Harapan Kemakmuran dan Kegembiraan (JABAT 6 Februari 2016)

IMG-20160206-WA0004

Pertemuan JABAT adalah kegiatan rutin mingguan yang biasanya diselenggarakan di Menara Kuningan, Jakarta, yang mengedepankan aspek pendidikan keterampilan bicara di depan umum (public speaking) dan kepemimpinan (leadership). Kali ini pertemuan dihadiri oleh 18 orang peserta, dengan nuansa merah meriah.

TM Nila sebagai Pengarah Acara pertemuan JABAT menetapkan tema Pertemuan JABAT kali ini “Harapan Kemakmuran dan Kegembiraan” Dengan kata acuan “Angpau”. Tema dan kata acuan kali ini ditetapkan menjelang perayaan Tahun Baru China atau yang lebih dikenal dengan ‘Perayaan Imlek’ yang jatuh pada tanggal 8 Februari 2016. Tiap pertemuan dibagi menjadi 3 sesi yaitu pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, dan penilaian umum. Dalam pidato yang dipersiapkan, anggota yang menjadi pembicara diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato yang sudah dipersiapkan beberapa hari/minggu sebelumnya dalam waktu 5-7 menit. Sementara itu, untuk pidato dadakan, anggota yang mengajukan diri untuk menjadi pembicara memiliki waktu 1-2 menit untuk memberi jawaban/ tanggapan atas pertanyaan/pernyataan yang diberikan oleh pemandu pidato dadakan. Dan selama sesi penilaian umum akan disampaikan laporan 2-3 menit oleh penilai individu atas pembicara pidato yang dipersiapkan; serta akan disampaikan laporan dari pemerhati tata bahasa, penghitung bunyi tanpa makna, dan penilai umum.

Penilai umum kita kali ini adalah TM Diella, ia sangat bersemangat dan memotivasi pertemuan sehingga pertemuan bisa dimulai tepat waktu. Penilai umum akan memberikan penilaian secara komprehensif terhadap pertemuan yang berlangsung dari awal hingga akhir.

Untuk pidato yang dipersiapkan terdapat 3 orang pembicara, yaitu TM Fatih, TM Martie, dan TM Fauzan.

TM Fatih sebagai pembicara pertama memulai pidato dengan judul “Menerima Perubahan” untuk proyek Buku Panduan Dasar #1 (Mencairkan Kekakuan), ia dinilai oleh TM Hariadi. TM Fatih menceritakan latar belakang keluarganya yang membuat ia menjadi ‘kutu buku’ dan menjadi seseorang yang agak pemalu, namun pada saat kuliah dan bekerja ia mulai memberanikan diri mengikut berbagai kegiatan yang membuat dirinya mau berubah dan menjadi sosok yang lebih baik. Ia menutup pidatonya dengan pertanyaan “Maukah kita menerima perubahan-perubahan yang ada?”

Sedangkan TM Martie membawa pidato dengan judul “Hidupmu Tidak Sempurna? Jalani Saja” untuk Buku Panduan Dasar #2 (Menyusun Naskah Pidato) dan dinilai oleh TM Harlina. TM Martie menceritakan bahwa saat ini ia melihat kecenderungan terutama di anak-anak muda yang merasa tidak berhasil atau menganggap diri dan kehidupan mereka tidak sempurna karena mereka membandingkan dirinya dengan orang yang berhasil dalam usia muda seperti pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. TM Martie memberikan 3 langkah yang bisa dilakukan agar setiap orang bisa lebih bisa menerima kehidupan mereka apa adanya namun tetap menjalani dengan sebaik-baiknya.

Pembicara terakhir TM Fauzan dengan pidato berjudul ”Usaha Berbasis Teknologi di Indonesia” untuk Buku Panduan Dasar #8 (Menggunakan Alat Bantu Visual) dinilai oleh TM Iin. TM Fauzan telah mempersiapkan pidatonya dengan menggunakan alat bantu proyektor dengan tampilan yang sangat menarik sehingga ia bisa memberikan contoh-contoh usaha yang berbasis teknologi yang berhasil, serta bisa menginformasikan berbagai data pendukung mengapa saat ini penting bagi usaha-usaha untuk mulai menggunakan teknologi untuk mendukung usaha mereka.

Sesi ke-2 yaitu Sesi Pidato Dadakan dipandu oleh TM Yosephine, dan spesial dalam pertemuan kali ini semua perserta pidato dadakan diberikan angpau! Sesi ini berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tata bahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja. Para peserta pidato dadakan menjawab pertanyaan yang diajukan dengan sangat baik dan menginspirasi. Salah satunya saat TM Harlina mengatakan bahwa kebahagiaan yang ia rasakan adalah saat ia bisa belajar dan membagikan apa yang telah ia pelajari untuk orang lain. Super sekali!

Kali ini ada juga sesi khusus yaitu penyambutan anggota baru JABAT yaitu TM Fatih dan pembacaan Janji Toastmaster yang dipimpin oleh Ketua JABAT, TM Iin. Anggota baru JABAT juga mendapatkan sertifikat keanggotaan sebagai bagian dari Toastmaster International.

Sebelum acara ditutup oleh TM Dedy, diumumkan pembicara favorit yang terpilih pada hari itu. TM Fauzan menjadi pembicara pidato yang dipersiapkan terfavorit. Untuk penilai individu terfavorit yang terpilih adalah TM Hariadi. Sementara itu, TM Ade dan TM Wicak mendapat hasil seri dan menjadi pembicara terfavorit untuk kategori pidato dadakan.

IMG-20160209-WA0001

Pengarah acara: Nila. Penilai umum: Diella, ACB, ALB. Pembicara: Fatih, Martie, Fauzan. Penilai individu: Hariadi, ACB, ALB; Harlina, DTM; Iin, CC, ALB. Pemandu pidato dadakan: Yosephine. Pemerhati tata bahasa: Wiwin. Pencatat waktu: Raya. Penghitung bunyi tanpa makna: Hans. Penghitung kertas suara: Wicak.

Advertisements

Posted on February 9, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 13 Comments.

  1. Sayang Sang Penilai Umum yang sangat bersemangat dan memotivasi pertemuan itu, gambarnya kepotong……
    Maaf ya mb Diella ……

    Like

  2. wahhh seruuuuuuu:):). kata acuan “angpau” jadi motivasi dan besemangat. he,,he,,,he,,,

    Liked by 1 person

  3. Judulnya mantaft. Semoga Jabat Dan kita lebih baik.

    Liked by 1 person

  4. Sungguh meriah, bergairah, dan berfaedah

    Liked by 1 person

  5. Merah merah semua. Kayak amplop angpau…:)) Semoga rame terus *thumb*

    Liked by 1 person

  6. Iyah betul biar meriah merah semua! Terima kasih, yuk datang biar tambah rame terus 🙂

    Like

  7. Luar biasa TM Ade selalu menyabet gelar .. Luar biasa… Rindu tertawa di hari sabtu pagi. .. Luar biasa! Lanjutkan..

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: