Setengah Antik (JABAT 12 Maret 2016)

IMG-20160312-WA0013Pertemuan JABAT adalah kegiatan rutin mingguan yang biasanya diselenggarakan di Menara Kuningan, Jakarta, yang mengedepankan aspek pendidikan keterampilan bicara di depan umum (public speaking) dan kepemimpinan (leadership). Kali ini pertemuan dihadiri oleh 19 orang peserta (4 orang tamu).

TM Harlina menetapkan tema Pertemuan JABAT kali ini “Setengah Antik” Dengan kata acuan “Taraf”. Tiap pertemuan dibagi menjadi 3 sesi yaitu pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, dan penilaian umum. Dalam pidato yang dipersiapkan, anggota yang menjadi pembicara diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato yang sudah dipersiapkan beberapa hari/minggu sebelumnya dalam waktu 5-7 menit. Untuk pidato dadakan, pembicara memiliki waktu 1-2 menit untuk memberi jawaban/ tanggapan atas pertanyaan/pernyataan yang diberikan oleh pemandu pidato dadakan. Dan selama sesi penilaian umum akan disampaikan laporan 2-3 menit oleh penilai individu atas pembicara pidato yang dipersiapkan; serta akan disampaikan laporan dari pemerhati tata bahasa, penghitung bunyi tanpa makna, dan penilai umum.

Pada pertemuan kali ini terdapat 4 orang pembicara pidato yang dipersiapkan, yaitu TM Sasti, TM Chepi, TM Nila dan TM Aji.

TM Sasti sebagai pembicara pertama memulai pidato dengan judul “Kuat dan Berani” untuk proyek Buku Panduan Dasar #1 (Mencairkan Kekakuan), ia dinilai oleh TM Indri. TM Sasti dengan semangat mendorong agar kita harus kuat dan berani dalam setiap tindakan yang diambil di kehidupan kita.

Sedangkan TM Chepi membawa pidato dengan judul “Demam Jejaring Sosial” untuk Buku Panduan Dasar #7 (Tunjang dengan Penelitian) dan dinilai oleh TM Diana. TM Chepi memberikan informasi yang didukung data-data mengenai pengguna jejaring sosial. Menurutnya jejaring sosial tidak hanya mengubah cara berkomunikasi tapi juga mengubah perilaku sosial.

Selanjutnya TM Nila dengan pidato berjudul ”Nilai Sebuah Tas” untuk Buku Panduan Dasar #7 (Tunjang dengan Penelitian) dinilai oleh TM Diella. TM Nila menyebutkan satu sumber penelitian yang membandingkan 3 jenis investasi selama 35 tahun: pasar modal, emas dan tas ber-merk dari Perancis. Ia juga menambahkan nilai investasi yang ada dalam sebuah tas.

Pembicara terakhir TM Aji dengan pidato berjudul ”Perubahan” menyelesaikan proyek terakhir dari Buku Panduan Dasar #10 (Mengilhami Pendengar) dinilai oleh TM Iin. TM Aji menceritakan perjuangannya melawan ketakutan dalam berbicara didepan publik yang dimulai sejak kecil dan merasakan manfaat dari mengikuti klub Toastmaster dengan terus berusaha menyelesaikan satu demi satu proyek pidato. Selain itu ia juga menceritakan pengalamannya menyelesaikan marathon 42 km setelah melewati perjuangan yang cukup berat. Dengan selesainya pidato dari BPD terakhir ini TM Aji berhak mendapatkan gelar Competent Communicator (CC) dan hari itu TM Aji diberikan penghargaan berupa pin oleh Ketua JABAT, TM Iin.

IMG-20160320-WA0013

Sesi ke-2 yaitu Sesi Pidato Dadakan dipandu oleh TM Harlina. Sesi ini berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tata bahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja.

Kali ini ada sesi khusus yaitu penyambutan anggota-anggota baru JABAT dan pembacaan Janji Toastmaster oleh para anggota baru yaitu TM Haikal dan TM Vania yang dipimpin oleh Ketua JABAT, TM Iin.

Para anggota baru JABAT juga mendapatkan sertifikat keanggotaan sebagai bagian dari Toastmaster International.

IMG-20160320-WA0010

Sebelum acara ditutup, diumumkan pembicara favorit yang terpilih pada hari itu. TM Sasti menjadi pembicara pidato yang dipersiapkan terfavorit. Untuk penilai individu terfavorit yang terpilih adalah TM Diella. Sementara itu, tamu kita hari itu Ida Bagus menjadi pembicara terfavorit untuk kategori pidato dadakan. Acara ditutup dengan foto bersama yang juga dibarengi dengan pemberian kue ulang tahun kepada TM Indri. Seru sekali!

IMG-20160320-WA0011

Pengarah acara: Harlina, DTM. Penilai umum: Haikal. Pembicara: Sasti, Chepi, Nila, Aji. Penilai individu: Indri, ACB, CL; Diana, CC, CL; Diella, ACB, ALB; Iin, CC, ALB. Pemandu pidato dadakan: Harlina, DTM. Pemerhati tata bahasa: Martie. Pencatat waktu: Vania. Penghitung bunyi tanpa makna: Raja. Penghitung kertas suara: Dedy.

Advertisements

Posted on March 12, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Ha3…. tema nya lucu “setengah Antik…” 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: