PERSIAPAN PRESENTASI TEKNIS

83479293

Lupakan subyek presentasi Anda untuk sesaat. Coba fokuskan khusus pada calon audiens Anda. Siapakah mereka? Pekerjaan apa yang mereka lakukan? Departemen apa yang mereka wakili? Mengapa mereka datang ke presentasi Anda?

Anda dapat membayangkan atau berasumsi beberapa latar belakang audiens yang kemungkinannya akan hadir dalam presentasi Anda. Bayangkan jika audiens tersebut menanyakan hal-hal di bawah ini kepada Anda:

  1. Apa yang ingin Anda katakan kepada saya?

  2. Apakah yang akan Anda katakan itu akan ada kaitannya dengan saya?

  3. Bagaimana informasi tersebut dapat membantu saya?

  4. Apa yang Anda ingin saya lakukan berikutnya dengan memberikan informasi tersebut kepada saya?

Jika Anda mencoba menjawab pertanyaan tersebut dengan sungguh-sungguh, dengan menggunakan kalimat lengkap, maka kemungkinannya Anda akan menemukan jawaban nomor 2 akan berkaitan dengan jawaban untuk pertanyaan nomor 4, yang akan membantu Anda untuk fokus untuk menjawab pertanyaan nomor 1. Hal ini akan membantu Anda untuk membantu Anda untuk mengemas pesan utama presentasi Anda dan mempertajamnya.

Jika Anda dapat menunjukkan bahwa dalam pesan yang akan Anda sampaikan ada kaitannya dengan pekerjaan atau kehidupan audiens Anda, maka kemungkinan besar audiens Anda akan menyimak dan mendengarkan apa yang akan Anda sampaikan. Jika tidak, maka mereka merasa tidak perlu mendengarkan apa yang akan Anda sampaikan.

Waktu adalah hal yang paling berharga bagi orang yang sibuk dan di dunia pekerjaan waktu adalah uang. Analisis audiens Anda dengan cermat untuk membantu Anda memastikan bahwa presentasi Anda akan berisi informasi penting dan Anda akan dapat menyesuaikan dengan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk menyampaikan informasi tersebut. Biasanya presentasi yang efektif dan efisien mengambil waktu sekitar 7-15 menit.

Apa Tujuan Anda?

Apakah hasil yang ingin Anda capai dalam presentasi Anda? Apa yang Anda inginkan agar audiens Anda melakukan atau mengerti, sebagai hasil dari presentasi Anda. Untuk ini, Anda akan memiliki tujuan atau obyektif dari presentasi Anda.

Isi Presentasi

Sebagian besar presentasi Anda ada dalam isi presentasi, dimana Anda akan menjelaskan bukti, data, dan fakta. Sayangnya, di dalam penyusunan isi inilah titik krusialnya yang menentukan apakah audiens Anda akan memahami dan tertarik atas apa yang Anda sampaikan atau malah kebingungan, bosan dan terlalu penuh akan informasi.

Penutup

Sebagaimana pada prinsip pembuatan pesan yang terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup, jangan sepelekan bagian penutup. Penutup yang baik dapat membuat audiens mengingat pesan/informasi yang Anda sampaikan. Rancang penutup presentasi Anda dengan baik.

Oleh : Diella Dachlan (diolah dari berbagai sumber)

Advertisements

Posted on May 5, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: