PERTEMUAN RUTIN JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS

photo

Menurut saya bagus sekali ada klub seperti ini. Banyak hal yang bisa saya pelajari, berbicara di depan umum misalnya. Klub ini merupakan wadah yang tepat bagi kita untuk belajar berbicara di depan umum”

(Vanda Rosdiani)

Secara keseluruhan acaranya bagus. Hari ini saya dapat banyak sekali perspektif baru. Misalnya, bagaimana cara menjual diri, saya juga lebih tahu tentang teknik berpidato”

(Irene Insan)

Setiap hari Sabtu pukul 10.00-12.00 WIB Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT) senantiasa rutin mengadakan pertemuan mingguan di Menara Kuningan, Jakarta Selatan, namun pertemuan kali ini berlangsung di Restoran Rempah Iting, Jakarta Pusat. Tema yang diambil “Sukses Mulia” dengan kata acuan “Inspirasi”. Setiap orang pasti ingin meraih kesuksesan. Dan seseorang dapat dikatakan sukses mulia apabila bisa memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitarnya.

Pertemuan yang diadakan di restoran membuat anggota dan tamu yang hadir menjadi lebih rileks. Karena disamping mengikuti jalannya acara, mereka bisa sambil menikmati makanan dan minuman yang tersedia.

Pada kesempatan pertama sesi pidato yang dipersiapkan, Ade Herawan menyampaikan proyek Buku Panduan Dasar (Proyek 9-Kemampuan Mempengaruhi) dengan judul “Mimpi Indonesia, Mimpi Kita Bersama”. Setelah hampir 70 tahun merdeka ternyata Indonesia masih belum sepenuhnya merdeka. Indonesia belum merdeka dari kemiskinan,  belum juga merdeka dari kebodohan. Melalui mimpi di bidang pendidikan, energi, dan infrastruktur Ade mengajak audiens untuk mewujudkan mimpi kita bersama. Mimpi Indonesia sebagai negara yang makmur dan jaya.

Selanjutnya Lesmana Nahar membawakan pidato “Belajar Menjual Diri” dari Buku Panduan Lanjutan (Proyek 8-Pidato Khusus menjual Produk). Lesmana menceritakan pengalamannya dalam belajar menjual diri. Dimana dirinya pernah menjadi kepala departemen di perusahaan tempatnya bekerja selama bertahun-tahun, namun tak kunjung naik jabatan sebagai kepala divisi. Setelah dianalisis, ternyata dirinya belum maksimal dalam menjual diri. Menurut Lesmana, kemampuan menjual diri sangat penting bagi kita, salah satunya dalam rangka meningkatkan karir di dunia kerja.

Setelah kedua pembicara selesai berpidato sesi selanjutnya adalah sesi berbagi. Inilah yang membedakan JABAT dengan klub-klub Toastmasters lainnya. Hanya di JABAT terdapat sesi khusus tersebut. Pada sesi berbagi salah satu anggota akan berbagi ilmu tentang kemampuan berbicara di depan umum, kepemimpinan, pengembangan diri atau pendidikan. Pada kesempatan tersebut Lesmana Nahar selaku ketua klub membagikan materi dengan judul “Ethos, Logos, dan Pathos”. Teknik ini diperkenalkan oleh Aristoteles dan dapat digunakan pada pidato mempengaruhi. Ethos adalah kredibilitas. Sebagai pembicara, seseorang harus mempunyai kredibilitas agar dapat mempengaruhi audiensnya. Logos merupakan logika. Teknik logos digunakan untuk mempengaruhi orang yang dominan dengan otak kiri. Misalnya menggunakan logika atau data-data statistik. Sedangkan pathos adalah emosi. Digunakan untuk orang yang dominan otak kanan. Melalui imajinasi terhadap apa yang kita bicarakan. Karena itu, ketiga teknik tersebut sangat penting digunakan oleh seorang pembicara agar dapat mempengaruhi audiensnya.

Sesi terakhir dari pertemuan ini berupa panggung kehormatan. Pemenang terfavorit pidato yang dipersiapkan diraih oleh Ade Herawan, Rohmatul Khasanah sebagai pembicara terfavorit pidato dadakan, dan penilai individu terfavorit diraih oleh Hariadi Suripto.

Dan sudah menjadi tradisi di Toastmasters, pertemuan diakhiri dengan foto bersama oleh anggota dan tamu yang hadir.

Advertisements

Posted on May 10, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: