PERTEMUAN RUTIN JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS

 

IMG_47161

Pertemuan rutin mingguan kembali diadakan Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT), komunitas yang memberikan kesempatan bagi para anggotanya untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan dalam bahasa nasional Indonesia. Berlangsung di Restoran Rempah Iting, Jakarta Pusat pada tanggal 17 Januari 2015, pertemuan tersebut mengambil tema “Harapan yang Baru”. Sedangkan kata acuan yang digunakan adalah “Optimis”. Menjadi tantangan bagi anggota dan tamu yang hadir untuk menggunakan kata acauan tersebut sebanyak-banyaknya selama acara berlangsung.

Ada 2 orang anggota yang tampil pada sesi pidato yang dipersiapkan. Pertama, Hendra Lee yang membawakan pidato “Salam Kenal” dari Buku Panduan Dasar (Proyek 1-Mencairkan Kekakuan). Pengusaha paruh baya ini menceritakan latar belakang keluarga dan perjalanan hidupnya yang penuh dengan dinamika. Salah satunya, bagaimana dia bisa melewati kegagalan yang sempat membuatnya hampir putus asa menjalani kehidupan, hingga bisa sukses sebagai supplier ke kontraktor Jepang serta importir barang elektronik dari Cina seperti saat ini. Kedua, kembali bercerita berdasarkan pengalaman pribadi, Ade Herawan menyampaikan proyek Buku Panduan Dasar (Proyek 4-Ucapkan dengan Benar) dengan judul “Kejujuran Terkadang Menyakitkan”. Pemuda yang merupakan mantan pemain teater ini menginspirasi audiens lewat pengalamannya dibenci oleh teman-teman sekelas saat kelas II SMA karena menolak rencana mereka untuk berbuat curang saat ujian. Bagaimana dia bertahan terhadap prinsipnya untuk menjunjung tinggi kejujuran meski banyak pertentangan dari lingkungan sekitar. Hingga akhirnya teman sekelas bisa menerimanya kembali.

Panggung kehormatan menjadi sesi terakhir dari pertemuan rutin ini. Di sini ketua klub memberikan piala kepada pemenang tiap kategori. Pada sesi pidato yang dipersiapkan Ade Herawan terpilih sebagai pembicara terfavorit, pidato dadakan dimenangkan oleh Indri Lesmana sedangkan Lesmana Nahar dan Diana Anggraini berhasil menjadi yang terfavorit di kategori penilai individu.

 

Advertisements

Posted on January 18, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Waaah, sayangnua saya tidak bisa hadir dalam kontes yang keren ini 😦

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: