BENDA KENANGAN

Ning-6281514676262Pidato berikut ini pernah dibawakan oleh TM. Safrudiningsih yang akrab disapa dengan nama Ning, dalam Acara Lomba Gabungan antara Klub Jakarta Bahasa Toastmasters (Jabat) dan Excellence Toastmasters Club yaitu “Lomba Pidato Humor dan Evaluasi”.

Acara diselenggarakan pada 22 Agustus 2015 yang lalu, di Restoran Rempah Iting, Jl. Sunda No. 7, Jakarta Pusat (belakang The Harvest atau samping Sarinah Thamrin).

 

Mari kita simak pidato dari Ning :

Apakah rekan-rekan punya benda kenangan?

Apa benda kenangan rekan-rekan ?

Beda orang, pasti akan beda pula jawaban yang muncul.

Apa arti sebuah benda kenangan bagi Rekan-rekan ?

Pasti juga banyak jawaban yang muncul, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), benda kenangan adalah benda yang mengingatkan kita pada peristiwa tertentu.

Benda kenangan saya adalah kain panjang (dalam bahasa Jawa namanya jarik ). Kain panjang ini usianya kurang lebih sudah 35 tahun. Warna kain panjang ini sudah sedikit memudar dan juga dibeberapa bagian dari kain ini robek dan berlubang. Tapi kain ini tetap menarik bagi saya untuk dikenang dan diceritakan. Banyak cerita dan kenangan yang terpatri di kain ini, baik suka maupun duka. Ada tiga kenangan manis yang akan saya ceritakan tentang kain panjang ini, yaitu :

Pertama, ketika masa kecil, kain panjang ini mengingatkan saya akan permainan pahlawan bertopeng atau bersayap dan pedangnya. Dengan memakai kain panjang ini saya seakan bisa terbang, khayalan-khayalan menjadi superhero atau supermen, selain itu dengan kain ini pula saya ingat permainan ibu-ibuan yang memakai kain panjang dalam memerankannya.

Kedua, kain panjang digunakan untuk menutup ketika melahirkan. Banyak orang tua bilang dengan memakai kain panjang ibu, ketika kita melahirkan akan membuat proses tersebut menjadi lebih lancar, dengan kata lain kain panjang ini juga mengingatkan kita akan pengorbanan dan perjuangan seorang ibu. Tenyata cerita atau mitos ini tidak hanya hisapan jempol, saya melahirkan ketiga anak saya dengan tutup kain panjang ibu, semua proses ini berjalan lancar. Selain itu beberapa cerita kain panjangpun turun ke anak saya, ketika mereka sakit, entah sugesti atau faktor kebetulan badan mereka yang tadinya panas tinggi, dengan diselimuti kain panjang menjadi turun panas badannya.

Ketiga, kain panjang juga dapat menjadi pengobat rindu, ketika saya rindu obat inilah yang menjadi pengobat rindu. Karena saya tidak akan bisa bertemu dengan mereka yang telah meninggal.

Nilai setiap benda kenangan memang hidup di benak dan hati masing-masing, barang yang bagi orang lain tampak tak memiliki makna, di mata yang lain mungkin bisa membangkitkan banyak memori. Maka hargailah benda kenangan, apapun bentuknya.

Oleh : Safrudiningsih

Posted on September 18, 2015, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

