PERTEMUAN RUTIN JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS 17 OKTOBER 2015

IMG-20151018-WA0007

Pada Sabtu, 17 Oktober 2015 berlangsung pertemuan rutin Jakarta Bahasa Toastmasters Klub (JABAT), di Ruang VIP Lt. F3 Menara Kuningan, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 5, Blok X-7, Jakarta Selatan (seberang Kedutaan Besar Australia), dari Pukul 10.00-12.00 WIB.

Tema pertemuan adalah “Hijrah Menuju Kebaikan”, dengan kata acuan “Eksodus”.

Tentu saja pemilihan tema tsb sehubungan dengan Tahun Baru Islam, 1 Muharram yang jatuh pada 14 Oktober 2015. Sementara itu yang bertugas sebagai Pengarah Acara adalah Harly.

Pengarah Acara kali ini, dibantu oleh Penilai Umum Bopha yang bertugas menilai semua aspek dalam pertemuan tsb, dari awal sampai akhir pertemuan.

Pembicara yang tampil yaitu Dedy, Indri dan Iin.

***

Sebagai Pembicara pertama, Dedy mengambil tema dari Buku Panduan Dasar 4 atau BPD#4, tentang “Ucapkan dengan Benar” berjudul “Kenangan Masa Kecil”.

Baoak dari dua orang anak ini menceritakan tentang kenangan masa kecilnya ketika setiap pagi berangkat ke sekolah, berjalan, berlari bahkan berlompatan di pematang sawah dan parit-parit kecil, memandangi sawah yang menghijau dan merasakan amisnya aroma lumpur.

Sementara itu Aji sebagai penilai pidato di atas, menyukai pembukaan dan penutupan pidato Dedy diantaranya adalah “Masa kecil adalah masa yang paling indah, masa – masa yang tidak akan penah ulang lagi”, dan “Saya rindu dengan sawah, saya rindu dengan bau lumpur, dan saya rindu dengan Ibu, mahkluk ciptaan Tuhan yang sangat sempurna buat saya”.

Pembicara berikutnya adalah Indri yang mengambil tema dari Buku Panduan Lanjutan atau BPL, tentang “Public Relation” yang berjudul “Pelajaran Mahal”. Gadis berkult putih ini bertindak sebagai Humas di sebuah perusahaan yang ditimpa prahara, karena kecelakaan kerja mengakibatkan dua orang pekerja tewas. Indril ditugaskan untuk memberikan penjelasan kepada pekerja yang lain sekaligus menjawab pertanyaa para wartawan dari berbagai media cetak maupun elektronik.

Kali ini yang bertidak sebagai evaluator adalah Hariadi, yang menyatakan bahwa Indri telah berhasil melaksanakan tugas sebagai Humas di perusahaannya, mencarikan jalan penyelesaian terbaik dan berhasil menjaga citra serta reputasi perusahaan.

Sebagai pembicara penutup, Iin mengambil tema BPL tentang “Pidato Persuasif”, Proyek#1 “Wiraniaga yang Efektif”, berjudul “Menjual dengan Persuasif”. Kali ini Sang Ibu Presiden Jabat berakting sebagai seorang Wiraniaga yang profesional ketika menawarkan sebuah barang kepada pengunjung, sehingga membuat orang tertarik bahkan membeli barang tersebut.

Sementara Ade sebagai Penilai pidato terakhir ini, mengatakan bahwa Iin telah mampu melakukan pendekatan yang baik kepada pelanggan, sekaligus peduli terhadap kebutuhan mereka. Namun satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu memberikan informasi harga barang yang ditawarkan.

***

Sesi selanjutnya adalah Sesi Pidato Dadakan yang berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tata bahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja.

Sesi ini dibawakan dengan sangat baik oleh Hariadi yang memandu acara dengan format yang sedikit berbeda dari yang biasa, namun sangat menarik. Hariadi sekaligus menampilkan dua peserta, keduanya harus menjawab satu pernyataan darinya, sedangkan jawaban yang satu pro dan yang lainya kontra.

Sementara Johan sebagai Pemerhati Tata Bahasa mengingatkan kita bahwa masih banyak yang perlu ditingkatkan dalam ber-Bahasa Indonesia yang baik dan benar, seperti struktur kalimat, kalimat yang rancu/ambigu, kata percakapan tak baku (misalnya ‘nggak’, ‘cuma’, ‘aja’, ‘oke’, dsb), kata dari bahasa asing dan kata dari bahasa daerah.

Sedangkan Bopha sebagai Penghitung bunyi tanpa makna juga masih mencatat penggunaan kata tanpa makna seperti ‘e’, ‘em’, ‘dong’, ‘deh’, ‘sih’, dan kata dari bahasa asing dan bahasa daerah dari beberapa pembicara.

Sesi selanjutnya adalah Sesi Berbagi sebagai acara spesial yang hanya ada di Jabat, disampaikan oleh Thomas dengan judul “Kepemimpinan yang Efektif”. Pria enerjik ini bercerita tentang pengalamannya pertama kali datang ke Toasmasters khususnya Jabat, hingga dirinya mempunyai kemampuan yang baik dalam berkomunikasi.
***

Sebelum rapat ditutup, Iin sebagai Pemimpin tertinggi di Jabat mengumumkan bahwa dari 10 poin yang ditargetkan setiap klub di Toastmasters untuk mencapai Distinguished Club Program (DCP), saat ini Jabat sudah mendapatkan tiga poin yaitu dari: 1) Prestasi anggota Jabat atas nama Indri yang berhasil memperoleh predikat Compotent Leader (CL); 2) Penambahan empat orang Anggota baru Jabat; 3) Perpanjangan keanggotaan dan Laporan Pengurus baru yang tepat waktu.

Sementara itu anggota Jabat atas nama Indri juga telah mencapai predikat Advanced Communicator Bronze (ACB) yang belum sempat dilaporkan juga mendapatkan satu poin lagi, dan jika satu anggota lagi dapat menyelesaikan 10 proyek (baru 8 proyek yang dilakukan) akan mendapat satu poin lagi. Sehingga total memperoleh 5 dari 10 poin yang ditargetkan, dengan demikian Jabat sudah mendapat penghargaan sebagai Distinguished Club Award (DCA).

***

Acara Rapat dihadiri oleh beberapa orang tamu bahkan ada yang dari luar Jakarta, juga hadir diantaranya anggota lama yang ingin kembali berkiprah di Jabat.

IMG-20151018-WA0015

Penyematan Pin kepada Indri yang meraih gelar ACB (Advanced Communicator Bronze)

IMG-20151018-WA0014

Ade sebagai Penilai Individu Terfavorit dan Pipin sebagai Pembicara Pidato Dadakan Terfavorit

Advertisements

Posted on October 19, 2015, in Event, Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Wah semakin seru saja nih pertemuan Jabat 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: