PERTEMUAN RUTIN JAKARTA BAHASA TOASTMASTERS

 

IMG-20141202-WA0019

Sabtu, 22 November 2014, bertempat di Menara Kuningan, Jakarta Selatan, Jakarta Bahasa Toastmasters (JABAT) mengadakan pertemuan rutin mingguan. Pertemuan minggu ini mengangkat tema “Kenaikan BBM”. Menyikapi kebijakan Presiden Joko Widodo menaikkan harga BBM dalam negeri pada tanggal 17 November 2014, kebijakan tersebut menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Hal ini tidak lepas dari dampak kenaikan harga BBM yaitu naiknya harga barang dan jasa secara umum.

Dibuka oleh ketua klub Lesmana Nahar pada pukul 10.00 WIB, pertemuan JABAT berlangsung dengan lancar dan penuh rasa kekeluargaan. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik klub ini sehingga menimbulkan “efek ketagihan” bagi anggota yang tidak bisa hadir dalam pertemuan tersebut. Selain anggota klub, pertemuan hari itu juga dihadiri oleh tamu. Tamu adalah sebutan untuk calon anggota.

Dalam setiap pertemuan JABAT terdiri dari 3 sesi. Sesi pidato yang dipersiapkan, pidato dadakan, dan penilaian umum. Di akhir acara akan diumumkan pemenang terfavorit dari setiap sesi tersebut.

Pembicara pertama pada sesi pidato yang dipersiapkan adalah Indri Lesmana, menyampaikan pidato dari Buku Panduan Dasar (Proyek 8-Alat Bantu Visual) dengan judul pidato “Anugerah Terindah”. Pidato tersebut bercerita tentang pengalaman Indri mengalami patah tulang ketika sedang bermain futsal bersama teman-temannya. Hikmah yang dapat diambil adalah bagaimana kita bisa bersyukur atas salah satu anugerah terindah yang Tuhan berikan yaitu berupa nikmat kesehatan. Kemudian dilanjutkan Diana Anggraini yang membawakan pidato “Menghargai Diri Sendiri” dari Buku Panduan Lanjutan (Proyek 3-Buat Mereka Tertawa). Pengusaha muda ini menceritakan pengalaman tidak menyenangkan yang sering dia alami selama ini, berupa sindirian dari orang-orang sekitar terkait tubuhnya yang mungil. Mau menghargai diri sendiri yaitu menerima kekurangan dan kelebihan diri kita adalah pelajaran bermakna yang didapat audiens dari cerita tersebut.

Sesi berikutnya yaitu pidato dadakan. Sesi ini bertujuan melatih kemampuan peserta dalam memberi respon secara cepat, tepat, dalam kalimat yang terstruktur dan tata bahasa yang baik serta benar untuk beberapa situasi, misalnya saat atasan di kantor meminta pendapat, menyampaikan pendapat kita di forum atau saat wawancara kerja. Karena tema pertemuan adalah “Kenaikan BBM” maka pertanyaan yang diajukan pun tak lepas dari tema tersebut. Salah satu pertanyaan menarik yang diajukan kepada peserta ialah “Apakah Anda setuju dengan kebijakan Presiden Joko Widodo menaikkan harga BBM? Apa alasannya?”.

Sedangkan sesi terakhir adalah penilaian umum. Di sini setiap penilai memberikan penilaian secara lisan dan tertulis terhadap penampilan individu di sesi pidato yang dipersiapkan. Di samping itu, juga disampaikan penilaian terhadap jalannya acara dari awal sampai akhir oleh penilai umum.

Setelah acara berjalan selama kurang lebih 2 jam, tibalah saat pengumuman pemenang terfavorit. Pemenang terfavorit pidato yang dipersiapkan adalah Indri Lesmana sedangkan untuk kategori pidato dadakan dan penilai individu diraih oleh Diella Dachlan. Pertemuan pun diakhiri dengan foto bersama oleh semua anggota dan tamu yang hadir.

Advertisements

Posted on November 23, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: