PERTEMUAN KLUB JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS 12 DESEMBER 2015

IMG-20151213-WA0003-1

Pada Sabtu, 12 Desember 2015 kembali digelar pertemuan rutin Klub Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT), di Ruang Sumatera Lantai F2 Menara Kuningan (Seberang Kedutaan Besar Australia), Jakarta Pusat, 10.00 – 12.00 WIB.

Tema pertemuan hari itu adalah “Tempo Doeloe”, dengan kata acuan “Lawas”. Tema ini dipilih oleh Fauzan sebagai Pembawa Acara lantaran anak muda ini memerhatikan banyak hal lawas yang tidak terkikis oleh zaman.

Cephi yang menjadi Penilai Umum bertugas untuk menilai semua aspek dalam pertemuan tsb, dari awal sampai akhir. Sementara Pembicara yang tampil hanya dua orang yaitu Fazar dan Phipien.

***
Pembicara pertama Fazar membahas Buku Panduan Dasar ke-2 (BPD#2) – Menyusun Naskah Pidato, berjudul Antara Cinta dan Tanaman dengan Penilai Individunya Iin.

Gadis pencinta tanaman ini menceritakan tentang ulah pengunjung kebun bunga Amaryllis di daerah Pathuk, Gunung Kidul Yogyakarta yang rusak terinjak-injak demi mendapatkan angle selfie terbaik untuk diposting di media sosial.

Sebelum meenyelesaikan pidatonya, gadis marga Nasution ini berpesan agar kita belajar mencintai ciptaan Tuhan dengan cara menanam pohon, artinya kita telah memberi bekal kepada generasi penerus untuk mencintai alam dan lingkungan sekitar.

Selanjutnya sebagai Pembicara kedua, Phipien yang membahas BPD#3 – Langsung ke Inti Masalah, dengan judul Berpindah Haluan dan Penilai Individunya adalah Iin Pudjilestari.

Phipien yang bernama lengkap Yosephine Tyas ini membuka pidatonya dengan mengatakan bahwa banyak orang melakukan pekerjaan yang tidak mereka sukai selama bertahun-tahun padahal banyak kesempatan, seperti yang tertulis di dalam buku “The 10 Laws of Career Reinvention”.

Ada beberapa proses yang harus dilewati oleh Gadis penulis buku dan pemilik blog Welcome Dreams ini yang berlatar belakang Pendidikan dan Pekerja Teknologi Informasi (TI) berpindah haluan menjadi Konsultan Keuangan, antara lain menemukan impian, melakukan persiapan dan mengambil keputusan.

Diakhir pidatonya Gadis yang berpredikat sebagai Certified Financial Planner dan Debt Consultant ini mengatakan bahwa mengubah haluan dalam karir memang tidak mudah, karena itu berjuanglah untuk mengejar mimpi kita, karena hidup cuma satu kali.

***
Sesi selanjutnya adalah Sesi Pidato Dadakan yang dipandu oleh Martie, sesi ini berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tatabahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja.

Sementara Raja sebagai Pemerhati Tata Bahasa mencatat pembicara yang menggunakan bahasa asing, bahasa daerah, kalimat yang rancu/ambigu, kata percakapan tak baku seperti‘nggak’, ‘cuma’, ‘aja’, ‘oke’, dsb, dalam pidato-pidato mereka.
Disamping itu April sebagai “Penghitung Bunyi Tanpa Makna” pun masih menemukan penggunaan kata tanpa makna seperti ‘e’, ‘em’, ‘dong’, ‘deh’, ‘sih’, dan kata dari bahasa asing dan bahasa daerah dari beberapa pembicara.
Sebuah tugas yang tidak bisa diabaikan, diperankan oleh Nila sebagai “Pencatat Waktu”, karena dalam berbagai pertemuan Klub Toastmasters, setiap pidato memiliki waktu yang sudah ditetapkan. Sebagai “Pengumpul Kertas Suara” , Maranatha bertugas mengumpulkan kertas suara serta memberi penjelasan cara menuliskan nama pembicara favorit pada setiap sesi, serta cara memberi komentar/ saran kepada pembicara yang bersangkutan.

***

Demikianlah pertemuan yang berlangsung di Menara Kuningan Sabtu, 12 Desember 2015 yang lalu, terasa sangat menyenangkan. Karena itu bagi yang berminat, ajak teman, keluarga atau pasangan Anda untuk ikut hadir di pertemuan JABAT berikutnya.

Mari kita isi akhir pekan dengan kegiatan yang bermanfaat dan mendidik.

 

Advertisements

Posted on December 16, 2015, in Artikel, Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: