TIPS MENYAMPAIKAN PRESENTASI TEKNIS

dv1534012

Suatu hari Anda diminta memberikan presentasi yang sarat dengan informasi teknis, penuh data statistik dan istilah-istilah teknis. Audiens yang akan datang untuk mendengarkan presentasi Anda adalah dari departemen-departemen lain yang kemungkinan besar belum paham tentang program yang akan dijalankan oleh departemen Anda.

Sekarang pertanyaannya, informasi seperti apakah yang harus Anda sampaikan? Apakah audiens Anda akan memahami topik yang akan Anda bawakan?

Presentasi seperti ini biasanya terjadi pada orang-orang yang bekerja di bidang teknis, seperti di bidang pemerintahan, wirausaha ataupun ilmuwan. Misalnya insinyur memberikan presentasi pada kelompok manajer untuk sebuah proyek. Ilmuwan melaporkan hasil data risetnya kepada publik, seorang manajer pemasaran memberikan presentasi untuk hasil tes produknya dan staf departemen di sebuah kementerian memberikan presentasi mengenai program yang akan dijalankan kepada staf-staf departemen dari kementerian lain.

Meskipun demikian, memberikan presentasi teknis tidaklah terbatas pada ruang lingkup profesi tertentu. Karena itu, setiap profesi akan membutuhkan pelatihan untuk hal semacam ini. Misalnya, seorang koki harus mempresentasikan atau mengajarkan teknik pembuatan sebuah masakan kepada ibu-ibu rumah tangga. Fotografer mengajarkan teknik pencahayaan dalam pengambilan gambar kepada pemula fotografi. Hal ini juga mungkin terjadi pada profesi-profesi di luar yang disebutkan tadi.

97217723

Terlalu Teknis Tidak Efektif

Seringkali presentasi teknis menjadi tidak efektif karena pada akhirnya pesan yang disampaikan tidak dapat dipahami oleh pendengarnya. Mengapa hal ini terjadi? Seringkali hal ini terjadi karena presenter lupa atau tidak mau menginvestasi waktu dan energinya untuk persiapan. Penyebab lain presentasi teknis tidak efektif adalah karena presenter menggunakan istilah-istilah teknis yang kemungkinan tidak dapat dipahami audiensnya yang berasal dari latar belakang berbeda.

Presentasi teknis sebenarnya sama halnya dengan pidato lainnya. Hal ini membutuhkan perencanaan yang cermat, lalu proses selangkah demi selangkah untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Topik yang akan Anda bawakan dalam presentasi teknis biasanya tergantung dari profesi Anda. Topik tersebut sebaiknya memang merupakan hal yang Anda kuasai dengan baik. Sehingga hal ini menunjang kredibilitas Anda sebagai pembicara dari topik tersebut.

Presentasi teknis dalam penjabarannya biasanya meliputi penjabaran mengenai permasalahan, langkah-langkah solusi atau prosedur yang sedang dikembangkan. Presentasi ini bisa merupakan menyajikan informasi data saja atau mengikutsertakan rekomendasi dan solusi. Karena itu, presentasi ini harus menyajikan informasi yang akan menarik para profesional di bidangnya, memberikan kontribusi untuk pengetahuan teknis atau dapat diaplikasikan dalam pekerjaan mereka. Jika audiensnya beragam atau bukan dari latar belakang bidang yang sama, buatlah presentasi Anda relevan bagi mereka. Bisa dengan ilustrasi atau cerita yang dapat membuat mereka terhubung dengan informasi dalam presentasi ini. Contoh lain dengan menghubungkan dengan berita terbaru yang relevan atau kehidupan sehari-hari.

Informasi lebih lanjut, bisa melihat artikel “Persiapan Presentasi Teknis” dan “Tips Tambahan Presentasi Teknis”

Oleh : Diella Dachlan (diolah dari berbagai sumber)

Advertisements

Posted on May 4, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: