JABAT BORONG 4 GELAR DI KONTES AREA I-2 TOASTMASTERS INTERNASIONAL

IMG-20150313-WA0010

Luar biasa!!! Sebuah kalimat yang menggambarkan keberhasilan yang baru saja diraih oleh Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT) di Kontes Area I-2 Toastmasters Internasional. Dalam kontes tersebut JABAT berhasil melakukan sapu bersih 4 piala yang tersedia. Kemenangan JABAT dipersembahkan oleh Hariadi Suripto (Juara I Lomba Pidato yang Dipersiapkan), Ade Herawan (Juara I Lomba Pidato Dadakan), dan Indri Lesmana (Juara II Lomba Pidato yang Dipersiapkan dan Lomba Pidato Dadakan).

Peserta kontes ini merupakan Juara I dan II seleksi kontes di masing-masing klub. Dapat dikatakan bahwa peserta kontes area ini merupakan terbaik di antara yang baik. Dalam kontes area ini JABAT melawan Hakkindah Toastmasters. Perwakilan dari Hakkindah Toastmasters berhasil meraih Juara III Lomba Pidato yang Dipersiapkan dan Lomba Pidato Dadakan melalui Utami Setianingsih. Berlangsung di Menara World Trade Center, Jakarta Selatan, pada 12 Maret 2015, acara ini berlangsung dengan meriah.

Dibuka oleh Richie Jimmy Walia selaku ketua panitia pada pukul 18.30 WIB, acara ini juga dihadiri oleh pengurus Toastmasters. Antara lain Michael Nicholson (Gubernur Divisi I Distrik 87), Lie Cheulie (Gubernur Area I-2), Thomas Alfiandes (Gubernur Area I-3), Eko Prasetyo (Gubernur Area I-4), serta Ikuyo Saputro Sato (Gubernur Area J-2).

Kontes diawali dengan Lomba Pidato Dadakan. Pada sesi ini, keempat peserta mendapatkan pertanyaan yang sama. Ketika peserta pertama berpidato, ketiga peserta lainnya menunggu di luar ruangan. Pertanyaan yang diajukan kepada peserta, “Ceritakan tentang kehidupan kamu!”.

Kemudian dilanjutkan oleh Lomba Pidato yang Dipersiapkan. Sama halnya dengan Lomba Pidato Dadakan, terdapat 4 orang peserta dalam sesi ini. Pertama, Indri Lesmana yang menyampaikan pidato dengan judul “Sahabat”. Pekerja di bidang pemasaran ini menginspirasi audiens lewat pengalamannya yang mampu melewati salah satu momen berat dalam hidupnya. Dimana pada bulan Agustus 2013 Indri mengalami sebuah kecelakaan yang mengakibatkan dirinya tak mampu berjalan selama 2 bulan. Berkat kepedulian dari sahabat-sahabatnya, dia mampu melewati itu semua hingga bisa berjalan kembali seperti saat ini. Mulai dari menampung di rumah, mengajak jalan-jalan, menyemangati, hingga mengantarnya ke fisioterapi. Menurutnya, terkadang kita kurang menghargai keberadaan orang-orang di sekitar kita. Tapi, melalui sebuah peristiwa Tuhan telah mengingatkan kita arti penting kehadiran sahabat.

Kedua, pidato “Kisah Sedih Sang Penyendiri” oleh lelaki yang sangat teliti bernama Hariadi Suripto. Bercerita salah satu pengalaman pribadi Hariadi. Tentang rasa rendah diri yang dimilikinya. Sejak kuliah dia sering menyendiri dan diejek oleh teman-temannya karena cacat mata serta warna kulitnya berbeda dengan orang Indonesia pada umumnya. Hingga suatu hari, saat dirinya menempuh pendidikan pasca sarjana, Hariadi tidak lulus salah satu matakuliah seorang diri di kelas. Saat itu dia merasa sedih dan terpuruk. Beberapa temannya kemudian memberikan perhatian, salah satunya mengatakan, “Meskipun kita sedang susah, jangan pernah menyendiri”. Dari peristiwa tersebut dirinya mulai menyadari, meskipun kita memiliki kekurangan akan banyak orang yang peduli jika kita mau berbaur dengan lingkungan sekitar.

Ketiga, persembahan Mahmuri yang berbagi pengalaman kepada audiens melalui pidato berjudul “Melestarikan Lingkungan”. Menurutnya, lingkungan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Lingkungan yang sejuk akan membuat kita nyaman untuk tinggal. Mahmuri menceritakan salah satu pengalamannya saat berada di kampung halaman tepatnya di Tegal, Jawa Tengah. Lingkungan tempat tinggalnya berada di daerah perbukitan. Suatu hari, salah seorang tetangganya akan menebang pohon yang telah berusia 10 tahun. Saat itu dirinya sudah mengingatkan agar pohon tersebut jangan ditebang, khawatir dapat menimbulkan longsor. Namun saran tersebut diacuhkan oleh tetangganya. Hingga suatu malam, terjadilah bencana longsor, hingga anak dan istri tetangganya tersebut meninggal dunia. Dari kejadian tersebut Mahmuri mengajak kita agar selalu menjaga kelestarian lingkungan demi terwujudnya keseimbangan alam.

Keempat, Utami Setianingsih yang membawakan pidato “Terang Kehidupan”. Wanita ramah ini berbagi cerita ketika dirinya divonis penyakit kanker. Dokter menyarankan dirinya untuk melakukan pembedahan dan kemoterapi. Awal mula mengetahui berita tersebut dirinya sangat terkejut. Saat itu ia merasa seolah-olah langit akan runtuh. Utami merasa kehidupannya gelap seperti tak ada sinar. Namun bersyukur, orang-orang di sekitarnya berhasil menghibur dirinya. Dan melalui pengobatan tradisional akhirnya penyakit tersebut dapat disembuhkan. Pelajaran berharga dari kisah ini, semua yang terjadi dalam kehidupan sudah ada yang mengatur. Serahkan semuanya kepada Tuhan. Dengan ketenangan dan kepasrahan, kita akan memiliki terang dalam kehidupan. Dan sedikit demi sedikit jalan keluar akhirnya terbuka.

Sembari menunggu pengumuman dari dewan juri, tiap peserta mendapat sebuah pertanyaan dari pembawa acara. “Apa saja persiapan kamu untuk menghadapi kontes ini?”. Ade Herawan, salah satu peserta dari JABAT menjawab, “Pertama tentunya persiapan mental. Kedua, selama 1 minggu terakhir, setiap hari saat jam istirahat di kantor saya melakukan simulasi pidato dadakan bersama rekan saya. Baik itu pertanyaan tentang pengembangan diri, pengetahuan umum atau pertanyaan-pertanyaan yang biasa disampaikan dalam sesi pidato dadakan di Toastmasters”.

Setelah pengumuman dari dewan juri, masing-masing pemenang mendapatkan sebuah piala dan sertifikat, serta pengalaman yang tak ternilai harganya. Acara yang selalu dinantikan oleh anggota Toastmasters ini berakhir pada pukul 22.00 WIB. Ditandai dengan foto bersama antara pemenang dan audiens.

Advertisements

Posted on March 13, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: