PERTEMUAN RUTIN JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS 10 OKTOBER 2015

IMG-20151010-WA0006

Pada Sabtu, 10 Oktober 2015 berlangsung pertemuan rutin Jakarta Bahasa Toastmasters Klub (JABAT), di Ruang VIP Lt. F3 Menara Kuningan, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 5, Blok X-7, Jakarta Selatan (seberang Kedutaan Besar Australia), dari Pukul 10.00-12.00 WIB.

Tema pertemuan adalah “Angkatan Bersenjata, Sang Pembela Negara”, dengan kata acuan “Pejuang”.

Pemilihan tema tsb sehubungan dengan ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada 5 Oktober 2015. Oleh sebab itu Pengarah Acara Eni, sebagai seorang anak Veteran dengan percaya diri memakai kaos berwarna hijau loreng ala Prajurit TNI.

Pengarah Acara Eni, dibantu oleh Penilai Umum Iin yang bertugas menilai semua aspek dalam pertemuan hari itu, dari awal sampai akhir pertemuan.

Pembicara yang tampil yaitu Thomas, Fauzan dan Ucok.

***

Sebagai Pembicara pertama Thomas, mengambil tema dari Buku Panduan Dasar atau BPD#2, tentang “Menyusun Naskah Pidato” dengan “E-commerce”.

Pria berpenampilan rapi ini memperkenalkan e-commerce sebagai perdagangan secara elektronik, komponen pembeli yg mendukungnya, aturan main, serta perkembangan e-commerce di Indonesia.

Sementara itu Ade sebagai penilai pidato Thomas memuji kemampuan pria ini dalam menyampaikan pidatonya, meskipun masih diperbolehkan menggunakan catatan, namun hal itu tidak dilakukan oleh Thomas.

Pembicara berikutnya adalah Fauzan yang mengambil tema dari BPD #3, tentang “Langsung ke Tujuan”, berjudul “Benda Antik”.

Pada kesempatan tsb anak muda ini becerita tentang benda kesayangannya Vespa produksi 1965 yang diberi nama “Si Imut”. Benda antik ini telah menemaninya sejak kuliah hingga saat ini, dengan berbagai kenangan yang telah dilalui bersama.

Menurut Fauzan terdapat tiga keuntungan memiliki kendaraan seperti Vespa ini yaitu solidaritas, hemat, dan awet. Sebagai penutup Fauzan mengatakan bahwa benda antik tak selamanya terlihat murahan atau kurang gaya, semakin lama umur benda tersebut maka semakin tinggi nilainya.

Indri sebagai penilai pidato Fauzan merasa sangat senang dan terhibur, karena anak muda ini bisa membuat para penonton bahagia dan tertawa ceria.

Sebagai pembicara terakhir Abdul Manap Pulungan mengambil tema BPD #6, tentang “Teknik Vokal”, berjudul “Perjuangan Haru Biru”. Kali ini Sang Peneliti muda ini bercerita tentang perjuangan seorang Ibu hingga menjual barang yang paling berharga miliknya yaitu mahar pernikahan untk membiayai sekolah anak-anaknya.

Sementara Harlina sebagai Penilai pidato Pulungan mengatakan bahwa anak muda ini sudah mampu menjadi Evaluator untuk pembicara-pembicara yang akan datang di Toastmasters.

**

Sesi selanjutnya adalah Sesi Pidato Dadakan yang berguna untuk melatih kemampuan kita dalam memberi respon secara cepat, tepat, dan dalam kalimat yang struktur dan tata bahasanya baik dan benar untuk situasi-situasi, misalnya jika atasan meminta pendapat kita tentang satu hal, atau jika kita diminta memberi pendapat dalam suatu forum, atau dalam wawancara kerja.

Sesi ini dipandu oleh Ucok yang banyak menanyakan tentang hal-hal yang berhubungan dengan perjuangan sesuai dengan kata acuan hari itu.

Sementara Cephi sebagai Pemerhati Tata Bahasa mengingatkan kita bahwa masih banyak yang perlu ditingkatkan dalam ber-Bahasa Indonesia yg baik dan benar, seperti struktur kalimat, kalimat yang rancu/ambigu, kata percakapan tak baku (misalnya ‘nggak’, ‘cuma’, ‘aja’, ‘oke’, dsb), kata dari bahasa asing dan kata dari bahasa daerah.

Sedangkan Bopha sebagai Penghitung bunyi tanpa makna mengingatkan pembicara agar mengurangi penggunaan kata tanpa makna seperti ‘e’, ‘em’, ‘dong’, ‘deh’, ‘sih’, dan kata dari bahasa asing dan bahasa daerah.

***

Acara Rapat dihadiri juga oleh beberapa orang tamu, yang sebagian besar sangat tertarik dengan cara dan sistem belajar berpidato di JABAT apalagi dilakukan dalam suasana yang menyenangkan dan penuh persahabatan.

Terfavorit

Terfavorit

Advertisements

Posted on October 12, 2015, in Event, Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: