Lomba Pidato Gabungan Klub Jakarta Bahasa dan Excellence Toastmaster (27 Feb 2016)

IMG-20160224-WA0007

Pada hari Sabtu, 27 Februari 2016, diadakan Lomba Pidato dan Pidato Dadakan Tingkat Klub yang diselenggarakan oleh Jakarta Bahasa Toastmasters bersama Excellence ToastmastersClub di Pizza Hut Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Bulan Februari-April adalah salah satu dari 2 musim lomba di kalangan Toastmaster di seluruh dunia. Musim lomba yang satunya diselenggarakan pada bulan September-November. Musim lomba di bulan Februari terbagi dalam dua kategori yaitu pidato yang dipersiapkan dan pidato dadakan, sementara musim lomba di bulan September terbagi dalam kategori pidato humor dan penilaian.

Yang menarik dalam lomba Toastmasters adalah para juri dirahasiakan. Peserta, bahkan panitia dan penonton, tidak mengetahui siapa juri-juri lomba. Satu-satunya orang yang mengetahui siapa anggota dewan juri adalah ketua dewan juri. Ini dimaksudkan untuk menjaga fairness (keadilan) bagi setiap peserta lomba. Para juri biasanya duduk menyebar di antara para penonton.

Acara lomba yang dimulai pada pukul 9 pagi berlangsung lancar dan meriah. Di antara tamu-tamu yang datang tampak Bapak Wardiman Djojonegoro, DTM, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang juga merupakan sponsor klub Jabat ketika Jabat baru berdiri.Beliau adalah salah satu tokoh yang aktif mendukung keberadaan klub-klub Toastmasters di Indonesia.

Tamu-tamu penting di kalangan Toastmaster adalah Direktur Divisi J Distrik 87 Fransisca Purnamasari, ACB, ALB; Kepala Mutu Program Divisi J Samoati Siringoringo, DTM; Direktur Area I1 Ivan Nurhadijaya Rachmat; Direktur Area I2 Kardinal, ACB, CL; Direktur Area J-2 Silvia Novia;  Direktur Area J4 Ikhwan Satria Mudir, dan Harlina Indra, DTM.

Pada lomba kali ini, anggota klub Jabat yang mengikuti lomba pidato yang dipersiapkan ada 3 orang, sementara yang mengikuti lomba pidato dadakan ada 6 orang. Dari klub Excellence ada 3 orang yang mengikuti lomba pidato yang dipersiapkan, dan 5 orang peserta lomba pidato dadakan.

Yang unik dari lomba gabungan ini adalah pemakaian bahasa. Peserta lomba dari klub Jabat menggunakan bahasa Indonesia, sementara peserta lomba dari klub Excellence menggunakan bahasa Inggris.

Acara lomba dimulai dan dibuka oleh ketua panitia yang sekaligus merangkap sebagai pengarah acara dari klub Excellence yaitu TM Eko Prasetyo. TM Eko Prasetyo menyambut kehadiran para peserta, para juri, para DTM, dan para tamu. Ketua Dewan Juri untuk klub Excellence adalah TM Ivan Nurhadijaya Rachmat sedangkan Ketua Dewan Juri untuk klub Jabat adalah TM Kardinal.

Acara lomba gabungan dilakukan dengan urutan:

  1. Lomba Pidato yang Dipersiapkan klub Excellence
  2. Lomba Pidato yang Dipersiapkan klub Jabat
  3. Lomba Pidato Dadakan klub Excellence
  4. Lomba Pidato Dadakan klub Jabat

Peserta Lomba Pidato yang Dipersiapkan dari klub Jabat sesuai urutan tampil adalah:
1. Indri Lesmana dengan judul pidato “Tantangan dan Rintangan”. TM Indri menceritakan kisah yang cukup tragis di mana ia pernah secara mendadak diberhentikan dari pekerjaannya tanpa alasan yang jelas. Namun ia tidak menyerah dan terus berusaha walaupun harus menghadapai berbagai tantangan dan rintangan, hingga akhirnya perjuangan dan kerja kerasnya membuahkan hasil, bahkan ia akhirnya bisa membangun perusahaannya sendiri setelah kejadian tersebut.

2. Indrijati Pudjilestari dengan judul pidato “Reuni”. TM Iin membawakan pidato yang menghibur dengan kisahnya tentang reuni yang dihindarinya karena perasaan minder terhadap teman-temannya yang dilihatnya lebih sukses. Dengan gaya bahasa yang santai namun menarik perhatian, TM Iin menceritakan bagaimana akhirnya seorang teman baiknya mengatakan hal-hal yang membuat ia menyadari bahwa kesuksesan bukan hanya secara materi tapi terlebih penting lagi bagaimana kita di mata keluarga, orang-orang yang kita sayangi dan menyayangi kita.

3. Cephi Saepul Rohman dengan judul pidato “Doa dan Harapan”. TM Chepi menceritakan kisah masa kecil seorang anak yang tumbuh dengan kasih sayang dan doa dari ibundanya. Bagaimana perjuangan anak kecil tersebut yang seiring waktu beranjak dewasa, harus merantau untuk melanjutkan kuliah dan akhirnya bisa bekerja. Ia menutup ceritanya dengan mengatakan bahwa ia adalah anak kecil tersebut, ia bisa seperti saat ini karena doa dan harapan yang selalu dipanjatkan sang ibu.

Peserta Lomba Pidato Dadakan dari klub Jabat sesuai urutan tampil adalah:

  1. Nila Aliefa Fadly
  2. Fazaria Hanum Nasution
  3. Hans Mulyadi Irawan
  4. Martono Ponidjan
  5. Raja Amin Hasibuan
  6. Muhammad Rizqi Wicaksono

Topik untuk lomba pidato dadakan dibuat oleh Ketua Panitia dan dimasukkan ke dalam amplop tertutup. Amplop tersebut baru dibuka oleh Pengrah Acara pada saat akan dibacakan ke peserta pertama. Topik untuk Lomba Pidato Dadakan kali ini adalah “Hidup adalah Milik Pemenang“.

Peserta lomba baik peserta lomba yang dipersiapkan maupun peserta lomba pidato dadakan telah mempersembahkan yang terbaik dan juga telah berani menantang diri mereka sendiri untuk menjadi pembicara yang lebih baik lagi.

IMG-20160227-WA0022 (2)Setelah semua peserta dari kedua klub telah berlomba dan para juri sedang memutuskan siapa pemenang lomba hari itu, ketua panitia dari kedua klub menyerahkan piagam kepesertaan bagi semua peserta lomba dan piagram penghargaan bagi semua anggota panitia yang terlibat.

Di pengujung acara, Ketua Panitia Lomba Klub Jabat TM Aji Wibowo mengumumkan nama-nama pemenang yang diberikan dalam amplop tertutup oleh Ketua Dewan Juri TM Kardinal.

Pemenang Lomba Pidato yang Dipersiapkan dari klub Jabat adalah:
1. Indri Lesmana

2. Indrijati Pudjilestari

Pemenang Lomba Pidato Dadakan dari klub Jabat adalah:
1. Fazaria Hanum Nasution

2. Hans Mulyadi Irawan

3. Martono Ponidjan

Piala diberikan kepada para juara oleh Ketua Dewan Juri didampingi Ketua Panitia dari masing-masing klub.

pemenang pidato yang dipersiapkan 2016-02-27

pemenang pidato dadakan 2016-02-27

Dan acara ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, panitia dan tamu yang hadir yang totalnya kurang lebih berjumlah 40 orang.

IMG-20160227-WA0004

Selamat untuk para peserta dan pemenang lomba yang akan maju ke lomba tingkat area I2 yang rencananya akan diadakan pada tanggal 9 April 2016.

Sampai jumpa lagi di lomba pidato selanjutnya!

Panitia lomba Klub Jabat adalah ketua: Aji; pengarah acara: Yosephine; pencatat waktu: Fatih, Maria (Excellence TMC); Seksi umum: Wiwin, Radit (JTC); penghitung nilai juri: Pande (SCBD TMC), Awiny (Mandarin TMC)

Advertisements

Posted on March 2, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Selamat ya untuk para juara, bagi yang belum berhasil coba lagi….coba lagi …!!!!

    Liked by 1 person

  2. Terima kasih Pak Dedy, kapan Pak Dedy ikut lomba? 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: