PERTEMUAN RUTIN JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS

photo

Jakarta Bahasa Toastmasters atau biasa disingkat JABAT, komunitas yang fokus pada pengembangan keterampilan berbicara di depan umum dan kepemimpinan, kembali mengadakan pertemuan rutin mingguan. Berlangsung di Puri Sawo Manila Residence, Jakarta Selatan pada tanggal 20 Juni 2015, pertemuan tersebut mengambil tema “Kembali Suci”. Sedangkan kata acuan yang digunakan adalah “Bersih”. Kata acuan merupakan kata kunci yang digunakan dalam setiap pertemuan JABAT. Selama berlangsungnya acara setiap anggota dan tamu yang hadir disarankan untuk menggunakan kata acuan yang telah ditetapkan sebanyak-banyaknya. Tentunya kata acuan yang digunakan berhubungan dengan tema yang telah ditentukan. Oleh karena itu, dalam setiap pertemuan JABAT tema dan kata acuan yang digunakan selalu berubah. Hal ini dilakukan agar setiap pertemuan dapat berjalan dengan dinamis.

Pada sesi pidato yang dipersiapkan Yohanes Yudha membawakan pidato “Perubahan Paradigma” dari Buku Panduan Dasar (Proyek 6-Teknik Vokal). Lajang berkacamata ini menceritakan pengalamannya saat pertama kali merantau ke Jakarta. Dia yang awalnya memandang Jakarta sebagai neraka, kini mulai dapat mengubah paradigmanya. Dia justru memandang Jakarta sebagai tempat penggemblengan dirinya agar menjadi manusia yang lebih baik dan lebih tangguh. Itulah mengapa dirinya kini dapat menikmati hidup di Jakarta.

Selain itu, ada yang berbeda dari pertemuan minggu ini dibanding pertemuan-pertemuan rutin lainnya. Yaitu adanya simulasi lomba evaluasi. Ada 3 peserta, terdiri dari Ade Herawan, Indrijati Pudjilestari, dan Indri Lesmana. Mereka bertiga memberikan evaluasi terhadap pidato Yohanes Yudha. Sistem yang digunakan pun sama seperti layaknya lomba evaluasi yang akan diadakan JABAT pada bulan Agustus nanti.

Sesi terakhir dari pertemuan rutin ini berupa panggung kehormatan. Di sini diberikan piala secara simbolis kepada pemenang tiap kategori. Pada sesi pidato yang dipersiapkan Yohanes Yudha terpilih sebagai pembicara terfavorit sedangkan pidato dadakan dan penilai individu terfavorit dimenangkan oleh Indri Lesmana.

Advertisements

Posted on June 21, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: