Toastmasters Leadership Institute (TLI) Round 2 District 87 (13 Feb 2016)

IMG-20160206-WA0009Pada hari Sabtu tanggal 13 Februari 2016 lalu diselenggarakan Toastmasters Leadership Institute (TLI) ke2 untuk Divisi I dan J Distrik 87. Acara diadakan di Aula Gedung F, lantai 6, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta.

Toastmasters Leadership Institute (TLI) adalah salah satu program pelatihan yang diadakan secara berkala oleh distrik untuk para pengurus klub Toastmasters yang berada di bawah distrik yang bersangkutan.

Pelatihan ini bertujuan untuk:

  • Pengurus klub memiliki kesempatan untuk membahas permasalah-permasalahan yang mereka hadapi di dalam klub mereka.
  • Pengurus Distrik memiliki kesempatan untuk menindaklanjuti performance challenge yang mereka berikan pada pengurus klub.
  • Pengurus klub memiliki kesempatan untuk bertemu dengan pengurus klub lain dan berbagi tips bagaimana meningkatkan kinerja klub mereka.

Sesi TLI kali ini dibagi menjadi 6 sesi yaitu:

  • Sesi 1: Dibawakan oleh Ivy Lau Ee Nee, DTM (Program Quality Director Distrik 87) yang membahas apa yang dicapai klub selama 6 bulan terakhir. Beliau membuka pidatonya dengan satu kutipan yang menginspirasi “Without a goal you can’t score.” Kutipan dan pidato yang dibawakan mengingatkan setiap pengurus klub untuk memiliki tujuan yang ingin dicapai bagi klubnya, sehingga pengurus klub bersama para anggota klub bisa sama-sama mencapai tujuan tersebut.
  • Sesi 2: Steve Kosasih membahas tentang konferensi tahunan Toastmasters Distrik 87 di Jakarta, 20-22 Mei 2016 yang bertemakan “Magical Jakarta”. Pembicara dari Indonesia di konferensi tersebut adalah Handry Satriago (CEO GE Indonesia), Charles Bonar Sirait (public speaker, pendiri CBS School of Communications), Rene Suhardono (public speaker, pengarang). Di konferensi tersebut anggota Toastmasters bisa belajar langsung dari para pembicara yang memiliki latar belakang dan pengalaman yang luar biasa. IMG-20151225-WA0006
  • Sesi 3: Game dan Workshop. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok diberikan tugas untuk membangun sesuatu (kendaraan, rumah, jembatan, dll.) dari peralatan-peralatan seadanya yang disediakan (kertas, double tape, beberapa kartu, dsb.). Setelah itu setiap kelompok bisa memberikan pertanyaan/tantangan terhadap kelompok lain untuk melihat kemampuan dan kerjasama tim. Sesi ini ditutup dengan membahas apa tantangan di klub masing-masing dan solusinya.
  • Sesi 4: Johan Amilin, DTM (TLI Chair Distrik 87) membahas game dan workshop yang telah dilakukan. Amilin juga membagikan sudut pandang bahwa Toastmasters bukan sekadar tempat untuk belajar berbicara dan kepemimpinan, namun juga tempat berbagi ilmu, memberikan dukungan dan percaya terhadap kemampuan terbaik dari seseorang, dengan menjadi mentor dan pengurus/anggota Toastmasters yang dapat diandalkan. Ia meminta beberapa peserta memilih satu orang yang dianggap sangat membantu dalam perjalanannya di Toastmasters. Lineola Lesmana, DTM, memilih Bpk. Wardiman Djojonegoro, DTM (Mantan Menteri Pendidikan Nasional RI) yang juga adalah sponsor klub Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT). 20160213_112257
  • Sesi 5: Ivy Lau Ee Nee, DTM menutup materi dengan membahas moment of truth. Moment of Truth adalah momen-momen penting di mana setiap klub akan meninggalkan kesan baik bagi para tamu yang datang maupun anggota dari klub itu sendiri dan sangat penting untuk bisa meninggalkan pengalaman yang positif dan berkesan. Para pengurus klub duduk bersama mengevaluasi kinerja klubnya dan memikirkan cara bagaimana untuk lebih baik ke depannya.
  • Sesi 6: Pembagian piagam Star Award kepada 11 klub. Piagam Star Award adalah piagam yang diberikan pada klub yang telah mencapai kategori Distinguished Clubs sampai dengan 31 Januari 2016 (3 dari pencapaian di jalur pendidikan dan 2 dari pencapaian yang lain.) Jakarta Bahasa Toastmasters termasuk salah satu klub yang mencapai penghargaan ini. piagam Star Award_hires

Demikian acara TLI ke-2 yang diselenggarakan di awal tahun 2016 ini. Acara ditutup dengan foto bersama semua peserta dari 40-an klub yang kurang lebih berjumlah 180 orang dan juga foto bersama para pengurus klub JABAT yang hari itu kompak memakai baju putih. Salam Kompak! 😉

20160213_114113Dari kiri ke kanan : Aji Wibowo (Kabid Humas); Dedy Herdian (Kabid Pendidikan); Indri Lesmana, ACB, CL (Kabid Keanggotaan); Fazaria H. Nasution (Bendahara); Yosephine P. Tyas (Sekretaris); Indrijati P. (Iin), CC,CL (Ketua Klub); Chepi Saepul Rohman (Seksi Logistik).

Daftar Pustaka: Training Club Leaders Manual.pdf

Advertisements

Posted on February 13, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Selamat kepada Jakarta Bahasa Toastmasters mendapat piagam Star Award sebagai klub yang telah mencapai kategori Distinguished Clubs….. 🙂

    Liked by 1 person

  2. Semoga Pengurus JABAT akan terus jadi tim kerja yang baik, solid dan saling mendukung untuk kemajuan klub ya Pak!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: