTM. Penilai individu: Ade, CC. Pemandu pidato dadakan: Aji, CC. Pemerhati tata bahasa: Wicak Pencatat waktu: Martie. Penghitung bunyi tanpa makna: Vania. Penghitung kertas suara: Kim.

IMG-20160416-WA0007

IMG-20160416-WA0005

Advertisements

Posted on April 17, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. Luar biasa….

    Hari sabtu kemarin saya seolah muda kembali, dikelilingi oleh anak anak muda penuh dedikasi, semangat dan optimis.

    Saya melihat akan ada banyak perubahan positif di negeri ini beberapa tahun kedepan. Dipundak mereka. Anak anak toasmaster.

    Selamat… Dan sukses selalu.

    Liked by 1 person

  2. Wow….temanya Menarik….sama dengan yang saya alami sekarang dikantor, Apakah bisa berdamai dengan perubahan “manajemen baru” (He,,,he,,he,,,jadI Curcol:):)

    Selamat buat para pemenang……

    Like

  3. Wah, Raja jadi satu-satunya Pembicara ya….. he3 toooooooppp…. !!!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: