PERTEMUAN RUTIN JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS 24 OKTOBER 2015

Para Juara

Para Juara

Pada Sabtu, 24 Oktober 2015 kembali berlangsung pertemuan rutin Jakarta Bahasa Toastmasters Klub (JABAT), di Ruang VIP Lt. F3 Menara Kuningan, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 5, Blok X-7, Jakarta Selatan, dari pukul 10.00 – 12.00 WIB.

Tema pertemuan adalah “Persaudaraan”, dengan kata acuan “Lekat”.

Kali ini yang bertugas sebagai Pengarah Acara adalah Indri sedangkan Penilai Umumnya Aji yang bertugas menilai semua aspek dalam pertemuan tsb, dari awal sampai akhir pertemuan.

Pembicara yang tampil yaitu Fauzan dan Harlina.

***

Sebagai Pembicara pertama, Fauzan mengambil tema dari Buku Panduan Dasar 4 atau BPD#4, tentang “Ucapkan dengan Benar” berjudul “Berfikir Positif”.

Pemuda dengan latar belakang Teknologi Informasi (TI) ini, bercerita tentang kekuatan dan makna berfikiran positif yang intinya mengatakan bahwa kita semua menjadi apa yang kita pikirkan, karena pikiran kitalah yang memberikan energy pada semua sistem di tubuh kita.

Sementara itu Hariadi sebagai penilai Fauzan, mengatakan bahwa pidato tersebut singkat, jelas dan mudah dipahami, namun demikian akan lebih menarik lagi jika Fauzan bias menyisipkan pengalaman pribadi di dalamnya.

Selanjutnya Harlina sebagai pembicara berikutnya mengambil tema dari Buku Panduan Lanjutan atau BPL, tentang “Pidato Khusus”, proyek “Membaca dengan Lantang”, berjudul “Hang Tuah”.

Harly begitu sapaan akrab beliau, bercerita tentang seorang kesatria Melayu yang dikenal sebagai Laksamana terhebat yaitu Hang Tuah bersama empat orang sahabatnya Hang Jebat, Hang Kesturi, Hang Lekir dan Hang Lekiu.

Sosok mereka sangat ditakuti oleh para perompak di seantero Selat Malaka. Hikayat tsb diangkat dari sebuah Cerita Rakyat Nusantara yang dikisahkan kembali oleh Harly dengan cara yang luar biasa, wanita hebat ini ternyata sangat piawai dalam bercerita, sehingga membuat penonton terbuai, bahkan Johan sebagai penilai Harly juga sependapat, bahwa cara Harly berpidato sangat baik dan penuh penghayatan.

***

Sesi selanjutnya adalah Sesi Pidato Dadakan yang berguna untuk melatih kemampuan kita dalam member respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tatabahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja.

Sesi yang dipandu oleh Wiwin ini mampu mengajak hampir semua tamu untuk ikut terlibat dan berperan dalam menjawab 10 pertanyaan dan pernyataan yang sangat menarik darinya.

Sementara Dedy sebagai Pemerhati Tata Bahasa mencatat bahwa cukup banyak pembicara yang masih menggunakan bahasa asing, bahasa daerah, kalimat yang rancu/ambigu, kata percakapan tak baku seperti‘nggak’, ‘cuma’, ‘aja’, ‘oke’, dsb, dalam pidato-pidato mereka.

Harus diingat, kalau bukan kita yang menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Siapa lagi ?

Sejalan dengan Nila yang bertugas sebagai “Penghitung Bunyi Tanpa Makna”, Nila masih menemukan penggunaan kata tanpa makna seperti ‘e’, ‘em’, ‘dong’, ‘deh’, ‘sih’, dan kata dari bahasa asing dan bahasa daerah dari beberapa pembicara.

Yang tidak bisa dilupakan juga adalah peran Martie sebagai Petugas Pencatat Waktu, karena dalam pertemuan-pertemuan Klub Toastmaster, setiap pidato memiliki waktu yang sudah ditetapkan, demikian juga dengan Pipin sebagai Pengumpul Kertas Suara yang bertugas mengumpulkan kertas suara serta memberi penjelasan cara menuliskan nama pembicara favorit pada setiap sesi serta cara memberi komentar/ saran kepada pembicara yang bersangkutan.

***

Kehadiran tamu yang cukup banyak menjadi suatu kebahagian tersendiri bagi anggota Jabat hari itu, apalagi juga dihadiri oleh dua orang petinggi Toastmasters, seperti Fransiska Purnamasari (Direktur Area J Distrik 87) dan Samoati Siringgoringo (Asisten Direktur Area J Bidang Program Kualitas).

IMG-20151024-WA0012

Advertisements

Posted on October 30, 2015, in Artikel, Event and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: