PERTEMUAN RUTIN JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS 16 JANUARI 2016

20160116_114628

“Pemimpin dinilai tidak hanya dari kinerja pribadinya, melainkan juga dari kinerja orang-orang yang dipimpinnya.”

Kalimat yang menggugah tersebut dilontarkan oleh Ketua Klub Jabat saat ini yaitu TM Iin dalam pidato pendidikannya dalam pertemuan Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT) pada tanggal 16 Januari 2016.

Pertemuan JABAT adalah kegiatan rutin mingguan yang diselenggarakan di Menara Kuningan, Jakarta, yang mengedepankan aspek pendidikan keterampilan bicara di depan umum (public speaking) dan kepemimpinan (leadership). Meskipun dua hari sebelumnya, yaitu pada tanggal 14 Januari 2016, terjadi peristiwa mengerikan yaitu meledaknya bom di kawasan Sarinah Thamrin yang menewaskan beberapa orang, pertemuan JABAT tetap diselenggarakan karena #KamiTidakTakut, dan syukurlah acara berlangsung aman, lancar, dan penuh kekeluargaan.

Selain anggota, pertemuan kali ini dihadiri oleh 7 orang tamu. Yang menarik adalah ada seorang tamu berkebangsaan Inggris, yaitu Ian Figgins. Beliau ternyata adalah anggota Jakarta Toastmasters Club (JTC) yang ingin melatih kemampuan bahasa Indonesianya agar lebih meningkat.

Seperti biasanya, pertemuan JABAT yang kali ini bertemakan “Poros Maritim Dunia” dibagi menjadi 3 sesi yaitu pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, dan penilaian umum. Namun, khusus pertemuan kali ini terdapat sesi pidato pendidikan. Dalam pidato yang dipersiapkan, anggota yang menjadi pembicara diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato yang sudah dipersiapkan beberapa hari/minggu sebelumnya dalam waktu 5-7 menit. Sementara itu, untuk pidato dadakan, anggota yang mengajukan diri untuk menjadi pembicara memiliki waktu 1-2 menit untuk memberi jawaban/ tanggapan atas pertanyaan/pernyataan yang diberikan oleh pemandu pidato dadakan. Dan selama sesi penilaian umum akan disampaikan laporan 2-3 menit oleh penilai individu atas pembicara pidato yang dipersiapkan; serta akan disampaikan laporan dari pemerhati tata bahasa, penghitung bunyi tanpa makna, dan penilai umum. Khusus sesi pendidikan, pidato kali ini disampaikan selama 12-14 menit.

Pada pertemuan 16 Januari 2016 terdapat 1 orang pembicara pidato yang dipersiapkan, yaitu TM Dony. Bankir muda yang sedang menantikan anak pertamanya ini menyampaikan pidatonya yang berjudul “Aktifitas Pengendalian” dari Buku Panduan Dasar #4 (Ucapkan dengan Benar). Dalam pidatonya, TM Dony menjelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari ada aktifitas aktif dan aktifitas pasif yang kita lakukan. Dan setiap aktifitas tersebut jika dilakukan dengan berlebihan maka hasilnya tidak akan baik bahkan bisa menimbulkan masalah. Sehingga sangat penting bagi kita untuk melakukan pengendalian terhadap aktifitas-aktifitas tersebut agar kehidupan yang kita jalani bisa berjalan dengan baik serta bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Pidato pendidikan yang disampaikan oleh TM Iin merupakan pidato yang disampaikan untuk memenuhi syarat pencapaian level ALB (Advanced Leader Bronze). Level ALB ini hanya bisa diambil jika pembicara sudah menyelesaikan buku panduan dasar komunikasi dan buku panduan dasar kepemimpinan dan menjadi salah seorang pengurus klub. Dalam pidatonya yang materinya diambil dari Leadership Excellence Series dan berjudul “Mendelegasikan untuk Memberdayakan”, di awal TM Iin menanyakan, “Apa jadinya sebuah organisasi jika tidak ada Pengurus?” Dengan pertanyaan itu ia kemudian menjelaskan arti dan pentingnya delegasi, karena sebuah organisasi/perusahaan tidak bisa diurus hanya oleh satu orang. TM Iin juga memaparkan hal-hal apa saja yang membuat seseorang tidak melakukan delegasi dengan baik dan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam proses delegasi. Sebagai Ketua Klub JABAT, TM Iin memberikan contoh bagaimana ia mendelegasikan tugas pada Kabid Pendidikan (TM Dedy) dan pengurus lainnya. Dengan delegasi yang baik maka akan ada banyak manfaat yang bisa dirasakan baik bagi orang yang melakukan maupun bagi orang lain yang ada didalam organisasi/perusahaan tersebut.

Sesi ke-2 yaitu Sesi Pidato Dadakan dipandu oleh TM Nila, sesi ini berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tata bahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk pidato dadakan kali ini cukup menantang dan membuat para peserta berpikir keras saat menjawab, beberapa pertanyaan yang diajukan adalah:

  • Apakah anda setuju Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan mengapa?
  • Mana yang Anda pilih Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia atau sebagai Lumbung Makanan Dunia?
  • Kalau anda seorang pengusaha, strategi apa yang anda lakukan untuk ikut mensukseskan program Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia?

Sebelum acara ditutup oleh TM Indri yang mewakili pengurus, diumumkan pembicara favorit. Berhubung, pembicara pidato yang dipersiapkan hanya satu orang, maka TM Dony didapuk sebagai pembicara pidato yang dipersiapkan terfavorit. Sayangnya penilai individu terfavorit tidak ada karena TM Indri sebagai satu-satunya penilai individu tidak memenuhi batas waktu yang ditetapkan. Sementara itu, TM Fauzan berhasil menjadi pembicara terfavorit untuk kategori pidato dadakan. Dan acara diakhiri dengan sesi foto bersama yang menampilkan keceriaan peserta yang datang pada hari itu.

20160116_112818

Pengarah acara: TM Dedy; penilai umum: TM Fauzan; pembicara: TM Dony, TM Iin; penilai individu: TM Indri; pemandu pidato dadakan: TM Nila; pemerhati tata bahasa: TM Yosephine; pencatat waktu: TM Martie; penghitung bunyi tanpa makna: TM Raja; penghitung kertas suara: Wahyu.

Advertisements

Posted on January 18, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: