PERTEMUAN KLUB JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS 7 NOVEMBER 2015

IMG-20151107-WA0010

Pada Sabtu, 7 November 2015 kembali digelar pertemuan rutin Klub Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT), di Ruang VIP Lt. F3 Menara Kuningan, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 5, Blok X-7, Jakarta Selatan, 10.00 – 12.00 WIB.

Tema pertemuan hari itu adalah “Bukalah Topengmu” dengan kata acuan “Rentan” , dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti  mudah terkena penyakit atau peka.

Sebagai Pengarah Acara adalah Aji dan Penilai Umumnya Joshua, yang bertugas menilai semua aspek dalam pertemuan tsb, dari awal sampai akhir. Sementara itu Pembicara yang ambil bagian adalah Martie, Iin, dan Indri.

***
Sebagai Pembicara pertama Martie membahas tema pada Buku Panduan Dasar 1 (BPD #1) yaitu “Mencairkan Kekakuan” dengan judul “Cerita Hidup”.
Pria berkacamata ini mengawali pidatonya dengan mengatakan bahwa setiap orang terlahir dengan sebuah nama dan peran. Sebuah nama memegang peranannya masing-masing dalam kehidupan ini.

Pada kesempatan tsb Martie mengungkapkan bahwa peranan yang sedang dijalaninya adalah sebagai seorang Penilai Aset yang membantu mengidentikasi nilai sebuah asset seperti rumah, ruko, bangunan kantor, dll.

Mengakhiri pidatonya hari itu, Martie mengutip kalimat indah “Hari kemarin adalah sejarah, hari esok misteri, dan hari ini adalah anugerah”.

Pembicara berikutnya adalah Iin yang membahas tema pada Buku Panduan Lanjutan (BPL) yaitu “Pidato Persuasif”,  Proyek #2 tentang “Teknik Penjualan Cold Call” dengan judul “Menjual Produk Mahal”.

Sosok “Ibu” Jabat ini menjelaskan tentang Cold Call sebagai upaya pemasaran terhadap orang yang belum dikenal. Sementara sebuah produk disebut mahal jika pembelian memberi dampak finansial yang signifikan bagi pembelinya.

Menjual produk mahal pada prinsipnya sama dengan produk murah, perbedaannya hanya pada waktu. Pembeli memerlukan waktu lebih lama untuk memutuskan suatu produk dibutuhkannya atau tidak.

Iin menambahkan bahwa agar penjualan berhasil, wiraniaga harus mengutamakan kebutuhan pembeli, membangun hubungan jangka panjang, menjadi sumber informasi, dan memiliki integritas.

Sebagai Pembicara terakhir Indri membahas tema pada BPL “Pidato dari Pihak Manajemen” yaitu Proyek #1 dengam judul “Penyelenggaraan Lomba Pidato”

Indri menempatkan dirinya sebagai seorang Ketua Kontes Pidato Humor dan Evaluasi Jabat 2015, yang akan melakukan briefing dan  membahas tentang penyelenggaraan acara sesuai dgn aturan yg berlaku di Toastmasters. Memberitahu dan menerangkan tugas para pengambil peran, agar pada saat lomba semuanya mengetahui tugas masing-masing.

***
Sesi selanjutnya adalah Sesi Pidato Dadakan yang dipandu oleh Cephi, Sesi ini berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tatabahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja.
Sementara Hans sebagai Pemerhati Tata Bahasa mencatat pembicara yang menggunakan bahasa asing, bahasa daerah, kalimat yang rancu/ambigu, kata percakapan tak baku seperti‘nggak’, ‘cuma’, ‘aja’, ‘oke’, dsb, dalam pidato-pidato mereka.
Selanjutnya Irwan sebagai “Penghitung Bunyi Tanpa Makna” pun masih menemukan penggunaan kata tanpa makna seperti ‘e’, ‘em’, ‘dong’, ‘deh’, ‘sih’, dan kata dari bahasa asing dan bahasa daerah dari beberapa pembicara.
Sebuah peran yang cukup penting dilakukan oleh Piphien sebagai Pencatat Waktu, karena dalam pertemuan-pertemuan Klub Toastmaster, setiap pidato memiliki waktu yang sudah ditetapkan. Sementara Cecep sebagai Pengumpul Kertas Suara bertugas mengumpulkan kertas suara serta memberi penjelasan cara menuliskan nama pembicara favorit pada setiap sesi serta cara memberi komentar/ saran kepada pembicara yang bersangkutan.
***
Demikianlah pertemuan yang berlangsung di Menara Kuningan Sabtu, 7 November 2015 yang lalu, terasa hangat dan penuh kekeluargaan. Karena itu bagi yang berminat, ajak teman, keluarga atau pasangan Anda untuk ikut hadir di pertemuan JABAT berikutnya.

Mari kita isi akhir pekan dengan kegiatan yang bermanfaat dan mendidik.

Advertisements

Posted on November 10, 2015, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: