JABAT HADIRI TOASTMASTERS LEADERSHIP INSTITUTE II

IMG_4163

Berlangsung di Pertamina Corporate University, Jakarta Selatan pada tanggal 6 Desember 2014, Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT) hadir dalam acara Toastmasters Leadership Institute II (TLI II). TLI merupakan pelatihan kepemimpinan bagi pengurus atau calon pengurus klub Toastmasters. Acara diadakan setahun dua kali tepatnya pada bulan Juni dan Desember. Selain sebagai pelatihan kepemimpinan, TLI juga bertujuan sebagai media evaluasi terhadap kinerja setiap klub Toastmasters.

Dalam kesempatan tersebut JABAT diwakili oleh Lesmana Nahar (Ketua), Ade Herawan (Sekretaris), Harlina Indra (Kabid Pendidikan), Safrudiningsih (Kabid Humas), Diana Anggraini, Indri Lesmana, dan Jimmy Syafrizal. Selain JABAT hadir pula beberapa klub Toastmasters dari Divisi I dan J. Seperti Jakarta Toastmasters Club, Excellence Club, British Toastmasters Club, The Innovators Toastmasters, Essential Club, dan masih banyak lagi.

Acara pertama adalah sambutan dari Gubernur Divisi I dan J, Michael Nicholson serta Zilva Boaz. kemudian dilanjutkan “DCP Review”oleh Gubernur Distrik 87 Sutarno Kho. Dia menjelaskan kinerja dari Distrik 87 di level Toastmasters internasional serta kinerja masing-masing klub yang berada di distrik tersebut. Selanjutnya David Pranata menyampaikan materi “Building a Super Club”. Menurutnya ada beberapa kriteria sebuah klub Toastmasters dapat disebut sebagai klub super. Yaitu pertemuan yang rutin dan berkualitas serta mampu meningkatkan kemampuan anggotanya. Pembicara ketiga Mien Soenari, mantan Gubernur Distrik 87 berbagi pengalamannya selama aktif dalam kepengurusan Toastmasters, wanita paruh baya ini juga mendorong peserta yang hadir untuk berani mengajukan diri sebagai pengurus Toastmasters. Dan pembicara terakhir yaitu Ivy Lau dari Malaysia (Lieutenant Governor Marketing Distrik 87 Toastmaster internasional) dengan sangat enerjik wanita ini menyampaikan materi “Coaching and You”. Bagaimana seorang anggota Toastmasters bisa belajar menjadi coach bagi diri sendiri ataupun untuk orang lain.

Menjelang akhir acara, Awang Saifeluddin dari Malaysia menyampaikan presentasi tentang negara bagian Kuching, Malaysia, dimana pada tahun 2015 negara bagian tersebut menjadi tuan rumah konferensi tahunan Toastmasters internasional. Selain menjelaskan kesiapan panitia, serta hal-hal menarik apa saja yang bisa peserta dapatkan selama di sana, pria Melayu tersebut juga mengajak audiens untuk menghadiri acara tersebut. Dan acara sore itupun ditutup dengan pembagian penghargaan kepada klub berprestasi serta foto bersama. Dalam kesempatan tersebut JABAT menjadi salah satu klub Toastmasters yang berhasil mendapat penghargaan.

Advertisements

Posted on December 7, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: