JABAT MENYELENGGARAKAN PERTEMUAN RUTIN GABUNGAN DENGAN HAKKINDAH TOASTMASTERS

IMG-20150209-WA0002

Banyak ilmu yang saya dapatkan di sini. Sehingga bisa mendukung pekerjaan saya yang sering mengharuskan presentasi”

Pendapat di atas disampaikan oleh Anna, seorang profesional muda, saat hadir untuk ketiga kalinya sebagai tamu dalam pertemuan rutin Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT). Sedangkan tamu lain bernama Yoshie berkomentar, “Acaranya ramai dan bagus. Saya belajar banyak dari pertemuan hari ini”.

Pada tanggal 7 Februari 2015, JABAT mengadakan pertemuan rutin mingguan di Menara Kuningan, Jakarta Selatan. Sedikit berbeda dengan pertemuan biasanya karena JABAT mengadakan pertemuan gabungan dengan Hakkindah Toastmasters. Klub Toastmasters yang dalam pertemuan rutinnya menggunakan 2 bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Meski berasal dari dua klub berbeda, namun suasana keakraban begitu terasa di antara anggota JABAT dan Hakkindah Toastmasters.

“Menantang Diri Sendiri” merupakan tema yang diangkat pada pertemuan tersebut. Tema ini dibahas dalam rangka menyambut musim lomba pidato diantara sesama klub Toastmasters di Indonesia. Diharapkan melalui pembahasan tersebut dapat semakin memacu semangat anggota klub Toastmasters untuk berpartisipasi dalam lomba.

Pertemuan ini terdiri dari 3 sesi. Sesi pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, dan sesi berbagi.

Pembicara pertama pada sesi pidato yang dipersiapkan adalah Endang, menyampaikan pidato dari Buku Panduan Dasar (Proyek 5-Bahasa Tubuh) dengan judul pidato “Indahnya Perbedaan”. Pidato tersebut bercerita tentang indahnya perbedaan yang dimiliki negara kita tercinta Indonesia melalui keragaman budaya, agama, bahasa, ataupun adat-istiadatnya. Bapak paruh baya itu mengajak audiens untuk bersama membangun bangsa apapun latar belakang profesi kita. Kemudian dilanjutkan Safrudiningsih yang membawakan pidato “Ukuran Sukses” dari Buku Panduan Dasar (Proyek 10-Mengilhami Pendengar). Menurut wanita dengan selera humor tinggi ini, sukses adalah saling memberi, ada kebermanfaatan bagi orang lain. Terdapat 3 ukuran sukses, yaitu lahiriah dan batiniah, kearifan melihat sesuatu dengan hati serta sikap memberi. Penampilan terakhir oleh Trio Alamsyah. Dia menyampaikan proyek Buku Panduan Lanjutan (Proyek 3-Memenangi Penawaran) dengan judul “Transportasi Umum merupakan Solusi”. Trio mengatakan bahwa transportasi umum merupakan solusi untuk mengatasi kemacetan di kota metropolitan seperti Jakarta. Terdapat beberapa manfaat transportasi umum, diantaranya ekonomis, sehat, dan bersosialisasi dengan orang lain.

Berikutnya yaitu sesi pidato dadakan. Beberapa pertanyaan disampaikan kepada setiap peserta pada sesi ini. Salah satunya, “Bagaimana cara memotivasi diri agar selalu semangat menjalani aktivitas setiap hari?”.

Sebelum acara berakhir, disampaikan penilaian umum. Di sini setiap penilai memberikan penilaian secara lisan dan tertulis terhadap penampilan individu di sesi pidato yang dipersiapkan. Di samping itu, juga disampaikan penilaian terhadap jalannya acara dari awal sampai akhir oleh penilai umum.

Tanpa terasa, kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini harus sampai di penghujung acara, yaitu pengumuman pemenang terfavorit. Pemenang terfavorit pidato yang dipersiapkan adalah Safrudiningsih sedangkan untuk kategori pidato dadakan serta penilai individu terfavorit diraih oleh Eni dan Diana Anggraini. Pertemuan pun ditutup dengan foto bersama oleh semua anggota dan tamu yang hadir, baik dari JABAT maupun Hakkindah Toastmasters.

Advertisements

Posted on February 8, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Waaah, para jagoan pidato mulai bermunculan. Semoga sukses 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: