Mengambil Kesempatan (JABAT 2 April 2016)

IMG-20160402-WA0009Pertemuan JABAT adalah kegiatan rutin mingguan yang biasanya diselenggarakan di Menara Kuningan, Jakarta, yang mengedepankan aspek pendidikan keterampilan bicara di depan umum (public speaking) dan kepemimpinan (leadership). Kali ini pertemuan dihadiri oleh 15 orang peserta.

TM Aji menetapkan tema Pertemuan JABAT kali ini “Mengambil Kesempatan” Dengan kata acuan “Momentum”. Tiap pertemuan dibagi menjadi 3 sesi yaitu pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, dan penilaian umum. Dalam pidato yang dipersiapkan, anggota yang menjadi pembicara diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato yang sudah dipersiapkan beberapa hari/minggu sebelumnya dalam waktu 5-7 menit. Untuk pidato dadakan, pembicara memiliki waktu 1-2 menit untuk memberi jawaban/ tanggapan atas pertanyaan/pernyataan yang diberikan oleh pemandu pidato dadakan. Dan selama sesi penilaian umum akan disampaikan laporan 2-3 menit oleh penilai individu atas pembicara pidato yang dipersiapkan; serta akan disampaikan laporan dari pemerhati tata bahasa, penghitung bunyi tanpa makna, dan penilai umum.

TM Iin sebagai pembicara pertama dan satu-satunya pada hari itu membawakan pidato dengan judul “Taksi Daring vs Taksi Konvensional” untuk proyek BPL Persuasif, Proyek#4 Menangani Perlawanan Pendapat, ia dinilai oleh TM Hariadi.

Sesi selanjutnya yaitu Sesi Pidato Dadakan dipandu oleh TM Ade. Sesi ini berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tata bahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja.

Mengingat pada hari Sabtu, tanggal 9 April 2016 akan diadakan Lomba Pidato Tingkat Area, maka para pemenang Pidato Dadakan dari JABAT yaitu TM Fazar, TM Hans dan TM Martie diberikan sesi khusus pidato dadakan sebagai latihan. Setelah itu baru kemudian dilanjutkan dengan sesi pidato dadakan untuk para anggota yang lain dan para tamu.

TM Indri pada hari itu juga secara khusus mengambil kesempatan untuk berpidato dalam rangka persiapan lomba.

Pada pertemuan kali ini ada sesi khusus yaitu Sesi Pendidikan. Pembicara dari sesi pendidikan kali ini adalah Lesmana, ACS, ALB. Beliau membawakan sesi pendidikan dengan judul “Mencari Topik Pidato”.

Sebelum acara ditutup, diumumkan pembicara favorit yang terpilih pada hari itu. TM Iin menjadi pemenang mutlak pembicara pidato yang dipersiapkan terfavorit, begitu juga TM Hariadi sebagai penilai individu terfavorit dan TM Sasti menjadi pembicara pidato dadakan terfavorit. Sedangkan TM Fazar menjadi pembicara pidato dadakan terfavorit (sesi khusus peserta lomba). TM Ade ternyata telah menyiapkan hadiah spesial berupa coklat bagi para peserta pidato dadakan sesi khusus dan TM Indri yang juga maju berpidato pada hari itu. Wah senangnya!

IMG-20160402-WA0010

IMG-20160402-WA0011

Hari itu ditutup dengan foto bersama yang penuh keceriaan para anggota Jabat yang sudah seperti keluarga yang saling berbagi, mendukung, serta belajar dari satu sama lain. Sabtu yang seru! 

IMG-20160402-WA0033

Pengarah acara: Aji, CC. Penilai umum: Sasti. Pembicara: Iin, CC, ALB; Indri, ACB, CL; Lesmana, ACS, ALB. Penilai individu: Hariadi, ACB, ALB. Pemandu pidato dadakan: Ade, CC. Pemerhati tata bahasa: Raja Pencatat waktu: Fazaria. Penghitung bunyi tanpa makna: Dedy. Penghitung kertas suara: Hans.

Advertisements

Posted on April 4, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: