PERTEMUAN RUTIN JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS

IMG-20150126-WA0011

Pada tanggal 24 Januari 2015 diadakan pertemuan rutin mingguan Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT) pukul 10.00-12.00 WIB di Menara Kuningan, Jakarta Selatan. Tema yang diambil “Sukses melalui Wirausaha” dengan kata acuan “Kreatif”. Wirausaha merupakan salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk meraih kesuksesan. Orang-orang terkaya di dunia adalah mereka yang berprofesi sebagai wirausahawan. Dan untuk menjadi wirausahawan yang sukses, seseorang harus kreatif agar mampu bertahan dalam persaingan.

Cukup banyak tamu yang hadir pada kesempatan tersebut, jumlahnya mencapai 8 orang. Diantaranya adalah rombongan dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang berjumlah 4 orang. Dan salah seorang tamu yang bernama Anindya Putra datang langsung dari luar kota tepatnya Pontianak, Kalimantan Barat.

Pada sesi pidato yang dipersiapkan Lesmana Nahar menyampaikan proyek Buku Panduan Lanjutan (Proyek 4-Komunikasi Interpersonal) dengan judul “Ayo Semangat”. Materi ini merupakan lanjutan dari materi tentang coaching yang disampaikan oleh Lesmana pada 14 Desember 2014. Yaitu bagaimana peran coach dalam memaksimalkan potensi dari seseorang yang dicoach-nya. Menurutnya, ada 5 cara coaching yang efektif. Tatap mata orang yang dicoaching, pendekatan personal, bertanya, menjelaskan fungsi orang tersebut serta buat komitmen.

Memasuki pukul 10.50 WIB tibalah sesi pidato dadakan. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sesuai dengan tema yang diangkat yaitu wirausaha. Antusiasme audiens terlihat dari banyaknya anggota dan tamu yang mengajukan diri sebagai pembicara. Salah satu pertanyaan yang dibahas, “Dalam dunia usaha ada istilah trilateral, yaitu hubungan antara pemerintah, akademisi, dan pelaku usaha. Seandainya Anda berperan sebagai pemerintah, kebijakan apa yang Anda ambil untuk mendukung perkembangan dunia usaha di Indonesia?”

Di sesi ketiga yang merupakan sesi berbagi, Diana Anggraini menyampaikan materi dengan judul “Memenangkan Pidato Dadakan”. Diana adalah Juara I Lomba Pidato Dadakan Tahun 2014. Menurut dia ada satu hal penting yang harus diperhatikan dalam menjawab pertanyaan pada lomba pidato dadakan. Jawaban yang disampaikan harus terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup. Dan harus ada pesan yang bisa dibawa pulang oleh audiens, jadi bukan merupakan curhat semata. Semakin kreatif jawaban yang diberikan juga dapat menjadi perhatian khusus dari juri.

Pada sesi terakhir yaitu penilaian umum, disampaikan laporan dari penilai umum terkait jalannya acara mulai dari awal sampai akhir. Juga ada laporan dari pencatat waktu, pemerhati tata bahasa serta pemerhati bunyi tanpa makna.

Setelah sesi penilaian umum, beberapa orang tamu menyampaikan kesannya terkait acara ini. Dwiana Kurniawati berpendapat, “Saya mendapat ilmu bagaimana caranya untuk menambah kepercayaan diri. Karena saya merasa masih gugup ketika berbicara. Saya berharap dengan bergabung di sini dapat meningkatkan kepercayaan diri saya ketika berbicara di depan umum”. Ada pula Futty Syalika yang berkomentar, “Saya suka dengan cara penyampaian di sini yang terstruktur dan rapi ketika berbicara di depan umum”.

Tidak ada pembicara yang terpilih sebagai pembicara terfavorit pada sesi pidato yang dipersiapkan karena waktu berpidato melebihi batas waktu yang telah diberikan. sedangkan pada sesi pidato dadakan Anindya Putra terpilih sebagai pembicara terfavorit serta terpilih pula Hariadi sebagai penilai indivisu terfavorit.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan foto bersama oleh anggota dan tamu yang hadir, yang sudah menjadi ciri khas dalam setiap acara Toastmasters.

Advertisements

Posted on January 25, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: