PERTEMUAN KHUSUS JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS

IMG-20150630-WA0008

Rapat Jakarta Bahasa Toasmasters (JABAT) edisi spesial ini dimaksudkan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-8 JABAT yang jatuh pada 30 Juni 2015. Rapat diselenggarakan pada Sabtu, 4 Juli 2015 pukul 10.00 s/d 12.00 WIB di Restoran Rempah Iting, Jalan Sunda No. 7, Jakarta Pusat (samping Sarinah).

Tema rapat JABAT kali ini adalah “Sewindu Jakarta Bahasa Toastmasters” dengan kata acuan “Terobosan”. Para pembicara biasanya akan menggunakan kata acuan ini sebanyak-banyaknya.

Pengarah Acara Rapat adalah Michael Gautama, sedangkan Penilai Umum Ade Herawan, sementara untuk sesi berbagi dipandu oleh Jessica Felicia.

Acara rapat kali ini juga dihadiri oleh sesepuh JABAT Bapak Wardiman Djojonegoro (mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI).

***

Pada hari yang istimewa itu terdapat dua Pembicara dari pidato yang dipersiapkan, yaitu Toastmasters Hans Mulyadi dan Toastmasters Diella Dachlan .

Toastmasters Hans Mulyadi membawakan pidato ke-2 dari Buku Panduan Dasar (BPD) “Menyusun Naskah Pidato” yaitu “Warna Warni dalam Secangkir Teh”. Dalam pidatonya Toastmasters Hans mengangkat kisah dan legenda tetang minuman teh yang mudah ditemukan di berbagai restoran di Indonesia.

Teh berasal dari Cina, tersebutlah kisah seorang kaisar bernama Shen Nong yang senang meminum air yang dimasak, namun tiba-tiba jatuh sehelai daun Cammelia kedalam minumannya. Air tersebut berubah warnanya menjadi kecoklatan dan Sang Kaisar menyukai rasa dan aromanya. Mulai saat itu teh menjadi minuman kesukaan Kaisar.

Karena perkembangan jaman, teh sudah dikemas dalam botol, namun Toastmasters Hans mengingatkan, agar kita berhati-hati karena kadar gulanya cukup tinggi.

Teh berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah gangguan jantung, menyegarkan dan merileksasi tubuh, serta mempunyai antioksidan yang membantu mengurangi resiko kanker, melawan radikal bebas, dan memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet.

“Proses pembuatan seperti fermentasi, oksidasi, pengeringan dan pelayuan, musim dan kadar hujan masing- masing memberikan keunikan rasa tersendiri, yang tidak kalah dengan anggur,” Toastmasters Hans mengakhiri pidatonya.

Pembicara berikutnya adalah Toastmasters Diella Dachlan, yang membawakan pidato ke-5 dari Buku Panduan Lanjutan (BPL) “Berbicara Untuk Memberi Informasi”. Tema proyek pidato ke-5 ini adalah Konsep Abstrak, dimana pembicara harus membawakan konsep dan teori yang harus disederhanakan dengan menggunakan anekdot, ilustrasi dan contoh.

Dalam pidato “Mengubah Budaya”, Toastmasters Diella meminta peserta untuk menyebutkan : “Apakah barang-barang seperti kain tenun dan senjata termasuk budaya? “. Lalu kemudian bertanya apakah : “Membuang sampah sembarangan dan terlambat termasuk dalam budaya?”

Diella memberikan definisi budaya menurut Fran Boas, ahli antropologi kelahiran Jerman serta tentang 8 aspek yang mempengaruhi terbentuknya budaya, yaitu agama, politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, perkakas, bangunan dan karya seni. Budaya yang secara sederhana adalah kebiasaan, tradisi, gagasan dan karya juga diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Dalam pidatonya Diella juga memberikan ilustrasi dari contoh perilaku yang kurang baik. Mengubah budaya bisa dimulai dari mengubah perilaku dan melakukannya, dimulai dari diri sendiri, lingkungan terdekat dan bahkan di lingkungan Toastmasters. Yaitu dengan cara memulai dan mengakhiri pertemuan tepat waktu serta memastikan tempat pertemuan bersih dari sampah, bersama kita bisa menciptakan budaya baru.

Meriahnya acara membuat Pak Wardiman secara spontan mengatakan “Selamat kepada Panitia HUT, bagus acaranya”, sedangkan di grup Whatsapps JABAT, Teuku Ipon menyampaikan ucapan “Selamat ya, acaranya menarik”. Sedangkan Indri Lesmana memberikan komentar “Rame banget acaranya salut sama panitia semua. Great Job…!!!”. Sementara Diella Dahlan memberikan dukungannya dengan ucapan : “Selamat ya Panitia, Teman2 teruslah berkarya dan pertahankan standar (kalau perlu naikkan). Selamat ulang tahun JABAT”.

Dalam kesempatan itu Bapak Wardiman juga menyampaikan undangan “open house” Idul Fitri di kediaman beliau seperti di bawah ini :

IMG-20150704-WA0004

Advertisements

Posted on July 15, 2015, in Artikel, Event and tagged , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Selamat ulang tahun Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT).
    Sukses selalu….. 🙂

    Like

  2. Kerennn
    Panitianya keren2
    😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: