Jendela Dunia (JABAT 26 Maret 2016)

undanganSemakin banyak kita membaca buku, semakin banyak kita tahu, dan semakin banyak kita belajar.”

Pertemuan JABAT adalah kegiatan rutin mingguan yang biasanya diselenggarakan di Menara Kuningan, Jakarta, yang mengedepankan aspek pendidikan keterampilan bicara di depan umum (public speaking) dan kepemimpinan (leadership). Kali ini pertemuan dihadiri oleh 20 orang peserta (4 orang tamu).

TM Yosephine menetapkan tema Pertemuan JABAT kali ini “Jendela Dunia” Dengan kata acuan “Buku”. Tiap pertemuan dibagi menjadi 3 sesi yaitu pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, dan penilaian umum.

Dalam pidato yang dipersiapkan, anggota yang menjadi pembicara diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato yang sudah dipersiapkan beberapa hari/minggu sebelumnya dalam waktu 5-7 menit. Untuk pidato dadakan, pembicara memiliki waktu 1-2 menit untuk memberi jawaban/ tanggapan atas pertanyaan/pernyataan yang diberikan oleh pemandu pidato dadakan. Dan selama sesi penilaian umum akan disampaikan laporan 2-3 menit oleh penilai individu atas pembicara pidato yang dipersiapkan; serta akan disampaikan laporan dari pemerhati tata bahasa, penghitung bunyi tanpa makna, dan penilai umum.

Namun pada pertemuan kali ini ada sesi khusus yaitu Sesi Pendidikan. Dan pembicara pertama dari sesi pendidikan ini adalah pembicara spesial yaitu Samoati Siringoringo, DTM, CPS (DTM Attie). Beliau membawakan sesi pendidikan dengan judul “Bedah Pidato Lomba” dan membahas dengan memberikan contoh naskah pidato yang dibuat oleh TM Indri, yang menjadi pemenang pertama dalam lomba pidato yang dipersiapkan yang diadakan tanggal 27 Februari 2016.

Setelah sesi pendidikan dari DTM Attie selesai baru kemudian masuk ke sesi pidato yang dipersiapkan. Ada 2 orang pembicara pidato yang dipersiapkan, yaitu TM Iin dan TM Lesmana.

TM Iin sebagai pembicara pertama memulai pidato dengan judul “Satu Happy Meal per bulan” untuk Buku Panduan Lanjut Persuasif #3 (Proposal), ia dinilai oleh TM Aji. TM Iin berperan sebagai pihak sekolah yang sedang menginformasikan kepada orang tua murid mengenai perbaikan yang perlu dilakukan terhadap fasilitas di sekolah. TM Iin memberikan penjelasan bahwa perbaikan yang dilakukan adalah untuk kepentingan anak-anak dan selain itu memberikan pendekatan bahwa biaya yang harus dikeluarkan orang tua nilainya hanyalah setara dengan satu happy meal.

Sedangkan TM Lesmana membawa pidato dengan judul “Sang Penebang” untuk Buku Panduan Lanjut #3 (Dari Buku Bercerita) dan dinilai oleh TM Hariadi. TM Lesmana menceritakan kisah tentang seorang penebang yang mengalami masalah dan kemudian memakai cerita tersebut sebagai analogi bahwa sama seperti seorang penebang yang harus mengasah kapaknya, kitapun harus mengasah otak kita salah satunya dengan cara membaca buku.

Pembicara Sesi Pendidikan yang kedua adalah TM Indri yang membawakan materi dari The Leadership Club Series dengan judul “Pemegang Peran dan Tanggung Jawabnya.” Pidato ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan Advanced Communicator Silver (ACS).

Sesi selanjutnya yaitu Sesi Pidato Dadakan dipandu oleh TM Martie. Sesi ini berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tata bahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja.

Sebelum acara ditutup, diumumkan pembicara favorit yang terpilih pada hari itu. TM Lesmana menjadi pembicara pidato yang dipersiapkan terfavorit. Untuk penilai individu terfavorit yang terpilih adalah TM Hariadi. Sementara itu, TM Hans menjadi pembicara terfavorit untuk kategori pidato dadakan.

IMG-20160328-WA0005

Sesuai dengan tema dan kata acuan hari ini TM Yosephine, ingin mengapresiasi para pembicara pidato yang dipersiapkan, pembicara sesi pendidikan dan pemenang pidato dadakan dengan memberikan buku yang ditulisnya.

IMG-20160326-WA0004

Ketua Jabat, TM Iin memberikan ucapan terima kasih kepada DTM Attie yang telah meluangkan waktu dan berbagi melalui sesi pendidikan di klub JABAT. Para peserta belajar banyak hal dari DTM Attie yang dengan semangat telah memberikan banyak pengetahuan yang bermanfaat.

IMG-20160326-WA0001

Selain itu DTM Attie juga memberikan apresiasi kepada tamu termuda yang masih duduk dibangku SMA yaitu Nadya dengan memberikan pin Toastmaster, yang kemudian diberikan oleh Ketua Jabat, TM Iin.

IMG-20160326-WA0000

Pertemuan ditutup dengan foto bersama yang seru oleh semua peserta. Di tengah libur akhir minggu yang panjang para peserta tetap bersemangat meluangkan waktu untuk belajar bersama. Luar biasa!

IMG-20160326-WA0009

Pengarah acara: Yosephine. Penilai umum: Ade, CC. Pembicara: Iin, CC, ALB; Lesmana, ACS, ALB. Penilai individu: Aji, CC; Hariadi, ACB, ALB. Pemandu pidato dadakan: Martie. Pemerhati tata bahasa: Eni. Pencatat waktu: Hans. Penghitung bunyi tanpa makna: Raya. Penghitung kertas suara: Fazar.

Advertisements

Posted on March 28, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Klo ada video rekaman Bu Attie boleh dong… ?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: