PERTEMUAN KLUB JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS 30 JANUARI 2016

PERTEMUAN RUTIN JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS 30 JANUARI 2016

“Semakin banyak tekanan yang kita terima, entah itu dalam bentuk cobaan hidup, musibah, atau bencana, akan membuat kita lebih kuat, lebih tangguh, dan menjadi manusia yang berharga layaknya intan.”

IMG-20160130-WA0004

Kata-kata yang menggugah tersebut diutarakan oleh TM Indri dalam pidato yang dibawakan hari itu di Pertemuan JABAT. Pertemuan JABAT kali ini diadakan spesial di Restoran Rempah Iting yang berlokasi di Jl. Sunda No. 7 Thamrin, Jakarta Pusat. Pertemuan JABAT adalah kegiatan rutin mingguan yang biasanya diselenggarakan di Menara Kuningan, Jakarta, yang mengedepankan aspek pendidikan keterampilan bicara di depan umum (public speaking) dan kepemimpinan (leadership).

Kali ini pertemuan ramai dihadiri oleh 21 orang peserta, di mana tamu berjumlah hingga 8 orang. TM Aji kali ini bertugas sebagai Pengarah Acara, ia menetapkan tema Pertemuan JABAT kali ini “Kedaulatan Pangan” dengan kata acuan “Non-Beras”. Tiap pertemuan dibagi menjadi 3 sesi yaitu pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, dan penilaian umum. Dalam pidato yang dipersiapkan, anggota yang menjadi pembicara diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato yang sudah dipersiapkan beberapa hari/minggu sebelumnya dalam waktu 5-7 menit. Sementara itu, untuk pidato dadakan, anggota yang mengajukan diri untuk menjadi pembicara memiliki waktu 1-2 menit untuk memberi jawaban/ tanggapan atas pertanyaan/pernyataan yang diberikan oleh pemandu pidato dadakan. Dan selama sesi penilaian umum akan disampaikan laporan 2-3 menit oleh penilai individu atas pembicara pidato yang dipersiapkan; serta akan disampaikan laporan dari pemerhati tata bahasa, penghitung bunyi tanpa makna, dan penilai umum.

Pada pertemuan kali ini terdapat 3 orang pembicara pidato yang dipersiapkan, yaitu TM Raja, TM Indri, dan TM Iin.

TM Raja sebagai pembicara pertama memulai pidato dengan judul “Tondi” untuk proyek Buku Panduan Dasar #3 (Langsung ke Inti Masalah), TM Raja dinilai oleh TM Diella. TM Raja menceritakan bahwa dalam adat batak ada istilah Tondi yang berarti jiwa yang bisa menguat, melemah bahkan pergi dari tubuh kita. Untuk itu biasanya dilakukan upacara upa-upa agar tondi/jiwa menjadi kuat.

Sedangkan TM Indri membawa pidato dengan judul “Intan” untuk Buku Panduan Lanjut #5 (Pidato oleh Manajemen: Menyampaikan berita buruk) dan dinilai oleh DTM Harlina. TM Indri menganalogikan proses terbentuknya Intan dengan kemampuan seseorang dalam menghadapi tekanan dan tantangan yang ada dalam hidup. Analogi ini disampaikan terkait dengan keputusan Perusahaan yang harus diambil dikarenakan krisis ekonomi yang terjadi, sehingga diharapkan para karyawan dapat merespon secara positif.

Pembicara terakhir TM Iin dengan pidato berjudul ”60 Detik yang Menyelamatkan” untuk Buku Panduan Lanjut Informatif Proyek #3 (Pidato Peragaan) dinilai oleh TM Hariadi. TM Iin menginformasikan bahwa mencuci tangan begitu penting sampai-sampai Center for Disease Control & Prevention menyebutnya sebagai “vaksinasi yang bisa kita lakukan sendiri”. Agar bisa membunuh kuman secara efektif, cuci tangan harus menggunakan air yang mengalir dan sabun selama 45-60 detik.

Sesi ke-2 yaitu Sesi Pidato Dadakan dipandu oleh TM Dedy, sesi ini berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tata bahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja.

IMG-20160201-WA0002Kali ini ada sesi khusus yaitu penyambutan anggota-anggota baru JABAT dan pembacaan Janji Toastmaster oleh para anggota baru yaitu TM Sasti, TM Riza, TM Raya, dan TM Wicak yang dipimpin oleh Ketua JABAT, TM Iin.

Para anggota baru JABAT juga mendapatkan sertifikat keanggotaan sebagai bagian dari Toastmaster International.

Sebelum acara ditutup oleh TM Chepi, diumumkan pembicara favorit yang terpilih pada hari itu. TM Raja menjadi pembicara pidato yang dipersiapkan terfavorit. Untuk penilai individu terfavorit yang terpilih adalah TM Hariadi. Sementara itu, TM Ade yang adalah mantan Kabid Pendidikan di JABAT yang saat itu datang sebagai tamu berhasil menjadi pembicara terfavorit untuk kategori pidato dadakan. Ia sempat berbagi dengan TM Dedy bahwa dirinya didaulat untuk menjadi Pembawa Acara untuk Acara BRI se-Papua dan ia mengatakan bahwa pengalamannya di JABAT sangat membantunya.

IMG-20160130-WA0003Pengarah acara: TM Aji; penilai umum: TM Iin; pembicara: TM Raja, TM Indri, TM Iin; penilai individu: TM Diella, DTM Harlina, TM Hariadi; pemandu pidato dadakan: TM Dedy; pemerhati tata bahasa: TM Chepi; pencatat waktu: TM Riza; penghitung bunyi tanpa makna: TM Wicak; penghitung kertas suara: TM Raya.

Advertisements

Posted on February 1, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 17 Comments.

  1. Serunyaaa acara Jabat 🙂

    Liked by 1 person

  2. Jabat emang keren ! Disarankan banet untuk siapa saja yang mau mengembangkan diri di bidang komunikasi dan kepemimpinan 😊

    Liked by 1 person

  3. Bagus, mungkin judulnya bisa divariasikan dengan tetap membutuhkan Jabat dan tm. Mungkin pakai sub judul?

    Liked by 1 person

  4. wah luar biasa jabaters makin keren nih. Maju terus 👍👍👍👍😘

    Liked by 1 person

  5. Senang sekali bisa ke acara Jabat, acaranya tepat waktu, para pengambil peran dan yang berpidato mempersiapkan diri, suasananya juga akrab dan meriah. Semoga bisa datang terus

    Liked by 1 person

  6. Yang datang keren-keren…. 🙂

    Like

  7. Kapan-kapan kalau ada penggalan video atau video ketika Jabat ulang tahun boleh juga dipasang. Sukses terus ya. Diella

    Liked by 1 person

  8. He3….. blog jabat jadi rame 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: