JABAT MENYELENGGARAKAN PERTEMUAN RUTIN GABUNGAN DENGAN EXCELLENCE TOASTMASTERS

“Bagus sekali acaranya. Orang-orangnya juga luar biasa. Ternyata kita juga bisa menjadi motivator melalui pidato yang disampaikan. Saya tertarik untuk bergabung di Toastmasters karena di sini diajarkan cara menyusun pidato yang baik”

 

Komentar di atas disampaikan oleh Agustin, wanita lajang yang berprofesi sebagai presenter berita TVOne, saat pertama kali hadir sebagai tamu dalam pertemuan rutin Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT).

Bertempat di Menara Kuningan, Jakarta Selatan pada tanggal 10 Januari 2015, JABAT kembali mengadakan pertemuan rutin mingguan setelah sempat libur selama 2 pekan dikarenakan perayaan Natal dan Tahun Baru. Acara kali ini berbeda dengan pertemuan biasanya karena JABAT mengadakan pertemuan gabungan dengan Excellence Toastmasters. Karena merupakan pertemuan gabungan, maka salah satu hal yang menarik adalah penggunaan bahasa bilingual, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Hal ini dilakukan karena dalam pertemuan rutinnya JABAT menggunakan bahasa pengantar Bahasa Indonesia sedangkan Excellence Toastmasters menggunakan Bahasa Inggris.

Pertemuan minggu ini mengangkat tema “Hari Baru, Kita Baru”. Menyambut tahun baru 2015 tentunya memberikan harapan baru bagi semua orang. Harapan agar di tahun yang baru ini bisa menjadi manusia yang lebih baik daripada tahun sebelumnya. Salah satu kata yang sering diucapkan dalam rangka menyambut tahun baru adalah sumpah atau lebih popular kita sebut resolusi.

Pertemuan gabungan yang berlangsung meriah dan penuh suasana persahabatan tersebut dibuka oleh Indrijati Pudjilestari selaku Kepala Bidang Keanggotaan JABAT pada pukul 10.00 WIB. Begitu banyaknya jumlah anggota dan tamu yang hadir, semakin menambah semarak jalannya acara.

Pertemuan tersebut terdiri dari 2 sesi. Sesi pidato dadakan dan pidato yang dipersiapkan. Tingginya antusiasme audiens pada sesi ini, membuat pengarah acara harus menambah alokasi waktu untuk menampung aspirasi mereka. Salah satu pertanyaan yang diajukan, “Apa sumpah Anda di tahun 2015 ini?”.

Berikutnya yaitu sesi pidato yang dipersiapkan. Pembicara pertama pada sesi pidato yang dipersiapkan adalah Saras Walian, menyampaikan pidato dari Buku Panduan Dasar (Proyek 1-Mencairkan Kekakuan) dengan judul pidato “Antara Dua Budaya”. Pidato tersebut bercerita tentang latar belakang keluarga Saras yang terdiri dari dua budaya yang berbeda. Ayahnya berasal dari Jepang dan ibunya berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Hikmah yang dapat diambil adalah bagaimana kita bisa beradaptasi terhadap perbedaan yang ada dan justru menjadikan perbedaan tersebut sebagai sebuah keanekaragaman. Kemudian dilanjutkan Ade Herawan yang membawakan pidato “Mental Juara” dari Buku Panduan Dasar (Proyek 3-Langsung ke Inti Masalah). Pecinta kuliner ini menceritakan pengalamannya saat berhasil menjadi juara dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional di Institut Pertanian Bogor. Dengan hanya kesiapan mental kita bisa menjadi seorang juara meskipun secara materi belum siap adalah pelajaran bermakna yang didapat audiens dari cerita tersebut. Penampilan terakhir oleh Indri Lesmana. Kembali menceritakan pengalaman pribadinya, penggemar olahraga futsal ini menyampaikan proyek Buku Panduan Dasar (Proyek 9-Kemampuan Mempengaruhi) dengan judul “Lika-liku Fitness”. Dia menjelaskan tentang teknik yang benar dalam melakukan fitness. Pentingnya menjaga kesehatan untuk menunjang aktivitas sehari-hari merupakan inspirasi yang bisa diperoleh audiens dari penampilan Indri.

Sebelum acara berakhir, disampaikan penilaian umum. Di sini setiap penilai memberikan penilaian secara lisan dan tertulis terhadap penampilan individu di sesi pidato yang dipersiapkan. Di samping itu, juga disampaikan penilaian terhadap jalannya acara dari awal sampai akhir oleh penilai umum.

Setelah acara berjalan selama kurang lebih 2 jam, tibalah saat pengumuman pemenang terfavorit. Pemenang terfavorit pidato yang dipersiapkan adalah Ade Herawan sedangkan untuk kategori pidato dadakan serta penilai individu terfavorit diraih oleh Evan dan Nana. Pertemuan pun diakhiri dengan foto bersama oleh semua anggota dan tamu yang hadir, baik dari JABAT maupun Excellence Toastmasters.

IMG-20150113-WA0007

Advertisements

Posted on January 11, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: