TIPS TAMBAHAN PRESENTASI TEKNIS

200539032-001

  1. Sedikit Lebih Baik daripada Terlalu Banyak

Batasi pesan utama Anda hingga tiga atau lima. Daripada menyampaikan terlalu rinci dan detail untuk semua data, mulailah dengan ringkasan yang berisi informasi paling penting yang audiens Anda harus ketahui. Lalu dukunglah dengan informasi yang memberikan ilustrasi.

  1. Variasi versus Monoton

Bangkitkan antusiasme dan ketertarikan audiens Anda terhadap informasi yang Anda sampaikan. Sebagian besar presentasi seringkali terlalu umum dan monoton, terlalu banyak ide dengan sub topik yang juga umum. Buatlah agar presentasi Anda berbeda. Variasikan antara menunjukkan dan cerita ilustrasi, pernyataan yang umum dengan contoh/ilustrasi yang rinci atau anekdot dan kalau perlu libatkan audiens Anda dengan pertanyaan untuk mendorong adanya interaksi.

  1. Contoh yang Kuat akan Lebih Berkesan daripada Tumpukan Angka

Angka dan data akan membantu presentasi Anda, tapi yang perlu diingat, jangan berlebihan. Grafik yang sederhana dan jelas misalnya akan lebih hidup jika didukung cerita atau ilustrasi yang dapat membantu informasi ini menjadi lebih “hidup”. Buatlah agar pesan Anda mudah dipahami dan diingat oleh audiens Anda.

  1. Menyederhanakan Istilah

Jika Anda membawakan presentasi teknis, ada risiko yang mungkin terjadi. Jika Anda menggunakan bahasa atau jargon yang terlalu teknis, ada risiko audiens Anda tidak memahami apa yang Anda katakan. Tetapi jika Anda menyampaikan informasi yang telah mereka ketahui, maka kemungkinan besar audiens berpikir bahwa Anda membuang waktu mereka dengan percuma.

Sebisa mungkin gunakan istilah yang mudah dipahami umum. Misalnya, daripada menggunakan istilah “Upper catchment area”, Anda bisa menggunakan kata “Daerah tangkapan air di hulu”.

Jika istilah teknis tidak terhindarkan, maka luangkan waktu untuk menjelaskan definisinya. Tidak perlu baku dengan definisi yang ada di kamus umum, bisa juga menggunakan ilustrasi, gambar atau penjelasan dengan bahasa Anda. Misalnya, jika istilah “sempadan sungai” harus digunakan, maka Anda dapat menjelaskannya sedikit tentang “sempadan sungai adalah daerah di kanan kiri sungai dengan jarak x meter ke kanan dan x meter ke kiri”. Atau tampilkan gambar sungai dan tunjukkan “Inilah yang disebut dengan daerah sempadan sungai”.

  1. Bantu dengan Catatan

Persiapkan catatan yang berisi informasi yang lebih rinci dan panjang, karena biasanya waktu presentasi terbatas. Bagikan catatan kepada audiens Anda sebelum atau setelah presentasi, agar konsentrasi audiens tetap terfokus pada apa yang Anda sampaikan. Kalau perlu, sertakan pula kontak dan email Anda, sehingga jika audiens memiliki pertanyaan yang tidak sempat ditanyakan pada sesi presentasi, mereka tetap dapat menghubungi Anda.

Contoh Ilustrasi Presentasi Teknis

Tujuan :

  • Untuk memperkenalkan Sungai Citarum secara ringkas

  • Agar audiens memahami permasalahan di Citarum

Pesan utama :

Sungai Citarum dan tiga permasalahan utama

Poin-poin :

  • Data dan informasi ringkas mengenai Sungai Citarum

  • Tiga permasalahan utama :
    – Limbah
    – Rusaknya daerah hulu
    – Tata ruang

Dari ilustrasi ini, akan dapat dibuat kerangka yang berisi pembukaan, isi, dan penutup. Sebutkan tujuan Anda di awal presentasi, beri penekanan kembali dalam isi presentasi, dan sebutkan kembali dalam kesimpulan Anda.

Oleh : Diella Dachlan (diolah dari berbagai sumber)

Advertisements

Posted on May 6, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: