10 Tips Mengatasi Gugup

Merasa gugup sebelum memberikan pidato atau berbicara di depan umum adalah hal yang wajar serta alami dan bahkan menguntungkan jika kadarnya tepat, tetapi kegugupan bisa merugikan jika berlebihan.

Berikut adalah beberapa tips yang terbukti bermanfaat untuk mengendalikan kegugupan sehingga kita dapat memberikan presentasi yang lebih baik.

1. Kuasai materi pidato Anda

Pilih topik yang Anda sukai. Kumpulkan bahan dan informasi lebih banyak tentang topik tersebut daripada yang Anda ingin sampaikan dalam pidato. Gunakan humor, kisah-kisah pribadi, dan bahasa percakapan—dengan cara itu Anda tidak akan mudah lupa dengan apa yang harus Anda sampaikan.

2. Latihan! Latihan! Latihan!

Berlatih keras dengan semua peralatan yang akan digunakan dalam pidato Anda. Berlatihlah untuk menepati waktu yang ditentukan dan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga.

3. Kenali hadirin pertemuan

Menyapa beberapa hadirin saat mereka tiba. Berbincang ringan dengan beberapa orang hadirin sebelum acara dimulai akan lebih membuat Anda merasa lebih tenang.

4. Ketahui ruangan tempat Anda akan berpidato

Datanglah lebih awal untuk menyesuaikan diri dengan kondisi dan lingkungan tempat Anda akan berpidato dan berlatih menggunakan mikrofon dan alat bantu visual.

5. Rileks

Mulailah dengan menatap hadirin lalu tarik napas panjang. Hal ini akan memberi waktu untuk menenangkan saraf Anda. Ambil jeda, tersenyumlah, dan hitung sampai hitungan ketiga sebelum berkata apa-apa. Ubahlah energi gugup menjadi antusiasme.

6. Visualisasikan diri Anda saat memberikan pidato

Bayangkan diri Anda berbicara, suara Anda keras, jelas, dan percaya diri. Visualisasikan hadirin bertepuk tangan—itu akan meningkatkan kepercayaan diri.

7. Sadarilah bahwa hadirin ingin Anda berhasil

Hadirin ingin Anda tampil menarik,menginspirasi, informatif dan menghibur.Yakinlah tidak ada satupun hadirin yang menginginkan Anda gagal.

8. Jangan mohon maaf atas kegugupan atau masalah

Penonton mungkin tidak melihat dan tidak pernah tahu mengenai hal itu.

9. Berkonsentrasilah pada pidato Anda

Geser perhatian Anda dari kecemasan Anda sendiri dengan berkonsentrasi pada pesan dan hadirin Anda.

10.Pengalaman/Jam Terbang

Tambahlah terus pengalaman atau jam terbang Anda dalam berbicara di depan umum karena pengalaman atau jam terbang akan membangun rasa percaya diri, yang merupakan kunci untuk berbicara yang efektif.Sebuah klub Toastmasters dapat memberikan pengalaman dan menambah jam terbang yang Anda butuhkan dalam lingkungan yang aman dan ramah.

Advertisements

Posted on August 4, 2014, in Artikel. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: